Kisah Pilu Kakek Cari Makanan di Tumpukan Sampah untuk Buka Puasa

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 22 Mei 2020, 11:10 WIB
Diperbarui 22 Mei 2020, 11:10 WIB
Kisah Pilu Kakek Cari Makanan di Tumpukan Sampah untuk Buka Puasa
Perbesar
Kisah Pilu Kakek Cari Makanan di Tumpukan Sampah untuk Buka Puasa (Sumber: World of Buzz)

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Di bulan suci ini, umat muslim menjalani ibadah puasa setiap hari selama Ramadhan. Meskipun suasana Ramadhan tahun ini sedikit berbeda daripada tahun-tahun sebelumnya karena wabah Corona Covid-19, namun umat muslim tetap menjalani ibadah puasa dengan hikmat.

Menahan haus dan lapar seharian adalah salah satu hal wajib dalam menjalani puasa. Waktu berbuka menjadi penuh syukur ketika seseorang masih berkesempatan untuk menunaikan ibadah puasa. Namun tidak semua orang dapat memperoleh menu berbuka puasa dengan mudah.

Ada banyak orang yang kurang mampu secara ekonomi harus berjuang keras untuk bisa mendapat menu berbuka puasa, seperti seorang kakek asal Malaysia ini. Agar dapat memperoleh makanan untuk berbuka, ia harus berjuang keras terlebih dahulu. Pria yang sudah berusia senja tersebut rela mengais-ngais sampah dan berharap menemukan sisa roti untuk berbuka puasa.

Seorang pengguna Facebook bernama Mizan Dmhba mengunggah video dan foto seorang lansia yang ia temukan. Dalam unggahan tersebut, Mizan Dmhba menceritakan jika pria tua itu mengaduk-aduk sampah untuk mencari sisa roti yang akan dikonsumsi ketika saatnya berbuka puasa.

“Selama perjalanan kami dari Pengkalan Chepa ke Ketereh, Kelantan, untuk mendistribusikan sumbangan kami, kami menemukan paman yang mencari-cari sampah," tulis Mizan seperti dikutip oleh Liputan6.com dari World of Buzz, Jumat (22/5/2020).

2 dari 2 halaman

Memberi Bantuan Pada Kakek Tua

Kisah Pilu Kakek Cari Makanan di Tumpukan Sampah untuk Buka Puasa
Perbesar
Kisah Pilu Kakek Cari Makanan di Tumpukan Sampah untuk Buka Puasa (Sumber: World of Buzz)

Pria yang memakai kemeja putih itu mengeluarkan dompet dari kantong celananya. Ia kemudian memberi sejumlah uang kepada kakek tersebut. Tak hanya itu, Mizan dan rekannya juga memberi sekarung beras.

“Saya minta untuk menghentikan mobil dan mendekati paman. Dia mengatakan kepada saya bahwa dia sedang mengumpulkan sisa roti untuk dimakan. Kami memberinya sekantong beras dan sejumlah uang untuk pengeluaran. Masih banyak di luar sana yang membutuhkan perawatan kita,” kata Mizan.

Peristiwa itu diketahui berada di Jalan Lintas Kota Pangkalan Chepa - Kelantan, Malaysia. Sejak diunggah di Facebook, postingan tersebut mendapat berbagai tanggapan dari warganet.

"Sikap yg patut dicontohi sebagai manusia apa yang kita lihat tidak hanya ujian orang susah itu tapi ujian untuk kita agar menolong orang susah itu," komentar seorang warganet.

"Alhamdulillah, terbaik memang, Moga Allah memberkati usaha baik anda Amin," tulis warganet lainnya.

Upaya yang dilakukan oleh Mizan dan rekannya dapat menjadi contoh bagi semua orang untuk membantu sesama yang sedang dalam kesulitan, apalagi di saat mewabahnya sebuah virus seperti sekarang ini.

Lanjutkan Membaca ↓