Viral Driver Ojok Online Mengajar Ngaji Online di Restoran, Kisahnya Banjir Pujian

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 22 Jun 2020, 16:55 WIB
Diperbarui 22 Jun 2020, 16:55 WIB
Mengajar Ngaji Online di Restoran, Kisah Driver Ojol Ini Jadi Viral
Perbesar
Mengajar Ngaji Online di Restoran, Kisah Driver Ojol Ini Jadi Viral (Sumber: mStar)

Liputan6.com, Jakarta Menyebar kebaikan memang sudah seharusnya menjadi kewajiban semua manusia. Kebaikan dapat dilakukan dengan berbagai cara dan dari mana saja. Tidak hanya dapat dilakukan dengan membagi materi atau bantuan lainnya, namun juga dapat dilakukan dengan berbagi pengetahuan. Seperti kisah driver ojek online ini.  

Di masa pandemi seperti sekarang ini, ia memanfaatkan teknologi untuk kegiatan belajar mengajar secara online. Kisah driver ojek online yang ternyata seorang ustaz dari Malaysia ini banjir pujian. Ia mengajar murid-muridnya mengaji secara online melalui video call.

Bahkan ia tetap berusaha mengajar murid-muridnya di sela-sela kegiatannya sebagai driver ojek online. Pria bernama Muhammad Yusuf Mohamad Yahya itu diketahui tengah mengajar mengaji muridnya secara online. Saat itu begitu sampai di restoran, Yusuf mengambil telepon genggam dan tripod dari dalam tasnya.

Setelah semua peralatannya siap, ia melakukan penggilan video (video call). Seorang pengunjung yang memerhatikan gerak-geriknya mengira driver ojek online itu sedang melakukan video call dengan keluarganya. Namun, ketika pengunjung itu lewat di belakangnya, pria tersebut ternyata sedang mengaji Alquran bersama dengan beberapa orang.

2 dari 3 halaman

Mengajar Ngaji di Sela-sela Kesibukannya Sebagai Driver Ojol

Mengajar Ngaji Online di Restoran, Kisah Driver Ojol Ini Jadi Viral
Perbesar
Mengajar Ngaji Online di Restoran, Kisah Driver Ojol Ini Jadi Viral (Sumber: mStar)

Siapa sangka bahwa driver ojek online itu ternyata adalah seorang ustaz yang sedang mengajar mengaji secara online kepada murid-muridnya. Diduga pengunjung restoran itulah yang memotret momen ketika Yusuf sedang mengajar mengaji secara diam-diam dan membagikannya di media sosial. Muhammad Yusuf Mohamad Yahya juga mengaku tidak menyadari bahwa aksinya sedang mengajar mengaji secara online dipotret oleh salah satu pengunjung restoran.

"waktu itu saya baru selesai bekerja dan giliran saya mengajar di semacam kelas namun waktunya mepet, jadi saya tidak sempat untuk pulang. Lagipula tidak bagus untuk terlambat karena buang waktu orang kan." Kata Yusuf seperti dikutip oleh Liputan6.com dari mStar, Senin (22/6/2020).

"Saya pun pasang tripod dan terus mengajar di situ. Saat itu saya sedang kelas online dengan tujuh anak didik saya. Jadi saya tidak sadar ada orang yang mengambil gambar saya," lanjut Yusuf.

Ia menduga bahwa yang mengambil foto dirinya tengah mengajar adalah sepasang suami istri yang ketika itu duduk di dekatnya. Pria berusia 25 tahun tersebut mengaku bahwa dirinya mempunyai sebuah pusat mengaji dan bekerja sambilan sebagai driver ojol sejak delapan bulan yang lalu.

Yusuf mengetahui fotonya menjadi viral karena diberitahu oleh salah seorang muridnya melalui aplikasi pesan. Ia pun mengaku sedikit terkejut mengetahui hal itu. Namun ia tidak mempermasalahkannya, karena itu bukan hal yang buruk.

3 dari 3 halaman

Mendapat Respons Positif dari Warganet

Mengajar Ngaji Online di Restoran, Kisah Driver Ojol Ini Jadi Viral
Perbesar
Mengajar Ngaji Online di Restoran, Kisah Driver Ojol Ini Jadi Viral (Sumber: mStar)

Kini fotonya yang viral tersebut telah banyak mendapat komentar positif dari warganet. Bahkan dari beberapa komentar warganet terungkap kebaikan lain yang dilakukan oleh Yusuf. Salah satu warganet mengatakan bahwa ia pernah melihat Yusuf membaca Alquran di salah satu Masjid.

"Ada orang berkomentar bahwa ia pernah melihat saya membaca Alquran di Masjid. Itu memang benar. Jika saya sedang tidak ada order, setelah ashar atau isya saya memang berada di masjid setelah pintu keluar Plaza Tol Bukit Mahkota," tutur Yusuf.

Selain itu ada pula beberapa warganet yang berkomentar pernah melihat Yusuf sedang memberi makan kucing liar di sekitar Bangi.

"Saya rasa, orang melihat saya memberi makan kucing di de depan sekolah. Kebetulan sesekali saya bawa makanan kucing. Bila saya melihat kucing saya merasa kasian. Saya berhenti dan memberinya makan," kata Yusuf.

Mengenai kisahnya yang menjadi viral tersebut, Muhammad Yusuf menganggap bahwa itu adalah rezeki dari Allah.

Lanjutkan Membaca ↓