Sukses

7 Cara Menghilangkan Embun pada Jam Tangan, Mudah dan Efektif

Cara menghilangkan embun pada jam tangan harus dilakukan sesegera mungkin.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan embun pada jam tangan bisa menggunakan bahan-bahan rumahan. Hal ini biasanya terjadi saat jam tangan terkena air, terutama saat musim hujan. Air hujan yang membasahi jam tangan secara berlebihan akan membuat air masuk ke dalam jam tangan.

Penyebab jam tangan berembun ini juga terkait dengan masalah perubahan suhu. Jika jam tangan sudah terlalu lama berada di dalam ruangan ber AC dan tiba-tiba dibawa ke tempat yang suhunya berbeda jauh, maka jam tangan akan berembun.

Bahkan, suhu pada jam tangan juga bisa bertabrakan dengan suhu panas matahari. Sehingga akan menguap dan membuat kaca jam tangan berembun. Selain itu, penyebab embun pada jam tangan yang juga sering terjadi adalah karena terendam.

Cara menghilangkan embun pada jam tangan harus dilakukan sesegera mungkin. Melakukan tindakan cepat merupakan hal yang paling penting dalam menghilangkan embun pada jam tangan ini. Segera lakukan tindakan sebelum jam tanganmu tidak bisa berfungsi lagi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/6/2020) tentang cara menghilangkan embun pada jam tangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simpan dalam Tumpukan Beras dan Bungkus dengan Handuk

Simpan dalam Tumpukan Beras

Cara menghilangkan embun pada jam tangan yang pertama adalah mengimpannya dalam tumpukan beras. Hal ini juga dikenal sebagai cara yang ampuh untuk mengembalikan HP yang terendam atau terkena air. Hal ini karena beras memang cukup efektif dalam menyerap air.

Caranya cukup dengan memasukkan jam tangan ke dalam beras mentah. Lalu, pastikan jam tangan benar-benar terendam ke dalam bahan tersebut. Kemudian, biarkan selama satu malam dan jam akan kembali normal. Kamu juga bisa melakukan cara menghilangkan embun pada jam tangan ini menggunakan pasir kucing.

Bungkus dengan Handuk

Selain itu, cara menghilangkan embun pada jam tangan berikutnya adalah membungkusnya dengan handuk. Caranya tidak jauh berbeda dengan menyimpan dalam tumpukan beras, masukkan jam tangan ke dalam handuk kering.

Bungkuslah jam tangan menggunakan handuk dengan bagian belakang jam menghadap ke bawah. Kemudian, letakkan di tempat yang udaranya terbuka atau di tempat yang sedikit terang.

3 dari 4 halaman

Gunakan Lampu Belajar dan Lilin

Gunakan Lampu Belajar

Cara menghilangkan embun pada jam tangan selanjutnya adalah dengan menggunakan lampu belajar. Letakkan jam tangan pada area terbuka dengan sirkulasi udara yang bagus tanpa terkena sinar matahari langsung.

Caranya cukup mudah, kamu bisa meletakkan jam tangan di bawah sinar lampu. Lalu, diamkan sekitar 1 menit. Kemudian, setelah kering, kamu bisa mengelap jam tangan dengan kain lembut atau tisu. Cara ini juga bisa diterapkan dengan meletakkan jam tangan dekat perapian, hingga di atas TV. Cuaca hangat dan udara yang mengalir akan menguapkan embun yang terjebak di dalam jam.

Gunakan Lilin

Cara menghilangkan embun pada jam tangan juga bisa menggunakan lilin. Kamu bisa memilih lilin yang sudah pendek agar panasnya sampai ke permukaan jam tangan. Nyalakan lilin, lalu letakkan jam tangan di dekat lilin tersebut.  

Cara ini akan bekerja lebih cepat kalau kamu menggunakan beberapa batang lilin sekaligus. Dalam waktu kurang lebih 2 menit, jam tangan akan kembali normal.

4 dari 4 halaman

Pengering Rambut, Laptop, dan Silica Gel

Pengering Rambut

Cara menghilangkan embun pada jam tangan berikutnya adalah menggunakan hairdryer atau pengering rambut. Caranya, nyalakan dan atur pengering rambut ke dalam mode suhu paling rendah. Lalu, arahkan pengering rambut menghadap jam tangan dengan jarak 15 cm.

Jangan meletakkan jam tangan terlalu dekat dengan pengering rambut karena dapat merusak jam. Lakukan proses ini sampai embun di dalam jam tangan menghilang.

Laptop

Kamu juga bisa memanfaatkan panas yang keluar dari lamptop atau komputer sebagai cara menghilangkan embun pada jam tangan. Sama seperti lilin, letakkan jam tangan di samping laptop hingga beberapa menit dan jam tangan akan kering.

Cara ini memang membutuhkan waktu lebih lama daripada cara-cara lainnya. Namun, kalau kamu sedang tiak buru-buru, cara ini bisa kamu lakukan sambil bekerja di laptaop atau komputermu.

Silica Gel

Cara menghilangkan embun pada jam tangan berikutnya bisa dilakukan dengan menggunakan silica gel. Caranya, siapkan satu atau dua kemasan silica gel, lalu letakkan dalam stoples yang ada tutupnya. Kemudian, masukkan juga jam tangan ke dalam stoples yang sudah dimasukkan silica gel tersebut. Tutup stoples rapat-rapat dan biarkan semalaman.

Kamu bisa menerapkan berbagai cara menghilangkan embun pada jam tangan tersebut agar tampilan jam tangan tetap menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.