Manfaat Imunisasi MR dan Efek Sampingnya Terhadap Kesehatan

Oleh Husnul Abdi pada 03 Jun 2020, 16:45 WIB
Diperbarui 03 Jun 2020, 16:45 WIB
Ilustrasi imunisasi (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat imunisasi MR tentunya untuk mencegah penyakit campak dan rubella sesuai namanya. Kampanye vaksin MR (measles dan rubella) oleh pemerintah dilakukan demi mengendalikan dan mengeliminasi campak, rubella, serta cacat bawaan rubella (congenital rubella syndrome). 

Selain itu, vaksin MR dibutuhkan karena komplikasi penyakit yang ditimbulkan campak sangat berbahaya. Tak sekadar mengalami ruam merah, anak yang tidak diberi vaksin dan akhirnya terkena campak atau rubella, berpotensi menderita radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk, bahkan kematian.

Manfaat imunisasi MR sangat penting diberikan pada anak agar tidak mengalami berbagai komplikasi penyakit. Apalagi tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella. Karena itu penyakit ini perlu dicegah dengan vaksin campak-rubella, atau vaksin MR.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/6/2020) tentang manfaat imunisasi MR

2 dari 4 halaman

Manfaat Imunisasi MR

Manfaat Imunisasi MR
Manfaat Imunisasi MR (AFP/Johannes Eisele)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat imunisasi MR adalah untuk mencegah penyakit campak dan rubella pada anak. Biasanya, campak menimbulkan gejala umum seperti pilek, rumah, batuk, bahkan dapat menyebabkan kematian. Sedangkan rubella biasanya menimbulkan gejala sakit tenggorokan, mata merah, gatal, demam, hingga ruam.

Manfaat imunisasi MR ini sangat penting untuk keberlanjutan hidup anak. Walaupun telah diberikan vaksin, bukan berarti anak dapat sepenuhnya terhindar dari penyakit campak dan rubella. Kemungkinan anak terjangkit penyakit tetap ada, namun potensinya sangat kecil dan gejala yang muncul akan lebih ringan.

Selain itu, manfaat imunisasi MR ini juga dapat diberikan pada remaja dan orang dewasa. Jika kamu kurang yakin pernah menerima vaksin atau tidak sebelumnya, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Dokter biasanya akan melakukan tes darah untuk memastikannya.

Manfaat imunisasi MR ini sangat besar. Apalagi, jika rubella dialami oleh ibu hamil maka bayi dapat beresiko mengalami cacat lahir seperti kebutaan dan tuli, serta resiko keguguran. Imunisasi MR tentunya akan sangat membantu.

Penyakit campak dan rubella mengancam hidup anak-anak, karena itu manfaat imunisasi MR ini sangat penting. Manfaat vaksin campak dan rubella melindungi anak untuk melawan dua penyakit ini. Manfaat imunisasi MR ini termasuk aman dan cukup efektif.

3 dari 4 halaman

Efek Samping Vaksin MR

Manfaat imunisasi MR ini ternyata juga memiliki efek samping terhadap kesehatan. Dikutip Liputan6.com dari KlikDokter, efek samping vaksin MR yang paling sering terjadi adalah demam dan ruam. Jadi efek samping ini bersifat lebih ringan. Efek samping yang lebih serius sangat jarang terjadi, sehingga imunisasi MR cukup aman dan sangat dianjurkan.

Efek samping ini cukup lazim terjadi sesaat setelah vaksin diberikan. Jika kamu melakukan vaksin pada pagi hari, biasanya sudah muncul demam dan ruam. Akan tetapi, yang perlu diketahui, ruam yang muncul hanya di bagian yang disuntik. Efek samping tersebut pun akan segera hilang 3-5 hari setelah pemberian vaksin. Ini merupakan kondisi normal yang tidak perlu dikhawatirkan.

Selain itu, ada beberapa efek samping yang cukup jarang terjadi saat imunisasi MR. Berikut beberapa efek samping vaksin campak dan rubella lainnya:

- Kejang disertai dengan demam

- Nyeri dan kaku pada sendi (biasanya dialami anak remaja dan wanita dewasa)

- Lebam atau perdarahan karena jumlah trombosit yang rendah

- Ruam di seluruh tubuh

- Kerusakan otak

Dengan mengetahui beberapa efek samping imunisasi MR ini, sebaiknya kamu selalu berkonsultasi ke dokter seputar kemungkinan anak memiliki alergi terhadap bahan di dalam vaksin. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko reaksi alergi sebagai efek samping vaksin rubella dan campak.

4 dari 4 halaman

Tindakan Setelah Imunisasi

Ilustrasi Imunisasi (Liputan6.com/M.Iqbal)
Ilustrasi Imunisasi (Liputan6.com/M.Iqbal)

Dalam mendapatkan manfaat imunisasi manfaat MR ini, kamu perlu melakukan beberapa tindakan setelah pemberian vaksin. Berikut beberapa tindakan yang perlu dilakukan setelah anak diberikan imunisasi MR seperti dikutip Liputan6.com dari KlikDokter:

- Tunggu beberapa waktu setelah diberi vaksin MR. Setelah anak kamu diberi vaksin, tunggu sekitar 30 menit di fasilitas kesehatan tempat anak mendapatkan vaksin. Hal ini bertujuan untuk memantau kemungkinan adanya gangguan lanjutan pascaimunisasi.

- Segera lakukan tindakan jika terjadi kejadian lanjutan pascaimunisasi. Jika anak mengalami kejadian serius seperti kejang atau demam tinggi setelah diberi vaksin MR, kamu bisa segera bawa ke layanan kesehatan agar cepat ditangani dokter.

Manfaat imunisasi MR ini sangat penting untuk anak. Jika kamu merasa khawatir dengan efek sampingnya, jangan sampai berlebihan. Vaksin MR memang memiliki efek samping tapi bukan efek samping yang berat.

Imunisasi atau vaksinasi adalah suatu tindakan pemberian zat yang berasal dari kuman, baik yang sudah mati ataupun yang dilemahkan. Dengan pemberian vaksin ini, sistem pertahanan tubuh akan mengenali kuman tersebut, sehingga tubuh bisa mengatasinya apabila suatu saat terinfeksi. Jadi bawalah anak untuk diberi vaksin MR, agar bisa terbebas dari campak dan rubella.

Lanjutkan Membaca ↓