Sukses

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Mudah Dipraktikkan

Cara membuat kerajinan tangan dari kain flannel bisa diterapkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel tidak begitu sulit dipraktikkan. Flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis.

Kain flanel cukup mudah ditemui di pasaran dengan harga yang juga relative terjangkau. Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihan dari kain flannel ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain.

Cara membuat kerajinan tangan dari kain flannel bisa diterapkan di rumah. Kamu bisa membuat kerajinan tangan dari kain flanel ini untuk penggunaan sehari-hari, dijadikan hadiah untuk teman, atau bisa juga untuk dijual.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/6/2020) tentang cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Flanel (Gantungan Kunci)

Kain flanel merupakan bahan yang tepat untuk membuat gantungan kunci yang cantik dan menarik. Kamu bisa membuat pola dan desain sendiri untuk mendapatkan gantungan kunci sesuai keinginanmu. Berikut cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel berupa gantungan kunci:

Alat dan bahan:

- Kain flanel sesuai dengan warna yang kamu inginkan

- Pensil/Bolpoin/Spidol

- Gunting atau cutter

- Lem tembak

- Gantungan kunci polos

- Dacron

- Manik-manik (bila perlu)

Cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel berupa gantungan kunci:

1. Gambar pola gantungan yang kamu inginkan dengan pensil atau spidol. Jangan gambar terlalu tebal, kamu bisa membuat pola tersebut tipis sja dengan bayangan sketsa selebar 1-2 cm sebagai tempat untuk menjahit.

2. Gunting pola tersebut. Sesudah sketsanya jadi, gunting kain flanel tersebut dan lakukan hal yang sama ke sisi kain flanel lainnya. Kini, kamu memeliki dua bentuk flanel yang sama dengan pola flanel awalmu yang tadi.

3. Gabungkan dua lembar flanel dan jahit. Mulailah menjahit dari sisi bawah dan samping, biarkan sisi atasnya terbuka, karena bagian atas nanti untuk memasukkan dacron agar gantungan kunci nampak berisi.

4. Isi dengan dacron dan jahit. Pastikan kamu memasukkan dacron dalam jumlah yang sesuai, tidak terlalu penuh dan tidak terlalu kosong. Karena nantinya akan berpengaruh dengan hasil akhir gantungan kunci buatanmu. Jika dirasa sudah cukup, jahit bagian yang masih terbuka agar dacron tidak keluar.

5. Berikan hiasan untuk mempercantik. Kamu bisa memberikan hiasan seperti manik-manik untuk mempercantik gantungan kuncimu. Kamu bisa menempel pernak-pernik tersebut dengan lem tembak atau menjahitnya.

6. Pasang gantungan kunci. Kamu bisa menggunakan lem tembak untuk memasang gantungan kunci ini atau menjahitnya. Pastikan menempel secara kuat ya.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Flanel (Tempat Pensil/HP/Kacamata)

Bagi kamu yang belum terlalu pandai menjahit, membuat tempat pensil/HP/Kacamata dari flanel ini bisa menjadi pilihan. Berikut cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel berupa tempat pensil/hp/kacamata:

Alat dan bahan:

- Kain flanel

- Jarum dan benang

- Kancing

- Mesin jahit (apabila diperlukan)

- Gunting

- Pita

Cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel berupa tempat pensil/HP/Kacamata:

- Potong kain flanel yang ada dengan panjang yang sama seperti ukuran pensil dan pulpen. Perkirakan lebarnya apakah sudah sesuai dengan keinginanmu. Hal ini penting untuk jumlah pensil yang dapat disimpan nantinya.

- Gunakan jarum dan benang (atau mesin jahit) untuk menjahit masing-masing sisi tempat pensil. Pastikan juga seluruh jahitan lurus dengan sempurna dan kuat.

- Selanjutnya, jahit kancing dengan jarum dan benang. Kancing ini nantinya akan menjadi kunci atau penutup tempat pensil. Jadi, jahitlah sesuai dengan lubangnya nanti.

- Potong bagian tutup tempat pensil ini berbentuk sedikit garis atau lubang. Lubang ini nantinya akan dikaitkan dengan kancing yang sudah terpasang untuk tutup tempat pensil. Hal ini tentunya agar isinya tidak jatuh keluar.

- Jika kamu ingin menambahkan hiasan, bisa juga dijahitkan langsung. Berikanlah aksesories, payet, atau hiasan lain untuk membuat cantik tampilan tempat pensil sederhana kamu.

Cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel berupa tempat pensil/hp/kacamata ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kamu tinggal mengukur berapa panjang dan lebar hp, kacamata, atau alt tulis yang akan kamu masukkan nantinya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kain Flanel (Tempat Pensil Gulung)

Berikut cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel berupa tempat pensil yang bisa digulung:

Alat dan Bahan:

- Kain flanel yang teksturnya agak tebal

- Pembolong kertas

- Pita

- Mesin jahit

- Gunting

- Benang

- Jarum

- Pin

- Pensil

Cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel berupa tempat pensil gulung:

- Potong kain flanel jadi dua bentuk persegi panjang yang sama ukurannya. Sebaiknya ukurannya agak lebar karena nantinya dibuat agar bisa digulung.

- Tandai satu bagian kain flanel dengan pembolong kertas sekitaran ½ inch dari segi tepi kain. Lantas, berikanlah tanda dengan bolongan di bagian atas dan bawah garis, pada masing-masing jarak ¾ inch. Pastikan bolongan ini bisa berakhir di titik yang juga berjarak ½ inch dari tepi kain.

- Ambillah kain flanel yang tidak dilubangi, tumpuk dengan kain flanel yang sudah dilubangi.

- Selanjutnya, jahit kedua tepi kain flanel agar kedua sisi tersebut menempel.

- Jahit garis lurus di samping masing-masing lubang yang tadi sudah di buat. Garis ini akan jadi sekat yang memisahkan satu pensil dengan pensil yang lain.

- Dengan menggunakan jarum dan benang, jahitlah pita di bagian luar kain flanel. Pita ini digunakan untuk mengikat tempat pensil.

- Pensil sudah bisa dimasukkan ke dalam lubang-lubang yang ada pada satu garis lurus pada tempat pensil gulung yang kamu buat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini