Cara Membersihkan Dispenser Air Agar Awet dan Bebas Kuman

Oleh Husnul Abdi pada 05 Jun 2020, 18:45 WIB
Diperbarui 05 Jun 2020, 18:45 WIB
Dispenser
Perbesar
Ilustrasi dispenser (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan dispenser air perlu diperhatikan lagi. Dispenser merupakan salah satu peralatan elektronik yang sangat sering digunakan. Namun, kebanyakan orang cenderung menyepelekan kebersihannya sehingga dispenser tidak awet.

Tidak membersihkan dispenser tentunya dapat membuat peralatan elektronik satu ini menjadi lebih rentan terserang kuman dan bakteri. Jika tidak segera kamu bersihkan, hal ini bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Cara membersihkan dispenser air bisa menghilangkan kuman sekaligus membuatnya lebih awet. Dengan begitu asupan minuman sehari-hari keluarga bisa terpenuhi dan kesehatan pun lebih terjaga dengan air putih yang higienis.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/6/2020) tentang cara membersihkan dispenser air

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Cara Membersihkan Dispenser Air

Dispenser
Perbesar
Ilustrasi dispenser (iStockphoto)

Lepaskan Sambungan Listrik

Cara membersihkan dispenser air yang pertama adalah melepaskan sambungan listrik terlebih dahulu. Hal ini merupakan langkah utama yang sering disepelekan dan lupa dilakukan. Sebelum membersihkan dispenser, kamu harus mencabut colokan dispenser terlebih dahulu agar aman. Hal ini dapat menghindarkan kamu dari berbagai risiko keamanan seperti tersetrum listrik. Sehingga kamu akan lebih tenang selama menjalan cara membersihkan dispenser air.

Lepaskan Galon dan Kosongkan Air di Dispenser

Cara membersihkan dispenser air selanjutnya adalah melepaskan gallon dan mengosongkan air di dispenser. Melepaskan gallon terlebih dahulu berguna untuk membantu kamu membersihkannya sampai ke bagian terdalam.

Kosongkan juga sisa-sisa air dari dalam dispenser jika masih ada. Kamu dapat membuang sisa air tersebut melalui keran dispenser. Jangan lupa juga melepaskan alat penampung keluarnya air yang berada di bawah dan penyaring di dalamnya.

Saat paling tepat untuk membersihkan dispenser adalah saat air di dalam galonnya sudah habis, jadi kamu bisa lebih mudah untuk menguras sisa airnya.

Lepaskan Bagian-bagiannya dengan Obeng

Jika kamu ingin menerapkan cara membersihkan dispenser air dengan lebih menyeluruh, kamu bisa melepaskan bagian-bagiannya dengan obeng. Jadi, kamu juga bisa membersihkan bagian dalamnya yang mungkin sudah berdebu.

Dispenser air memiliki banyak bagian-bagian. Kamu dapat melepaskannya satu persatu dengan obeng untuk mempermudah pembersihan. Namun biasanya dispenser memiliki bagian paling besar yang mudah dibersihkan.


Cara Membersihkan Dispenser Air

Cara Membersihkan Dispenser Air
Perbesar
Cara Membersihkan Dispenser Air

Bersihkan Menggunakan Air Mengalir dan Sabun Cuci Piring

Untuk membersihkan dispenser air paling dasar, kamu dapat memanfaatkan tekanan air. Pastikan kamu menyemprot semua sisi dispenser. Gunakan sabun cuci agar hasilnya lebih maksimal dan bilas dengan air lagi.

Bersihkan Menggunakan Pemutih

Dua sendok makan pemutih dapat dicairkan ke dalam satu galon air. Larutan ini dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak enak pada dispenser. Untuk menghilangkan noda, jangan langsung bilas pemutih. Diamkan beberapa saat setelah dituangkan ke badan dispenser kemudian baru dibilas.

Bersihkan Menggunakan Cuka

Dengan metode ini, kamu perlu mengeringkan dispenser paling tidak 24 jam. Gunakan cuka putih untuk tujuan pembersihan. Larutkan cuka dan air dengan komposisi 1:1. Kemudian semprotkan pada dispenser, lalu bilas.


Cara Membersihkan Dispenser Air

Cara Membersihkan Dispenser Air
Perbesar
Cara Membersihkan Dispenser Air

Bersihkan Bagian dalam Kran

Cara membersihkan dispenser air selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian dalam kran. Bagian ini merupakan bagian dispenser yang paling mudah terkena lumut. Kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas, kuas, atau cotton buds yang dibasahi cairan pembersih.

Bersihkan Bagian Luar Dispenser

Selain membersihkan bagian dalam dispenser, kamu juga harus membersihkan bagian luarnya dengan lap. Lap seluruh bagian dispenser menggunakan kain bersih sampai kering. Kamu bisa memiringkan dispenser tersebut terlebih dahulu agar sisa air yang ada di dalamnya keluar.

Selain itu, kamu tidak disarankan untuk menjemur dispenser di luar ruangan. Hal ini karena bisa membuat semakin besarnya risiko menempelnya kuman dan bakteri.

Itulah beberapa cara membersihkan dispenser air agar awet dan bebas kuman. Dengan menerapkan berbagai cara tersebut, kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya