Sukses

9 Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar Mulai dari Rp 1 Jutaan

Sebelum buka usaha, kenali jenis usaha modal kecil untung besar ini.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis usaha modal kecil untung besar yang bisa dicoba. Jenis usaha yang hanya menggunakan modal mulai dari satu jutaan. Hingga jenis usaha yang hanya mengandalkan keterampilan dan kemampuan.

Jenis usaha modal kecil untung besar juga sangat cocok bagi anak-anak muda. Hal ini berkaitan erat dengan ide dan kreativitas anak muda yang masih kuat. Sebab, ide dan kreativitas dalam membangun usaha ini sangat dibutuhkan. Agar usaha bisa bertahan lama dan beradaptasi dengan lebih mudah. 

Tidak hanya anak muda, banyak kalangan yang tertarik dengan jenis usaha modal kecil untung besar ini. Mereka biasanya ingin menjadikan usaha ini untuk sampingan saja. Meski sampingan, untung yang dihasilkan dari jenis usaha ini sudah pasti besar.

Berikut Liputan6.com ulas jenis usaha modal kecil untung besar dari berbagai sumber, Selasa (9/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jual Pulsa Elektrik

Menjual pulsa elektrik termasuk jenis usaha modal kecil untung besar. Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dan kebutuhan telepon serta internet. Menjual pulsa elektrik hanya perlu menggunakan modal satu juta rupiah.  Waktu yang diperlukan untuk menjual pulsa juga cukup fleksibel.

Hanya perlu melakukan deposito pulsa sesuai nominal modal. Pulsa elektrik juga tidak akan kadaluwarsa. Meski harus terjual lebih lama, penjual tidak akan mengalami kerugian. Namun, bisa dipastikan jenis usaha ini akan lebih laku di pasaran.

3 dari 7 halaman

Jasa Desain Grafis dan Aksesoris

Jasa desain Grafis

Jasa desain grafis adalah jenis usaha modal kecil untung besar. Sebab, jenis usaha ini hanya perlu menggunakan modal utama keterampilan. Keterampilan untuk mendesain. Bisa dimulai dengan membuat foto ilustrasi untuk hadiah wisuda.

Bisa juga dengan mengunjungi website-website yang akan menjual desain dengan cuma-cuma. Mulailah dengan melakukan desain kartu nama, logo perusahaan, gambar di baju, maskot, poster, booth, dan interior. Keuntungan yang akan didapat akan disesuaikan dengan kesepakatan dengan klient.

Aksesoris

Membuat aksesoris wanita termasuk jenis usaha modal kecil untung besar. Hal ini menarik untuk dilakukan karena wanita paling suka dengan aksesoris yang unik-unik. Calon pengusaha hanya perlu bermodalkan kreativitas dan kesabaran. Aksesorisnya dapat berupa syal, bando, bros, kalung, gelang, atau penghias rambut.

Keuntungan yang didapatkan akan lebih besar didapatkan karena modal aksesoris pasti lebih murah. Apalagi jika bahan baku yang dibeli dalam jumlah yang cukup besar. Pemasarannya bisa dilakukan secara online, melalui media sosial atau toko online terpercaya. Akan lebih menguntungkan lagi jika aksesoris ini bisa mendapat endorse dari artis.

4 dari 7 halaman

Laundry dan Camilan

Laundry

Laundry termasuk jenis usaha modal kecil untung besar. Bisnis ini sangat menguntungkan jika dibuka di tengah kota. Jenis usaha ini bisa bertahan lama karena keperluan mengurus pakaian terkadang lebih sulit bagi para pekerja. Sebab, di kota besar akan lebih banyak perantau yang bekerja daripada ibu rumah tangga biasa.

Camilan

Salah satu kunci sukses bisnis laundry adalah letak usaha yang strategis dan dekat dengan pemukiman penduduk yang padat. Persiapkan juga strategi pemasaran yang menarik dan unik. Sebarkan selebaran di lingkungan sekitar tempat usaha dan berikan harga promosi yang menarik.

5 dari 7 halaman

Cuci Sepatu

Jenis usaha modal kecil untung besar ini tidaklah jauh berbeda dengan bisnis laundry. Anak muda sekarang lebih menyukai mencucikan sepatu daripada mencucinya sendiri. Sebab, tempat khusus mencuci sepatu bisa lebih jeli merawatkan sepatunya. Namun, terkadang ada juga yang merasa tidak sempat mencuci sepatu sendiri apalagi saat musim hujan tiba.

 

 

6 dari 7 halaman

Pertamini/Pom Mini dan warung kopi

Pom mini

Pom Mini atau Pompa Bensin Mini  juga termasuk jenis usaha modal kecil untung besar. Apalagi jika usaha ini dibuka tepat di daerah yang jauh dari pom bensin besar. Jika dibandingan dengan menjual menggunakan botol atau jeriken, pom mini lebih aman karena takarannya pas. Pastikan juga tidak meningkatkan harga per liter dari bensin terlalu tinggi. Gunakan harga yang cukup standard dengan margin keuntungan yang masuk akal.

Warung kopi malam hari

Membuka warung kopi di malam hari termasuk jenis usaha modal kecil untung besar dalam bidang kuliner. Warung kopi yang buka di malam hari akan lebih banyak diminati anak muda. Apalagi jika desain ruang nyaman, tersedia koneksi internet, dan bisa untuk nongkrong berlama-lama. Tempat seperti ini lebih banyak diminati mahasiswa yang hendak mengerjakan tugasnya.

7 dari 7 halaman

Cuci Motor dan Mobil

Buka cuci motor dan mobil termasuk jenis usaha modal kecil untung besar yang cukup menjanjikan. Bisnis cuci mobil dan motor saat ini mudah untuk di jumpai dalam skala kecil maupun besar. Usaha ini memiliki potensi yang besar karena pemilik kendaraan terus bertambah setiap tahunnya. Akan semakin banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraan secara rutin. Sehingga banyak yang memilih mencucikannya daripada mencucinya sendiri.

Kebutuhan akan jasa cuci mobil dan motor yang besar ini tentunya dapat membuka peluang usaha yang menguntungkan. Untuk memulai usaha cuci mobil dan motor ini kamu dapat memulai dari skala rumahan. Jika lokasi rumah kamu berada di tempat strategis maka kamu dapat membuka usaha di halaman atau garasi rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.