5 Fakta Kampung Gajah yang Viral, Dulu Punya Kolam Ombak yang Favorit

Oleh Novita Ayuningtyas pada 16 Jun 2020, 16:55 WIB
Diperbarui 16 Jun 2020, 16:55 WIB
[Bintang] 5 tempat wisata Jawa Barat selain Kota Bandung
Perbesar
Kampung Gajah | Via: sebandung.com

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial mengenai tempat wisata Kampung Gajah. Destinasi yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini dikenal pula dengan nama Kampung Gajah Wonderland.

Sebelumnya pada tahun 2010-an tempat wisata ini pun ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam kota maupun luar kota. Kampung Gajah sendiri merupakan salah satu destinasi wisata outdoor yang sebelumnya menawarkan berbagai wahana permainan. 

Namun, kini Kampung Gajah diketahui telah tutup secara permanen dan terbengkalai. Seorang netizen pun sempat membagikan bagaimana potret dari tempat wisata ini di media sosial. Melalui akun TikTok, @cantikane_ mengunggah ,video saat memasuki tempat-tempat di Kampung Gajah. Nuansa sepi nan rindang serta bangunan-bangunan yang telah terbengkalai pun terlihat pada video yang beredar di media sosial.

Tak sedikit pula netizen yang menganggap jika saat ini Kampung Gajat lebih terlihat seperti wisata horor dibandingkan destinasi wisata keluarga yang menyenangkan. Para netizen juga banyak yang menyayangkan atas terbengkalainya lokasi wisata satu ini.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait dengan Kampung Gajah yang kini menjadi lokasi wisata horor, Selasa (15/6/2020).

2 dari 6 halaman

1. Salah satu obyek wisata terkenal

Sebelumnya, Kampung Gajah Wonderland merupakan salah satu obyek wisata yang cukup populer bagi warga Bandung. Wisata outdoor yang bisa diperuntukan oleh semua kalangan ini pun menghadirkan berbagai wahana. Mulai dari wahana air seperti kolam ombak buatan yang menjadi unggulan.

Wisatawan yang berkunjung pu bisa menjajal berbagai permainan lain, seperti motor ATV, flying Fox, menunggangi kuda hingga berbagai permainan outbound lainnya. Bahkan, para pengunjung juga bisa dimanjakan dengan kondiri alam yang hijau serta asri.

Tak hanya menawarkan rekreasi alam saja. Bahkan, melalui akun Instagram resmi @kampung_gajah. Destinasi wisata ini pun kerap kali mengadakan berbagai acara hiburan lainnya kepada pengunjung.

3 dari 6 halaman

2. Perusahan diputuskan bangkrut oleh pengadilan

Kampung Gajah
Perbesar
Kondisi Kampung Gajah setelah diputus pailit (Dok.Instagram/@satryalasmana/https://www.instagram.com/p/Bw1pfoanyIn/Komarudin)

Destinasi wisata Kampung Gajah sendiri merupakan tempat rekreasi yang dikelola oleh PT. Cahaya Adipura Sentosa (PT. CAS). Kampung Gajah Wonderland diketahui dibuka pada Desember 2010 lalu. Destinasi wisata ini pun memiliki sekitar 30 wahana yang bisa dinikmati oleh para pengunjunga.

Namun, pada 2017 lalu PT. Cahaya Adipura Sentosa (PT. CAS) dinyatakan pailit. Hal ini merupakan putusan dari Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada 13 Desember 2017 akibat dari kendala operasional. Sejak saat itu, obyek wisata Kampung Gajah pun mulai dibiarkan terbengkalai. Sebelum dinyatakan pailit, destinasi wisata yang memiliki luas kurang lebih 36 hektar ini pun diisukan memiliki harga tiket yang cukup mahal.

4 dari 6 halaman

3. Dikenal sebagai wisata horor

Taman Rekreasi Kampung Gajah
Perbesar
Kondisi Taman Rekreasi Kampung Gajah di Bandung yang terbengkalai (Dok.YouTube/satrya lasmana)

Lamanya Kampung Gajah terbengkalai membuat destinasi wisata satu ini dikenal sebagai wisata horor oleh warga setempat. Pasalnya, banyaknya ilalang serta bangunan yang tak terawat dan terbengkalai menjadi penyebabnya. Hal ini pula yang menjadi penyebab suasana sekitar terkesan horor.

Tak sedikit pula netizen yang masih mengunggah foto ataupun video saat berada di wisata Kampung Gajah pada media sosial. Para netizen yang masih mendatangi tempat wisata terbengkalai ini pun mengunggah foto atau video menggunakan tagar Kampung Gajah.

5 dari 6 halaman

4. Bak kota mati

@cantikane_

Ada yang pernah kesini? #horrorstory #fypforyou #kampunggajah #horrorvideos

♬ Boneka Horor - ITC_Albrew

Banyaknya bangunan terbengkalai dan dipenuhi oleh ilalang menjadikan Kampung Gajah Wonderland bak kota mati. Pintu masuk dari obyek wisata ini pun telah banyak ditumbuhi oleh semak belukar serta ilalang.

Tak hanya itu saja, akan tetapi beberapa patung yang cukup ikonik pada wisata tersebut pun banyak yang terlihat rusak serta berjatuhan.

6 dari 6 halaman

5. Kolam ombak yang sempat jadi unggulan

5 Fakta Kampung Gajah yang Viral di Media Sosial, Kini Jadi   Wisata Horor
Perbesar
Kampung Gajah (Sumber: Instagram/yudhishafiedz)

Bagi kamu yang pernah mengetahui ataupun mengunjungi Kampung Gajah Wonderland sebelum ditutup secara permanen pasti mengetahui mengenai kolam ombak. Salah satu wahana air ini memang menjadi unggulan serta favorit bagi para wisatawan. Bukan hanya kolam ombak saja, akan tetapi beberapa permainan air lainnya pun menjadi favorit para pengunjunag.

Namun, sejak terbengkalai wahana tersebut pun banyak ditumbuhi oleh ilalang. Tak hanya itu saja, kondisi air di bagian kolam pun terlihat berubah menjadi kehijauan akibat berlumut.

Lanjutkan Membaca ↓