6 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Usia 1 Tahun, Jangan Menghukumnya

Oleh Laudia Tysara pada 23 Jun 2020, 10:10 WIB
Diperbarui 23 Jun 2020, 10:10 WIB
Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Permasalahan orang tua yang memiliki anak usia 1 tahun adalah susah makan. Pada usia ini pertumbuhan anak cenderung lebih lambat. Efeknya membuat anak menjadi memiliki selera makan yang buruk. Pada kondisi ini orang tua harus mengerti cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun.

Ketika anak susah makan di usia 1 tahun, orang tua wajib khawatir. Jika masalah susah makan terus dibiarkan akan membuat anak kekurangan gizi dan nutrisi. Pertumbuhan yang memang melambat akan semakin terhambat karena nutrisi anak tidak terpenuhi. Cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun bisa dijadikan solusinya.

Cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun ini tidak semena-mena. Orang tua juga harus mengenali terlebih dahulu permasalahan yang menyebabkan anak tidak nafsu makan. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang tua adalah menghukum/memarahi anak ketika mereka tidak mau makan. Perlu diketahu bahwa kesalahan ini justru akan membuat anak lebih sulit memiliki nafsu makan yang baik.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun dari berbagai sumber, Selasa (23/6/2020).

2 dari 7 halaman

Variasikan Menu Makanan

makanan unik
Perbesar
Ilustrasi variasi menu makanan | Instagram/darynakossar

Mencoba melakukan variasi pada menu makanan anak bisa dijadikan cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun. Hal ini untuk mengantisipasi anak yang cenderung cepat bosan. Lebih kreatif dan pandai mengombinasikan makanan yang padat gizi dengan menu yang disukainya. Termasuk menambahkan sayur, makanan asin, dan gurih di dalamnya.

Bisa juga untuk melakukan rekayasa pada tampilan makanan. Seperti membuatnya lebih warna-warni. Membuatnya dengan bentuk yang berbeda, entah itu bentuk hewan maupun bentuk bunga. Hal ini akan membuat anak lebih tertarik dan tidak mengenali makanan yang sebenarnya tidak dia sukai.

3 dari 7 halaman

Tidak Memaksanya

alergi
Perbesar
Ilustrasi anak makan | Rawpixel

Memaksa anak 1 tahun untuk makan bukan pilihan yang tepat. Hindari cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun dengan memaksa/memarahinya. Cara ini tidak efektif dan hanya akan memperburuk nafsu makan anak. Anak juga akan mengganggap momen makan menjadi momen yang tidak disukainya.

Ketika anak menolak makanan, tetaplah bersikap tenang dan tidak memaksa. Cobalah untuk menanyakan kemauannya agar anak mau sedikit demi sedikit makan makanan bergizi. Hal ini lebih efektif untuk memerbaiki nafsu makan anak 1 tahun.

4 dari 7 halaman

Berikan Contoh dan Atur Pola Makan

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Berikan Contoh

Memberikan contoh makan termasuk cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun. Pada usia ini anak memang lebih suka banyak meniru orang tua. Anak juga akan lebih antusias jika momen makan bersama terasa lebih menyenangkan baginya. Anak menjadi ketagihan untuk mengulang momen yang sama. Salah satunya momen makan ini. Alih-alih memberinya hukuman dan pujian, lebih baik menemaninya makan.

Pola Makan Teratur

Membiasakan anak 1 tahun memiliki pola makan yang teratur akan membantunya meningkatkan nafsu makan. Jika cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun berhasil diterapkan, menu sama tidak lagi menjadi masalah. Meski ada waktu tertentu anak pasti akan menolak untuk makan. Namun, jika sudah terbiasa pasti anak akan lebih paham bahwa makanan pasti sudah disediakan di meja. Kebiasaan ini juga akan tertanam sampai anak lebih berajak dewasa dan memahami waktu makan yang tepat.

5 dari 7 halaman

Alat Makan Khusus

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Orang tua bisa menggunakan alat makan khusus untuk merayu anak 1 tahun yang susah makan. Cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun ini memiliki keuntungan tersendiri. Orang tua menjadi tidak perlu mematok menu makanan yang disukai si kecil. Sebab, si kecil pasti tetap suka untuk makan karena mereka lebih memerhatikan alat makan yang digunakan.

Membangun suasana yang menyenangkan untuk anak akan membuatnya lebih memiliki nafsu makan. Memintanya untuk memilih alat makan sendiri ketika berada di toko akan sangat memengaruhinya. Misalnya saja seperti memilih sendok, garpu, piring, mangkuk, dan gelas yang mereka sukai. Biasanya anak akan memilih alat makan bergambar karakter favoritnya. Terkadang anak juga akan memilih sesuai dengan warna yang disukainya.

 

6 dari 7 halaman

Perhatikan Porsi dan Sabar

Inilah Penyebab Anak Kehilangan Nafsu Makan
Perbesar
Ilustrasi anak makan | KlikDokter

Perhatikan porsi yang akan diberikan pada anak. Hal ini berlaku untuk anak segala usia. Makanan yang terlalu banyak diberikan justru membuat anak rentan menolaknya. Nah, porsi yang tepat untuk anak usia 1 tahun sebenarnya hanya perlu menghabiskan satu sendok makan saja. Jangan pula mengajarkan anak untuk kalap makan ketika sudah berajak dewasa karena akan buruk bagi tumbuh kembangnya.

Selain harus memerhatikan porsi makan, orang tua juga harus lebih sabar. Cara mengatasi anak susah makan usia 1 tahun ini diterapkan saat fase MPASI. Banyak yang mengatakan bahwa fase ini lebih sulit dari menyusui. Sebab, nutrisi utama anak hanya pada konsumsi makanan dan tidak bisa lagi dibantu dengan ASI. Orang tua harus lebih sabar memilih menu makanan dan mengolahnya menjadi menu yang disukainya.

 

7 dari 7 halaman

Penyebab dan Reaksi Anak 1 Tahun Susah Makan

Pastikan Anak Sudah Cukup Makan
Perbesar
Ilustrasi Anak | pexels.com

Penyebab Susah Makan

1. Tidak terbiasa makan makanan sama dengan seluruh keluarga

2. Sensitif dengan tekstur makanan tertentu

3. Anak masih sulit mengunyah karena masih belajar

4. Ada kondisi kesehatan tertentu yang mengganggu nafsu makan anak

5. Fase picky-eating yang normal

Reaksi Susah Makan

1. Menolak berdasarkan warna atau tekstur yang tidak disukai anak

2. Ingin makanan baru yang berbeda dengan menu sebelumnya

3. Terkadang justru tidak mau dengan menu makanan baru

4. Merasa bosan dengan makanan yang disukainya

5. Makan dengan alat makan yang diinginkan saja

Lanjutkan Membaca ↓