7 Manfaat Daun Pisang Kering yang Tidak Banyak Diketahui

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 29 Mei 2020, 17:30 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 17:30 WIB
6 Khasiat Menakjubkan Di Balik Daun Pisang

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun pisang kering mungkin belum sepopuler berbagai manfaat yang dapat ditemukan pada jenis daun pisang segar yang masih berwarna hijau. Memang, manfaat daun pisang kering kurang terlihat karena saat daun pisang sudah menunjukkan warna yang cukup layu biasanya langsung dibuang begitu saja. Hal tersebut yang membuat manfaat daun pisang kering kurang diketahui.

Dalam mendapatkan berbagai manfaat daun pisang kering tersebut, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai hal, seperti dijadikan ramuan untuk minuman atau dimanfaatkan sebagai makanan ternak. Namun, memang dibutuhkan keterampilan khusus dalam mengolah jenis daun pisang kering ini.

Dengan mengambil berbagai manfaat daun pisang kering tersebut, setidaknya Anda juga telah membantu dalam pelestarian alam. Dari setiap daun pisang kering yang di manfaatkan, maka setidaknya telah mengurangi sampah yang terbuang di lingkungan Anda.

Lalu, apa saja manfaat daun pisang kering yang bisa didapatkan? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum berbagai macam manfaat daun pisang kering yang tentunya akan sangat sayang jika Anda tidak mengetahuinya, Jumat (29/5/2020).

2 dari 8 halaman

1. Meredakan Sakit Tenggorokan

Ilustrasi sakit tenggorokan
Ilustrasi sakit tenggorokan (sumber: iStock)

Salah satu manfaat daun pisang kering yang cukup dikenal dan terbukti efektif adalah dijadikan obat untuk meredakan sakit tenggorokan. Dengan mengonsumsi rebusan daun pisang yang sudah kering tersebut secara rutin, maka radang tenggorokan dapat mereda bahkan sembuh. Memang radang tenggorokan masih menjadi jenis penyakit yang mengganggu. Untuk mengonsumsi air rebusan daun pisang kering tersebut cukup satu kali dalam sehari, dan lakukan rutin hingga sakit tenggorokan hilang.

3 dari 8 halaman

2. Meredakan Demam

Merawat Pasien Demam Berdarah Tanpa Opname, Mungkinkah? (ArtOfPhotos/Shutterstock)
Merawat Pasien Demam Berdarah Tanpa Opname, Mungkinkah? (ArtOfPhotos/Shutterstock)

Dengan mengonsumsi daun pisang kering, ternyata juga dapat membantu dalam menurunkan demam yang biasanya disertai dengan naiknya suhu tubuh. Untuk mengonsumsi daun pisang kering sebagai obat demam ini juga cukup dengan merebusnya dan meminumnya secara rutin. Namun, tetap saja perlu diatur juga pola makan dan istrahat yang cukup, agar demam tersebut cepat turun.

4 dari 8 halaman

3. Menyembuhkan Disentri

Disentri
Disentri

Daun pisang kering ternyata memiliki zat aktif alami yang mampu menghentikan peradangan pada usus. Peradangan pada usus tersebut biasanya akan berakibat pada keluarnya darah saat sedang buang air besar. Cara mengonsumsinya pun juga sama, cukup direbus dan diminum secara teratur satu kali dalam sehari.

5 dari 8 halaman

4. Meningkatkan Imunitas

Kilat! Begini Cara Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dalam 15 Detik!
Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dalam 15 detik saja!

Salah satu manfaat daun pisang kering yang cukup menakjubkan yaitu kemampuannya dalam meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Daun pisang kering ini memiliki zat polifenol yang merupakan senyawa antioksidan penting bagi menjaga tubuh dari radikal bebas. Selain itu, daun pisang kering juga memiliki kandungan yang mampu meningkatkan daya tubuh yang bernama allantolin.

6 dari 8 halaman

5. Dijadikan Media Tanam

polybag untuk media tanam di desa Kalukubula Sigi
Sejumlah polybag untuk media tanam di desa Kalukubula Sigi yang mulai disiapkan untuk sembada pangan di masa Covid-19. (Foto: Moh. Sobirin).

Ada beberapa kandungan dalam daun pisang kering seperti protein, hemiselulosa, dan lignin. Beberapa kandungan tersebut dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai media untuk budidaya jamur merang. Dengan memanfaatkan daun pisang kering ini pula, dapat mengurangi penggunaan plastik yang biasa dijadikan wadah bagi media tanam tersebut.

7 dari 8 halaman

6. Sebagai Bahan Pakan Ternak

Tembus Rp 50 Ribu per Kg, Peternak Keluhkan Harga Bibit Ayam Fluktuatif
Peternak memberi makan ayam pedaging broiler di kawasan Cipelang, Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/7). Tingginya harga daging ayam juga dipengaruhi oleh kenaikan harga pakan yang masih import seiring kenaikan dolar terhadap rupiah. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Daun pisang kering ternyata juga dapat dijadikan sebagai bahan makanan ternak, namun harus dibuat dalam bentuk tepung. Kandungan dalam tepung daun pisang kering ini seperti protein, lemak, serat, dan nutrisi yang baik bagi pencernaan hewan ternak. Salah satu keuntungan menggunakan tepung daun pisang kering terutama pada jenis hewan ternak seperti ayam, yaitu dapat memberi pengaruh baik untuk pertumbuhan ayam petelur.

Selain bahan pakan ayam, daun pisang kering juga dapat menjadi bahan pakan untuk sapi. Kandungan nutrisi dalam tepung dari daun pisang kering tersebut sangat mudah dicerna oleh sapi. Dan dilihat dari sisi biaya, dengan menggunakan tepung hasil olahan daun pisang kering ini dapat memangkas biaya yang biasanya menjadi biaya terbesar dalam urusan merawat hewan ternak.

8 dari 8 halaman

7. Menjaga Kesehatan Ikan

Cara Mengawinkan Ikan Cupang
Cara Mengawinkan Ikan Cupang (Sumber: iStockphoto)

Salah satu manfaat daun pisang kering yang cukup unik yaitu sebagai bahan yang digunakan dalam merawat ikan terutama jenis cupang dan ikan hias air tawar lainnya. Fungsi daun pisang kering ini hampir sama dengan fungsi dari daun ketapang yang digunakan untuk meningkatkan kesuburan dari ikan, menjaga kesehatan ikan, juga memberi kekuatan pada ikan itu sendiri.

Selain itu, daun pisang kering ini bermanfaat untuk membantu pemulihan ikan yang terkena penyakit atau luka, seperti penyakit jamur, erosi garis kepala, ectoparasites, kerusakan pada selaput lender, serta berbagai penyakit yang biasa muncul pada ikan.

Bahkan di beberapa negara Asia banyak pembudidaya ikan baik cupang maupun air tawar yang menggunakan daun pisang kering. Daun pisang kering ini dipercaya akan memberi manfaat kesiapan bertelur bagi indukan cupang dan daun pisang kering juga akan meningkatkan warna dari ikan cupang sehingga menjadi semakin cerah.

Nah, itu tadi berbagai manfaat daun pisang kering yang bisa Anda dapatkan apabila memanfaatkannya dengan benar. Selamat mencoba ya!

Lanjutkan Membaca ↓