5 Restoran Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Berusia 1.200 Tahun

Oleh Mardella Savitri Murtisari pada 27 Mei 2020, 19:10 WIB
Diperbarui 27 Mei 2020, 19:10 WIB
La Tour d’Argent di Paris, Perancis

Liputan6.com, Jakarta Restoran merupakan tempat yang menjual berbagai makanan dan minuman. Terkadang, restoran memiliki arti lebih dari itu. Di tempat tersebut, kadang kita meninggalkan berbagai kenangan masa kecil bersama orang tua dan keluarga.

Restoran yang berusia tua tentunya memiliki kenangan tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Di setiap sudut dan rasa menu yang ditawarkan bisa jadi membawa kembali memori yang selalu dirindukan.

Restoran yang akan diulas di bawah ini ternyata ada yang berusia hingga 1.200 tahun. Bahkan, ada pula restoran yang sudah melayani berbagai tokoh tersohor dunia mulai dari Franklin D. Roosevelt, Napoleon Bonaparte, hingga Charlie Chaplin.

Sudah penasaran? Berikut merupakan ulasan lengkap tentang 5 restoran tertua di dunia yang telah dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (27/5/2020).

2 dari 6 halaman

1. Restoran St. Peter Stiftskeller di Salzburg, Austria

Restoran St. Peter Stiftskeller di Salzburg, Austria.
Restoran St. Peter Stiftskeller di Salzburg, Austria. (Sumber: wikipedia common).

Sejauh ini, Restoran St. Peter Stiftskeller yang terletak di dalam Biara St. Peter, diyakini sebagai restoran tertua di dunia. Restoran ini telah dibangun sejak tahun 803 M.

Meski mengalami banyak renovasi, namun restoran ini masih berada di bangunan yang sama dengan saat berdiri pada 1.200 tahun yang lalu. Untuk menikmati santap malam di tempat ini, anda diharuskan untuk membuat reservasi terlebih dahulu.

3 dari 6 halaman

2. Restoran Zum Franziskaner di Stockholm, Swedia

Restoran Zum Franziskaner di Stockholm, Swedia
Restoran Zum Franziskaner di Stockholm, Swedia. (Sumber: oldest.org).

Zum Franziskaner merupakan restoran tertua di Stockholm, Austria. Restoran ini didirikan oleh para biarawan Jerman pada tahun 1421 ketika Raja Eric dari Pomerania mengizinkan untuk menjual makanan dan minuman.

Menu yang disajikan di restoran ini menggabungkan cita rasa Jerman dan Skandinavia. Meski tak berdiri di lokasi aslinya, namun makanan dan minumannya tetap sama sejak pertama kali di buka 600 tahun yang lalu.

4 dari 6 halaman

3. Restoran Owariya atau Honke Owariya di Kyoto, Jepang

Restoran Owariya atau Honke Owariya di Kyoto, Jepang
Restoran Owariya atau Honke Owariya di Kyoto, Jepang. (Sumber: oldest.org).

Awalnya, Honke Owariya merupakan toko yang menjual kue beras soba. Saking terkenalnya, pemilik aslinya sampai dipanggil oleh Kaisar untuk memasak di istana pada saat itu.

Kemudian, sang pemilik pun mengembangkan cabang usahanya untuk menciptakan produk mie soba yang akhirnya resepnya dipertahankan hingga saat ini. Restoran ini telah didirikan sejak tahun 1465.

 

5 dari 6 halaman

4. La Tour d’Argent di Paris, Prancis

La Tour d’Argent di Paris, Perancis
La Tour d’Argent di Paris, Perancis. (Sumber: oldest.org)

Restoran La Tour d'Argent merupakan restoran berkelas yang telah didirikan sejak tahun 1582. Restoran ini bahkan pernah mendapatkan 3 bintang Michelin yang merupakan penghargaan tertinggi di dunia restoran. Meski akhirnya kehilangan satu bintang pada tahun 1996 dan bintang kedua tahun 2006.

Restoran ini pernah melayani berbagai tokoh ternama dunia mulai dari Franklin D. Roosevelt, Marlene Dietrich, dan Charlie Chaplin. Resto ini juga muncul di film animasi bertema restoran berjudul Ratatouille besutan Pixar di tahun 2007.

6 dari 6 halaman

5. Restoran Zur Letzten Instanz di Berlin, Jerman

Restoran Zur Letzten Instanz di Berlin, Jerman
Restoran Zur Letzten Instanz di Berlin, Jerman. (Sumber: oldest.org).

Restoran Zur Letzten Instanz merupakan restoran tertua di Jerman yang telah berdiri sejak tahun 1621. Restoran ini berjarak hanya satu blok dari Tembok Berlin. Awalnya restoran ini bernama Maria Beil, namun akhirnya diubah ketika diakusisi oleh G. Hoffmann pada tahun 1924 dan beralih nama seperti sekarang.

Di saat terjadi Perang Dunia II, bangunan dari restoran ini sempat mengalami kerusakan parah dan akhirnya direkonstruksi pada tahun 1963. Meski tak lagi asli, namun interiornya di buat semirip mungkin dengan gaya awal aslinya saat berdiri. Restoran ini telah melayani berbagai tamu penting mulai dari Napoleon Bonaparte, Ludwig Von Beethoven, dan Kanselir Jerman saat ini Angela Merkel.

Lanjutkan Membaca ↓