6 Tahapan Skincare yang Benar untuk Pemula, Kulit Lebih Sehat dan Cerah

Oleh Husnul Abdi pada 22 Jun 2020, 13:55 WIB
Diperbarui 22 Jun 2020, 13:55 WIB
Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Liputan6.com, Jakarta Tahapan skincare yang benar untuk pemula perlu diperhatikan. Hal ini tentunya supaya kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat dan cerah. Namun, sebelum itu kamu juga perlu mengenali kulit wajahmu agar bisa memilih produk yang tepat.

Hal ini dilakukan agar kulit wajahmu tidak mudah iritasi maupun berjerawat. Sayangnya, banyak orang menyepelekan tahapan penggunaan skincare sehari-hari, padahal hal ini sangat penting dalam perawatan kulit wajahmu.

Tahapan skincare yang benar harus diterapkan secara rutin. Kamu perlu mengenali tipe kulit wajah hingga produk yang tepat juga agar kulit wajah tetap sehat dan cerah. Jangan sampai penggunaan skincare pada wajahmu malah membuat kulit makin rusak atau tidak mengalami perubahan yang baik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/6/2020) tentang tahapan skincare yang benar untuk pemula.

2 dari 7 halaman

Pembersih Wajah

Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Tahapan skincare yang benar untuk pemula diawali dengan penggunaan pembersih wajah. Setelah mengetahui produk pembersih wajah yang cocok dengan kondisi kulitmu, kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat dan cerah.

Bagi kamu yang sering menggunakan makeup bisa menggunakan micellar water, cleansing oil, atau cleansing bal terlebih dahulu sebelum menggunakan sabun pencuci wajah ini. Selanjutnya, untuk membersihkan wajah bisa menggunakan facial foam, creamy cleanser, atau facial wash yang memiliki kandungan scrub.

3 dari 7 halaman

Scrub Wajah (2 kali Seminggu)

ilustrasi scrub/unsplash
Perbesar
ilustrasi scrub/unsplash

Tahapan skincare yang benar untuk pemula selanjutnya adalah menggunakan scrub wajah. Hal ini mendukung kulit menjadi lebih sehat dan cerah, karena bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di kulit.

Selain itu, scrub bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan membantu mempercepat regenerasi kulit wajah. Penumpukan kulit mati di kulit wajah, bisa membuat kulit menjadi kusam. Sehingga kamu perlu melakukan scrub setiap seminggu 2 kali.

4 dari 7 halaman

Toner

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Setelah membersihkan wajah, sebaiknya gunakan toner sebagai tahapan skincare yang benar untuk pemula. Toner memiliki fungsi untuk membantu menyeimbangkan pH kulit. Toner juga bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Setelah menggunakan terlalu banyak produk makeup, bisa membuat wajah menjadi dehidrasi, untuk itu gunakan toner untuk menghidrasi kulit kembali.

5 dari 7 halaman

Serum

ilustrasi serum/pexels
Perbesar
ilustrasi serum/pexels

Tahapan skincare yang benar untuk pemula berikutnya adalah menggunakan serum. Serum adalah skincare yang bisa digunakan untuk pemula, yang bisa membantu mencerahkan wajah, membuat kulit sehat dan mengatasi berbagai masalah kulit.

Serum memiliki banyak kandungan, yang bisa membantu melembapkan kulit, dan membantu menutrisi kulit. Bagi kulit yang normal bisa menggunakan serum yang mengandung hyaluronic acid, vitamin C, atau menggunakan retinol.

6 dari 7 halaman

Pelembap

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Tahapan skincare yang benar untuk pemula yang bisa membantu membuat kulit menjadi cerah, sehat dan lembap, yaitu menggunakan pelembap. Pelembap sangat penting untuk kulit, agar kulit ternutrisi, lembap dan juga terhidrasi dengan cukup.

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, bisa menggunakan pelembap yang creamy, dan yang kulit berminyak bisa menggunakan pelembap dengan formula air.

7 dari 7 halaman

Tabir Surya

Ilustrasi Tabir surya
Perbesar
Ilustrasi Tabir surya (sumber: iStockphoto)

Tahapan skincare yang benar untuk pemula, yang tidak boleh dilupakan adalah menggunakan tabir surya setelah menggunakan pelembab di pagi hari, agar tidak terkena radiasi matahari. Tabir surya adalah produk perawatan kulit yang paling penting, namun kerap disepelekan.

Penggunaan tabir surya secara rutin dan konsisten membantu mencegah timbulnya garis-garis halus dan kerutan, ketidaksempurnaan tekstur, serta perubahan tampilan pori-pori seiring waktu. Bahkan, penggunaan tabir surya juga membantu mencegah pembentukan kanker kulit tertentu. Gunakanlah pelembab harian dengan SPF minimal 30.

Lanjutkan Membaca ↓