Beda Manfaat Mandi Air Hangat dan Air Dingin, Menyehatkan

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 23 Jun 2020, 16:10 WIB
Diperbarui 23 Jun 2020, 16:10 WIB
ilustrasi mandi
Perbesar
ilustrasi mandi (sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Mandi tidak cuma baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Rutinitas harian ini juga punya manfaat baik bagi kesehatan. Suhu air yang digunakan punya manfaat berbeda.

Mandi air hangat mungkin lebih terasa nyaman. Namun, mandi air digin juga tak kalah baik untuk tubuh. Mandi air hangat dan air dingin ternyata punya manfaat kesehatan berbeda.

Mandi air hangat dan air dingin sama-sama bisa mengurangi rasa lelah. Mengetahui beda manfaat mandi air dingin dan air hangat bisa membantu menentukan mana yang tepat untuk tubuh.

Berikut perbedaan manfaat mandi air hangat dan air dingin seperti dirangkum Liputan6.com dari Medical News Today, Selasa(23/6/2020).

2 dari 8 halaman

Manfaat mandi air hangat

Ilustrasi mandi
Perbesar
Ilustrasi mandi. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Tingkatkan kesehatan jantung

Mandi air hangat bisa membantu melebarkan pembuluh darah secara alami. Ini dapat meningkatkan aliran darah yang mendukung kesehatan jantung. Mandi atau berendam dengan air hangat juga membantu mengurangi kekakuan arteri. Kekakuan arteri dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Tingkatkan kesehatan otak

Mandi air hangat juga dapat meningkatkan fungsi neurotropik otak. Saat mandi air hangat, tingkat BDNF bisa meningkat. BDNF adalah protein yang memiliki beberapa fungsi penting di otak dan sumsum tulang belakang. Fungsi ini seperti mendukung kelangsungan hidup sel-sel saraf, mendukung pertumbuhan, pematangan, dan pemeliharaan sel-sel saraf, meningkatkan pembelajaran dan memori.

3 dari 8 halaman

Manfaat mandi air hangat

Ilustrasi mandi
Perbesar
Ilustrasi mandi. Sumber foto: pexels.com/Bruce Mars.

Tingkatkan kualitas sendi dan otot

Karena bisa meningkatkan aliran darah, mandi air hangat akan membantu menenangkan sendi yang kaku dan otot yang lelah. Efek ini mampu meningkatkan kualitas kesehatan sendi dan otot. Berada dalam air hangat secara efektif membantu meredakan ketegangan tubuh dan dapat membantu meredakan kelelahan otot.

Bantu tidur nyenyak

Jika Anda kesulitan bersantai atau tertidur di malam hari, mandi air hangat bisa membantu. Mandi air hangat dapat meningkatkan kualitas tidur karena kombinasi bagaimana tubuh rileks saat mandi dan penurunan suhu tubuh sesudahnya.

4 dari 8 halaman

Manfaat mandi air hangat

essence-kezo
Perbesar
ilustrasi kulit sehat/freepik

Bantu atasi flu dan masalah pernapasan

Mandi air hangat juga membantu mengatasi masalah pernapasan seperti flu atau pilek. Panas dari air dan uap dapat membantu membuka saluran udara yang tersumbat, melonggarkan dahak, dan membersihkan saluran hidung.

Bantu angkat kulit mati

Mandi air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit. Terbukanya pori-pori ini memungkinkan Anda membersihkan kotoran dan minyak yang terperangkap. Mandi air hangat bisa membantu menghilangkan lengket di kulit akibat keringat dan debu. Mandi air hangat juga membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori.

5 dari 8 halaman

Manfaat mandi air dingin

7 Kesalahan Umun Saat Mandi
Perbesar
Ilustrasi mandi. Foto: forwallpaper.

Kurangi peradangan dan pembengkakan

Mandi air dingin bisa membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada tubuh. Mandi air dingin juga bisa menenangkan kulit yang gatal akibat peradangan atau kondisi kulit yang menyebabkan gatal.

Turunkan stres

Mandi air dingin juga bisa membantu menghilangkan stres. Mandi air dingin akan menurunkan kadar kortisol dalam darah dapat membantu mengurangi tingkat stres. Kortisol adalah hormon yang dikeluarkan tubuh sebagai respons terhadap stres. Para peneliti mencatat bahwa ketika orang membenamkan diri dalam bak air dingin, kadar kortisolnya turun.

6 dari 8 halaman

Manfaat mandi air dingin

mandi
Perbesar
ilustrasi mandi/copyright unsplash/ Laura Marques

Tingkatkan sirkulasi

Air dingin juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Paparan air dingin menyebabkan pembuluh darah di permukaan kulit mengerut. Ini mengalihkan aliran darah dari permukaan kulit. Saat darah menjauh dari kulit, pembuluh darah di jaringan tubuh yang lebih dalam membesar. Ini meningkatkan sirkulasi di jaringan yang lebih dalam.

Kurangi rasa sakit

Menurut review 2014, paparan air dingin memicu respon nyeri otomatis yang disebut stress-induced analgesia (SIA). SIA adalah berkurangnya respons rasa sakit selama atau setelah paparan terhadap stimulus yang menekan, seperti berendam dengan air dingin.

7 dari 8 halaman

Manfaat mandi air dingin

kepribadian
Perbesar
ilustrasi mandi/Photo by Spencer Davis on Unsplash

Bantu turunkan berat badan

Menurut Healthline, beberapa sel lemak, seperti lemak coklat, dapat menghasilkan panas dengan membakar lemak. Pembakaran ini bisa terjadi ketika tubuh dalam kondisi dingin seperti saat mandi. Sel-sel ini sebagian besar terletak di leher dan bahu.

Sehatkan kulit, kecilkan pori-pori

Kebalikan dari mandi air hangat, mandi air dingin dapat membantu menutup pori-pori. Ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki pori-pori yang lebar dan besar. Pori-pori yang terus terbuka akan menyebabkan kulit lebih mudah berjerawat.

Air dingin juga bisa membantu mengencangjan kulit. Mandi air dingin juga membantu memperkuat kutikula rambut. Rambut mungkin akan menjadi lebih kuat dan lebih sehat dari waktu ke waktu.

8 dari 8 halaman

Kelemahan mandi air hangat dan air dingin

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Kelemahan mandi air hangat

Mandi air hangat dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit. Air panas menyebabkan kerusakan pada sel-sel keratin yang terletak di lapisan terluar kulit. Dengan mengganggu sel-sel ini, itu menciptakan kulit kering dan mencegah sel-sel dari mengunci kelembaban.

Mandi air panas terkadang juga bisa membuat gatal. FPanas dapat menyebabkan sel mast yang mengandung histamin melepaskan isinya di kulit dan menyebabkan gatal. Jika memiliki kulit yang rentan iritasi seperti eksim, hindari terlalu sering mandi air hangat.

Kelemahan mandi air dingin

Mandi air dingin mungkin bukan ide yang baik jika Anda sudah kedinginan. Mandi air dingin juga bukan solusi yang baik saat sedang sakit. Suhu dingin bisa terlalu keras pada sistem kekebalan tubuh. Ini dapat melemahkan kekebalan tubuh saat sedang sakit.

 

Lanjutkan Membaca ↓