Sukses

8 Manfaat Rebung Bambu Kuning, Cocok untuk Makanan Diet

Dengan cara pengolahan yang benar, maka manfaat rebung bambu kuning bisa didapatkan secara maksimal.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat rebung bambu kuning sangat banyaak dan baik bagi menjaga kesehatan tubuh. Mungkin manfaat rebung bambu kuning ini masih tidak sepopuler manfaat dari rebung biasa. Rebung adalah bahan makanan yang berasal dari tunas bambu muda yang tumbuh dari dalam tanah yang asalnya dari akar pohon bambu.

Selain manfaat rebung bambu kuning ini sangat banyak dan baik bagi tubuh, rebung bambu kuning juga memiliki cita rasa yang khas. Bahkan rebung sendiri umumnya dijadikan sebuah isian dari salah satu makanan tradisional dari Semarang, yaitu lunpia. Dengan cara mengolah yang tepat, manfaat rebung bambu kuning tersebut bisa lebih mudah Anda dapatkan.

Berbagai manfaat rebung bambu kuning ini tidak lain karena adanya kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin E, folat, niasin, riboflavin, tiamin dan asam pantotenat. Selain itu, rebung bambu kuning juga kaya akan berbagai macam mineral seperti selenium, kalium, magnesium, natrium, kalsium, fosfor, seng, mangan, besi, serta tembaga.

Jadi tidak heran jika manfaat rebung bambu kuning sangat baik bagi tubuh. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai manfaat rebung bambu kuning yang bisa didapatkan apabila mengonsumsinya dengan cara yang benar, Rabu (3/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol

1. Menurunkan berat badan

Rebung biasanya dijadikan salah satu jenis bahan makanan yang digunakan sebagai olahan sayur. Dan ketika Anda sedang dalam program diet, maka sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi sayuran. Sayuran dibutuhkan tubuh ketika sedang diet karena kandungan seratnya yang mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain kandungan serat yang terdapat pada rebung bambu kuning sangat tinggi. Dengan mengonsumsi rebung bambu kuning juga baik dalam melancarkan pencernaan Anda, mengingat serat akan berguna dalam mengencerkan feses agar lebih mudah keluar dari tubuh.

2. Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat rebung bambu kuning selanjutnya yang juga baik bagi tubuh adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Rebung bambu kuning tersebut memiliki kandungan berupa fitonutrien dan fitosterol. Kandungan itu dapat membantu dalam menurunkan kadar lemak jahat yang ada di dalam darah.

3 dari 5 halaman

Menurunkan Risiko Kanker Usus dan Stroke

3. Menurunkan risiko kanker usus

Salah satu risiko yang bisa terjadi pada pencernaan yang tidak sehat adalah kanker pada saluran usus. Namun, risiko kanker usus tersebut dapat menurun apabila pencernaan dalam keadaan yang sehat.

Sehatnya pencernaan akan berdampak pada optimalnya kinerja usus dalam megeluarkan berbagai zat sisa makanan beserta berbagai zat pemicu kanker. Rebung bambu kuning juga memiliki kandungan berupa senyawa asam fenolik, yaitu senyawa yang termasuk antioksidan yang mampu melindungi jantung serta mencegah berbagai penyakit kanker.

4. Menurunkan risiko stroke

Rebung bambu kuning juga memiliki kandungan kalium. Kandungan kalium pada rebung bambu kuning tersebut juga cukup tinggi, sehingga sangat efektif dalam mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Makanan yang memiliki kandungan kalium minimal 400 mg memang dipercaya dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah. Dan apabila tekanan darah terkontrol maka sejalan dengan menurunnya risiko terkena stroke.

4 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit dan Hati

5. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan E yang sangat tinggi dalam rebung ditambah dengan antioksidan dan beberapa asam amino, membuat rebung bisa mencegah kerusakan pada kulit yang sering kali terjadi akibat paparan radikal bebas. Agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga, salah satu langkah bisa dilakukan adalah mengonsumsi rebung.

6. Menjaga kesehatan hati

Jenis rebung bambu kuning sebenarnya sudah cukup lama dikenal mampu dalam menjaga kesahatan hati. Bahkan masyarakat zaman dahulu sudah akrab menggunakan rebung bambu kuning untuk mengobati penyakit kuning.

Manfaat rebung bambu kuning bagi kesehatan hati tersebut secara ilmiah juga telah dibuktikan karena rebung bambu kuning ternyata memiliki kandungan hidroksi bemsadelhid. Hidroksi bemsadelhid merupakan fenol yang memiliki senyawa mirip dengan gugusan silimari dan juga kurkumin. Senyawa tersebut memiliki sifat anti-toksin pada hati. Sifat anti-toksin tersebut berfungsi dalam mengatasi lever atau hepatits A.

5 dari 5 halaman

Anti-inflamasi dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

7. Anti-inflamasi

Rebung bambu kuning memiliki kemampuan anti-inflamasi. Kemampuan tersebut dapat membantu dalam mengatasi peradangan. Manfaat anti-inflamasi ini berasal dari kandungan asam fenolik yang terdapat pada rebung bambu kuning. Kandungan asam fenolik tersebut menjadi salah satu komponen terkuat dalam kontribusinya sebagai anti-inflamasi.

Selain itu, rebung bambu kuning ternyata juga baik bagi kesehatan tukak lambung Anda. Rebung bambu kuning ini juga baik apabila Anda memiliki masalah kesehatan seperti asam urat, reumatik serta sclerosis.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat rebung bambu kuning yang terakhir yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri karenarebung bambu kuning memiliki banyak sekali kandungan vitamin, antioksidan, mineral, serta serat. Dengan mengonsumsi rebung dengan cara yang tepat maka akan sangat mungkin kekebalan tubuh akan terjaga dan dapat menghindarkan tubuh dari berbagai jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri, seperti flu.

Namun, meski manfaat rebung bambu kuning sangat banyak bagi kesehatan, dalam mengonsumsinya harus dengan takaran yang tepat dan cara pengolahan yang benar, terutama dari cara memasaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.