Sukses

6 Danau Terindah di Dunia, Potretnya Bikin Kagum

Keindahan danau di beberapa negera ini membuat seseorang berdecak kagum.

Liputan6.com, Jakarta Alam selalu menjadi tujuan seseorang untuk menghilangkan penat dan ingin menghindari kebisingan kota metropolitan. Alam selalu menyajikan keindahan yang selalu menarik perhatian. Tak jarang keindahan alam di beberapa negara ini terlihat bak negeri khayalan.

Selain itu, keindahan alam tak jarang membangkitkan mood seseorang. Setiap sudut alam menyajikan keindahan yang membuat seseorang berdecak kagum. Salah satunya adalah danau. Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Potret keindahan danau di beberapa negara ini terlihat seperti negeri dongeng. Rupanya, di tengah padatnya ibu kota masih bisa ditemukan keindahan alam untuk dijadikan pilihan wisata. Salah satu negara yang menyajikan keindahan danau dan membuktikan keindahan dunia adalah danau Moraine di Kanada.

Selain danau Moraine di Kanada, terdapat beberapa negara lainnya yang rupanya menyajikan keindahan alam yang sulit di dapatkan di kota metropolitan. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 danau terindah di dunia yang potretnya bikin kagum, Rabu (24/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Danau Moraine, Kanada

Danau pertama yang menyajikan keindahan bak negeri khayalan adalah danau Moraine di Kanada. Moraine adalah danau glasial di Taman Nasional Banff di Kanada. Gletser memberi makan danau, sehingga kedalaman maksimumnya terjadi pada bulan Juni. Pembiasan cahaya di lantai berbatu danau memberikan warna biru yang indah ke air.

Danau Moraine adalah salah satu tempat terkenal di Kanada. Kanada sendiri merupakan negara terbesar kedua di dunia di dunia dalam luas wilayah setelah Rusia. Budaya Kanada secara garis besar dipengaruhi budaya dan tradisi Inggris, juga Prancis sebagai akibat masa kolonialnya dahulu. 

3 dari 7 halaman

2. Danau Kawah, Oregon, AS

Danau Kawah terletak di kawah gunung berapi yang sudah punah yakni Gunung Mazama, yang terakhir aktif 7.000 tahun yang lalu. Salah satu tempat yang menarik di danau ini adalah Pulau Penyihir. Pulau Penyihir dijuluki Kapal Phantom karena penampilannya. Dalam gelap, pulau tersebut tampak seperti kapal di laut.

Selain itu, di Danau Kawah ada balok kayu besar yang disebut lelaki tua danau.  Balok kayu besar telah melayang secara vertikal di danau selama lebih dari 100 tahun.

4 dari 7 halaman

3. Danau Baikal, Rusia

Danau Baikal merupakan danau terdalam dan sumber air tawar terbesar. Hal tersebut membuat Danau Baikal tak jarang disebut sebagai laut. Danau Baikal menyajikan air yang jernih dan sifat daerah unik dalam kombinasi berbagai jenis tanaman.

Keindahan yang disajikan membuat danau tersebut merupakan salah satu situs warisan dunia yang diakun UNESCO. Rusia memang merupakan salah satu negara yang memiliki keindahan luar biasa. Rusia adalah negara multikultural yang dipengaruhi oleh berbagai macam budaya. Budaya dominan di sana adalah budaya Gereja Ortodoks Yunani yang telah merasuk ke sendi-sendi kehidupan rakyat Rusia. 

5 dari 7 halaman

4. Danau Titicaca, perbatasan Peru dan Bolivia

Danau selanjutnya dengan keindahan yang membuat seseorang berdecak kagum adalah Danau Titicaca, yang terletak di perbatasan Peru dan Bolivia. Danau Titicaca disebut tanah buaian peradaban Inca dan orang-orang Andes lainnya.

Danau gunung yang besar ini terletak di perbatasan Peru dan Bolivia dan telah menarik perhatian karena banyak legenda yang mengelilingi danau. Salah satu yang paling terkenal yakni tentang emas suku Inca yang disembunyikan dari penjajah Spanyol.

6 dari 7 halaman

5. Danau Melissani, Yunani

Danau Melissani adalah nama gua dan danau yang terletak di pantai timur pulau Yunani Kefalonia. Lengkungan gua itu jatuh beberapa ribu tahun yang lalu, yang menciptakan sumur aneh dengan bentuk tidak rata di tengahnya. Kerajaan bawah tanah diterangi dengan sinar matahari yang masuk melalui lubang dan membuat air menjadi warna biru muda.

Yunani memiliki ragam budaya yang kerap membuat seseorang berdecak kagum. Budaya Yunani telah berkembang selama ribuan tahun, dimulai dari masa Yunani Mycenaea, berlanjut ke masa Yunani Klasik, melalui pengaruh Kekaisaran Romawi dan Kekaisaran Bizantium. 

Kesultanan Utsmaniyah banyak memengaruhi budaya Yunani modern, tetapi sejarawan menunjuk bahwa Perang Kemerdekaan Yunani-lah yang merevitalisasi Yunani. Kekacauan di sepanjang sejarah, hanya sedikit seni Yunani Kuno yang selamat hingga kini.

 

7 dari 7 halaman

6. Kolam Lima Warna, China

Kolam Lima Warna terlihat memesona dengan warna yang cerah di Taman Nasional Cina yang disebut Jiuzhaigou atau Lembah Sembilan Desa Berbenteng. Kolam Lima Warna ini mendapat nama tersebut karena dapat mengubah warnanya dari kuning menjadi berlian biru. Selain itu, kolam tersebut tidak pernah membeku.  China merupakan salah satu negara yang memiliki budaya unik dan menarik perhatian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini