Sukses

Jalani New Normal dengan Tenang, Lakukan 6 Kebiasaan Ini Selama Beraktivitas

Perubahan perilaku dan kebiasaan menjadi kunci keberhasilan menjalani hidup tenang dan nyama di fase New Normal.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia di berbagai daerah kembali beraktivitas setelah New Normal atau tatanan hidup baru diterapkan, jalanan, perkantoran, mall dan pusat perbelanjaan serta destinasi wisata kembali ramai dan dipadati orang-orang. Rasa khawatir, cemas dan takut tentu akan wabah tentu ada disetiap pikiran pribadi masing-masing.

Untuk mengatasinya, perubahan perilaku dan kebiasaan menjadi kunci keberhasilan menjalani hidup di fase New Normal. Tanpa itu, kita akan mengancam kesehatan diri sendiri dan orang lain. Terlebih, sudah ada protokol kesehatan yang tidak hanya dipahami tapi juga harus benar-benar diterapkan.

Agar menjalani aktivitas New Normal di tengah pandemi berjalan dengan baik dan memberikan perasaan tenang serta aman, lakukan beberapa perubahan dan kebiasaan di bawah ini

1. Starter Pack Wajib di Dalam Tas

Di era New Normal ini adalah sejumlah barang atau starter pack yang perlu kamu bawa di dalam tas kemanapun kamu pergi. Selain masker cadangan dan hand sanitizer, bawalah tisu kering dan basah, peralatan makan dan ibadah pribadi, camilan sehat, air minum, totebag hingga helm pribadi kalau memang mobilitas kamu kerap pakai ojek online.

 

Jika sebelumnya hanya bawa tas untuk menyimpan dompet, mulai sekarang #BikinJadiBiasa selalu bawa starter pack di dalam tas kesayangan kamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Lebih Sabar Mengantri

Penerapan protokol kesehatan membuat hampir semua prosedur jadi lebih ketat dan memakan waktu. Maka dibutuhkan kesabaran ekstra untuk menjalani kehidupan saat ini. Lebih sabar mengantri untuk masuk transportasi umum, masuk gedung kantor, mall, dan pusat perbelanjaan, termasuk juga mengantri ketika masuk ke toilet dan fasilitas umum lain. Tanpa kesabaran dijamin kamu akan menguras emosi dan gampang stres.

3. Lebih Selektif Bergaul

Tak cukup hanya jaga jarak aman dan memakai pelindung APD, kamu juga perlu lebih selektif dalam bergaul dan bersosialisasi. Ketahui karakter dan kebiasaan teman main kamu, apakah dia termasuk orang yang tertib dengan protokol kesehatan atau malah acuh tak acuh. Tak ada salahnya sebelum bertemu, berkumpul dan mengobrol saling menanyakan kondisi dan kesehatan masing-masing supaya lebih tenang ketika bertemu.

 

3 dari 3 halaman

4. Sentuh Barang yang Ingin Dibeli

Virus bisa ada dimana saja dan menempel dipermukaan apa saja. Jadi, setiap membeli barang-barang biasanya untuk menyentuh atau memilih barang yang memang ingin dibeli saja. Jangan seperti dahulu yang melihat pakaian bagus sedikit, langsung dipegang, disentuh dan dicoba di ruang ganti. Setelah coba berkali-kali, ujungnya tidak jadi beli.

Selain itu, untuk perlindungan diri biasakan sebelum dan sesudah menyentuh barang-barang yang diminati, terlebih dahulu menggunakan hand sanitizer.

5. Peduli dengan Keadaan Sekitar

Di fase New Normal ini, restoran dan cafe-cafe sudah beroperasi normal kembali dan telah melayani makan di tempat dengan protokol kesehatan jaga jarak aman. Hal ini tentu jadi kabar baik, karena makan ditempat cenderung lebih nikmat ketimbang selalu dibawa pulang. Selain disiplin menjaga jarak, kamu juga harus peduli dengan keadaan sekitar. Jangan terlalu lama melahap makanan dan asik mengobrol dengan teman-teman, sampai lupa bahwa masih banyak orang yang antri, menunggu giliran masuk.

6. Transaksi Pembayaran Pakai Smartphone

Perubahan perilaku selanjutnya yang penting dilakukan adalah membiasakan transaksi nontunai atau cashless melalui Smartphone. Belanja apapun baik itu lewat online maupun ke merchant #BikinJadiBiasa dengan smartphone. Lebih bersih, bayarnya kilat dan cepat, jaga jarak aman dengan kasir dan tentunya bebas dari kuman atau bakteri yang kerap menempel di uang tunai.

Selain langsung menggunakan aplikasi dompet digital seperti DANA, kamu juga bisa membayar belanjaan dengan kartu bank yang sudah tersimpan di aplikasi DANA. Jadi, tidak perlu lagi itu gesek kartu di mesin EDC dan memasukkan pin. #BikinJadiBiasa transaksi melalui Smartphone kesayangan kamu.

Buat kamu yang belum simpan kartu bank di aplikasi DANA, buruan simpan mumpung lagi ada banyak promo menarik yang bisa kamu manfaatkan. Cek promonya di sini.

Yuk, ubah perilaku dan kebiasaan di New Normal ini agar tetap bisa menjaga kesehatan sambil beraktivitas.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini