8 Manfaat Bunga Teratai Salju untuk Kesehatan Tubuh

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 28 Mei 2020, 15:50 WIB
Diperbarui 28 Mei 2020, 15:50 WIB
Ramai Pengunjung, Alasan Ditutupnya Taman Bunga Ini Bikin Geleng Kepala

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bunga teratai salju sebenarnya tidak perlu diragukan lagi. Memang manfaat bunga teratai salju ini belum sepopuler jenis manfaat yang dihasilkan dari tumbuhan lainnya. Karena penelitian mengenai teratai salju ini juga masih cukup baru di dunia medis.

Teratai salju sendiri memiliki nama latin Laniceps saussurea. Biasanya jenis bunga teratai salju ini mudah ditemukan di China atau Tibet. Memang walaupun termasuk baru di dunia medis modern, namun di dunia pengobatan tradisional, jenis teratai salju sebenarnya sudah sejak lama diakui khasiatnya.

Manfaat bunga teratai salju tersebut berasal dari kandungan bahan aktif pada tanaman ini. Jenis bunga teratai sendiri memang meerupakan jenis bunga yang cukup unik. Pasalnya bunga teratai terutama yang berjenis teratai salju ini hanya ada dan tumbuh di daerah tertentu. Habitat dari bunga teratai salju ini bisa ditemukan pada kolam ikan atau sungai yang memiliki aliran air yang cukup tenang.

Yang membedakan dari jenis teratai pada pada umumnya, adalah lokasi tumbuh dari teratai salju ini berada di ketinggian 11.000-12.000 meter di atas permukaan laut. Dan yang cukup membuat bunga teratai ini banyak dicari adalah kemunculan bunga ini yang hanya ada dapat berbunga sekali seumur hidup.

Selain itu, dalam mengembangkan bunga teratai ini tidak dapat dilakukan dengan cepat. Serta, bagian yang digunakan untuk pembibitan hanya dapat dipetik sekali seumur hidup. Usia dari bunga teratai salju ini juga hanya dua tahun dan setelah itu mati.

Untuk lebih dalam mengetahui apa saja manfaat bunga teratai salju tersebut, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai manfaat bunga teratai salju yang bisa didapatkan terutama dari segi kesehatan, Kamis (28/5/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Teratai Salju

Kilat! Begini Cara Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dalam 15 Detik!
Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dalam 15 detik saja!

1. Tingkatkan imunitas

Manfaat bunga teratai salju yang pertama adalah kemampuanya yang dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Di mana tubuh yang kekebalannya sangat lemah rentan akan serangan penyakit seperti virus dan bakteri.

2. Sembuhkan sakit kepala

Salah satu manfaat bunga teratai salju yang sangat berguna bagi kesehatan yaitu kemampuannya dalam mengatasi sakit kepala. Sakit kepala merupakan jenis penyakit yang sebenarnya cukup ringan, namun sangat mengganggu, terutama jika sakit kepala tersebut terjadi saat sedang melakukan aktivitas penting. Untuk mengonsumsinya, bisa debgan cara direbus atau cukup diseduh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Teratai Salju

Perut Kembung Bukan Melulu Karena Masuk Angin
Perut Kembung Bukan Melulu Karena Masuk Angin

3. Mengatasi masuk angin

Masuk angin biasanya identik dengan rasa tidak nayaman pada area perut yang disertai kembung. Dengan mengonsumsi bunga teratai salju dapat membantu tubuh dalam mengatasi masalah tersebut. Dan untuk mengonsumsinya bisa dengan direbus lalu diminum selagi hangat dengan campuran madu. Tentu saja ramuan tersebut dapat membuat tubuh menjadi hangat.

4. Menjaga kesehatan rahim

Tumbuhan bunga teratai salju ini, ternyata juga baik dalam menjaga kesehatan rahim. Teratai salju dapat meningkatkan kinerja dari sistem peredaran darah dalam rahim. Dan ketika datang bulan, para kaum hawa bisa mencoba mengonsumsi teratai salju, agar darah yang keluar tersebut dapat lancar dan beberapa darah yang mengendap di rahim dapat ikut keluar.

4 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Teratai Salju

Berkenalan dengan Obat Baru untuk Hepatitis C
Ada harapan baru untuk para pasien dengan penyakit liver lanjutan akibat virus infeksi kronis seperti Hepatitis C.

5. Mengatasi gangguan hati

Manfaat bunga teratai salju selanjutnya yaitu dapat mengobati berabagai masalah yang mengganggu fungsi dari hati. Hati memang merupakan organ penting yang memiliki fungsi vital bagi tubuh, seperti fungsi dalam menyerap berbagai racun dalam tubuh. Oleh karena itu, apabila hati terganggu fungsinya, maka akan sangat berbahaya bagi tubuh.

6. Mencegah impotensi

Salah satu manfaat bunga teratai salju yang berguna dan mungkin paling populer adalah manfaat dalam mencegah impotensi yang bisa terjadi pada pria. Bunga teratai salju tersebut dapat dijadikan obat yang digunakan untuk mencegah dan bahkan mengobati penyakit impotensi. Impotensi memang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi para pria. Dan biasanya impotensi ini disebabkan oleh kinerja pembuluh darah yang ada di alat vital tidak menyalurkan darah dengan sempurna ke testis.

Hal tersebutlah yang menyebabkan timbulnya impotensi. Dan apabila tidak segera ditangani akan berakibat fatal. Untuk mengonsumsi ramuan bunga teratai salju ini bisa dengan merebus dan mencampurnya dengan jahe atau gingseng.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Teratai Salju

Penyakit Peredaran Darah
Peredaran Darah / Sumber: iStockphoto

7. Mencegah penyumbatan aliran darah

Gaya hidup yang tidak sehat dan konsumsi berbagai makanan tinggi lemak, memang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya berbagai penyakit dalam tubuh. Kandungan lemak tersebut jika tidak segera diatur konsumsinya, akan menyebabkan penyakit seperti stroke dan jantung.

Dan hal tersebut tidak lain karena terlalu menumpuknya plak berupa lemak pada aliran darah yang akhirnya membuat aliran darah tersumbat. Ramuan yang berasal dari bunga teratai salju ini akan membantu tubuh terhindar dari penyumbatan di darah tersebut.

8. Merawat kulit

Manfaat bunga teratai salju yang terakhir ini sudah cukup dikenal oleh penduduk Cina serta Tibet. Penduduk di China dan Tibet sering menggunakan ramuan bunga teratai salju sebagai ramuan untuk mengencangkan kulit. Hal tersebut bukan tanpa sebab, ternyata bunga teratai salju memang memiliki senyawa anti peradangan dan berbagai enzim penting di dalamnya yang sangat berguna bagi tubuh untuk mempertahankan produksi kolagennya.

Lanjutkan Membaca ↓