Sukses

6 Kesalahan Memakai Lipstik yang Bikin Tampilan Tidak Maksimal

Kesalahan memakai lipstik yang kerap terjadi ini perlu dihindari.

Liputan6.com, Jakarta Kesalahan memakai lipstik dapat membuat penampilanmu menjadi tidak maksimal. Padahal, setiap wanita tentu menginginkan produk kosmetik ini sebagai penambah kecantikan. Oleh karena itu, pemakaian yang tepat perlu dipahami agar tidak membuatmu malu nantinya.

Sebenarnya lipstik merupakan salah satu produk kecantikan yang cukup mudah diaplikasikan. Hanya dengan mengoleskannnya pada bibir, kamu sudah bisa mendapatkan penampilan yang berbeda. Namun, sering kali hasil yang didapatkan tidak maksimal karena berbagai hal yang tidak diperhatikan.

Kesalahan memakai lipstik yang kerap terjadi ini perlu dihindari. Pasalnya, berbagai kesalahan dalam pemakaian lipstik ini bisa membuatmu tampil tidak percaya diri. Tentu saja hal ini dapat menurunkan pesona kecantikanmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/6/2020) tentang kesalahan memakai lipstik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Menggunakan Lipstik pada Bibir Pecah-pecah

Kesalahan memakai lipstik yang cukup sering terjadi adalah menggunakannya saat bibir sedang pecah-pecah. Mengoleskan lipstik pada bibir pecah-pecah dapat membuat riasan menjadi tidak maksimal. Penggunaannya membuat bibir malah terlihat kusam, dan tidak enak dipandang karena tidak merata.

Oleh karena itu, menghidrasi kulit menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Setidaknya kamu harus minum air putih minimal 6 gelas per hari agar kebutuhan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi.

Namun, jika kamu sudah mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dan bibir masih pecah-pecah, kamu bisa menyelesaikan masalah ini dengan penggunaan lip balm terlebih dahulu. Penggunaan lip balm dapat membuat kulit bibir menjadi lembap dan halus. Dengan mengoleskan lip balm 15 menit sebelum menggunakan lipstik, kamu bisa mendapatkan tampilan yang maksimal.

3 dari 7 halaman

Tidak Menggunakan Lip Liner

Salah satu kesalahan memakai lipstik yang membuat penampilan jadi tidak maksimal adalah tidak menggunakan lip liner. Penggunaan lip liner masih sering kali ditinggalkan. Padahal produk kosmetik satu ini dapat membuat riasan di bibir kamu terlihat lebih rapi. Bahkan, memakai lip liner dengan benar akan membuat tampilan bibir lebih penuh dan lipstik lebih tahan lama.

Lip liner bisa digunakan setelah memakai lipstik karena akan mempermudah kamu untuk melihat bagian mana yang membutuhkan bingkai. Aplikasikan lip liner di seluruh bibir atas dan bawah. Jangan lupa pastikan lipstik menyatu dengan lip liner sampai ke ujungnya.

Untuk tampilan terbaik, kamu harus menggunakan lip liner yang cocok dengan warna lipstik yang kamu pakai. Usahakan warnanya semirip mungkin agar tidak terlihat aneh.

4 dari 7 halaman

Tidak Memperhatikan Warna Lipstik dan Ukuran Bibir

Kesalahan memakai lipstik berikutnya adalah tidak memperhatikan pemilihan warna dan ukuran bibir. Tergantung pada warna yang kamu pilih, lipstik dapat membuat tampilan bibir terlihat lebih besar ataupun menjadi lebih kecil.

Nuansa gelap dan matte akan membuat bibir terlihat lebih tipis, sementara warna-warna terang dan mengkilap dapat membuat bibir terlihat lebih penuh. Tergantung pada tampilan yang diinginkan, kamu dapat menggunakan lipstik untuk meningkatkan atau meminimalkan ukuran bibir.

5 dari 7 halaman

Warna Lipstik Tidak Sesuai dengan Warna Kulit

Pemilihan warna lipstik yang sesuai dengan warna kulit juga sangatlah penting untuk menghindari kesalahan memakai lipstik ini. Hal ini sama halnya dengan pemilihan foundation untuk wajahmu. Kesalahan memakai lipstik yang kerap kali terjadi adalah pemilihan warna yang tidak tepat dan tidak sesaui dengan warna kulit.

Oleh karena itu, untuk kamu yang memiliki warna kulit kuning langsat, bisa menggunakan lipstik berwarna merah muda. Sedangkan untuk yang memiliki warna kulit putih dapat mengenakan warna apa saja. Sementara itu, warna kulit sawo matang sebaiknya menghindari warna-warna yang terlalu pucat pada bibir. Kamu bisa menggunakan warna yang lebih natural.

6 dari 7 halaman

Tidak Melakukan Eksfoliasi

Salah satu kesalahan memakai lipstik yang juga kerap kali dilakukan adalah tidak melakukan ekfsoliasi. Tujuan eksfoliasi pada bibir ini adalah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga dapat melembapkan bibir dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Untuk itu, kamu bisa juga membuat scrub bibir sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan hanya campuran satu sendok teh madu dan sedikit gula pasir. Oleskan pada bibir sambil digosok perlahan dan diratakan. Kemudian, diamkan kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

7 dari 7 halaman

Memakai Lipstik secara Berlebihan

Kesalahan memakai lipstik yang bikin tampilan tidak maksimal berikutnya adalah memakainya dengan terlalu berlebihan. Hal ini bisa saja membuat lipstik menempel pada gigi yang tentunya akan membuatmu malu.

Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu bisa menerapkan cara sederhana berikut. Setelah mengaplikasikan lipstik, letakkan jari telunjuk di mulut, tutup mulut di sekitar jari, dan geser ke arah luar. Cara ini akan menghilangkan lipstik di bagian dalam bibir yang akan menyentuh gigi. Kamu juga bisa merapikannya dengan tisu agar tampak lebih rapi.

Itulah beberapa kesalahan memakai lipstik yang sering kali terjadi. Dengan menghindari beberapa kesalahan tersebut, kamu bisa tampil lebih percaya diri dan tentunya lebih memesona.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini