Sukses

3 Resep Menu Buka Puasa dengan Olahan Oyong, Sehat dan Nikmat

Menu buka puasa dengan dengan olahan oyong bisa menjadi salah satu pilihan.

Liputan6.com, Jakarta Resep menu buka puasa yang praktis namun tetap sehat tentunya menjadi pilihan untuk menemani waktu berbuka puasa. Buka puasa merupakan momen yang selalu dirindukan ketika bulan Ramadhan telah berakhir. Kebersamaan menikmati hidangan buka puasa bersama keluarga menjadi salah satu momen manis selalu diingat.

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, asupan makanan yang sehat dan bergizi selalu menjadi pilihan. Makanan yang sehat tentunya dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Sayuran merupakan salah satu pilihan untuk menemani waktu buka puasa.

Salah satu resep menu buka puasa yang cocok untuk buka puasa adalah resep dengan olahan gambas atau oyong. Sayuran gambas atau oyong ini memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah melancarkan peredarah darah. Sayuran satu ini cocok untuk menemani waktu berbuka puasa bersama keluarga.

Resep menu buka puasa sayuran yang termasuk dalam komoditas sayur minor ini tentu nya menarik untuk dicoba. Sayuran satu ini bisa dipadukan dengan ayam, tahu, ataupun sayuran lainnya. Selain menggugah selera saat waktu buka puasa tiba, makanan satu ini tentunya dapat mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 3 resep menu buka puasa dengan olahan gambas yang sehat dan nikmat, Selasa (19/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sayur Bening Oyong Tempe

Resep menu buka puasa dengan olahan oyong yang pertama adalah resep sayur bening oyong tempe. Perpaduan antara oyong dan tempe tentunya cocok untuk menu saat buka puasa. Menu satu ini cocok untuk menemani waktu buka puasa bersama keluarga.

Bahan:

1. 300 gram oyong

2. 100 gram tempe

3. 200 gram labu siam

4. 1 buah jagung manis

5. 2.000 ml air

6. 2 sendok makan garam

7. 2 lembar daun salam

8. 5 butir bawang merah

9. 1 sendok teh gula pasir

 

Cara Membuat:

1. Langkah pertama dalam tahap memasak yaitu, siapkan panci atau alat untuk memasak lainnya. Lalu masukan air dengan takaran seperti yang telah ditentukan.

2. Rebus air tersebut. Lalu masukan bawang merah, daun salam, dan jagung manis. Rebus air sampai mendidih dan bahan menjadi empuk serta tercium aroma harum.

3. Selanjutnya masukan oyong, tempe, labu siam. Aduk merata dan masak sampai setengah layu.

4. Tambahkan bumbu seperti garam dan gula pasir. Aduk merata sampai bumbu larut dan tercampur.

5. Masak kembali sampai semua bahan matang dan bumbu meresap. Jika telah matang anda bisa langsung mengangkat dan menyajikannya pada wadah atau mangkuk saji yang telah anda siapkan.

3 dari 4 halaman

2. Tumis Oyong Jamur dengan Bumbu Ebi dan Cabai Kering

Tumis oyong jamur dengan bumbu ebi dan cabai kering ini bisa menjadi pilihan menu buka puasa selanjutnya. Selain oyong yang menyimpan ragam manfaat untuk tubuh, jamur juga memiliki manfaat untuk menambah eneergi setelah seharian berpuasa.

Bahan:

1. 300 gram oyong

2. 100 gram jamur merang

3. Minyak goreng secukupnya

4. 150 ml air

5. 1/2 sendok makan ebi

6. 1 buah tomat merah

7. 1 batang daun bawang

8. 3 buah cabai kering

9. 3 siung bawang putih

10. 4 buah cabai rawit merah

11. 1 sendok makan kecap manis

12. Garam secukupnya

13. 1 sendok teh kecap asin

14. 5 butir bawang merah

15. 1/4 sendok teh merica bubuk

16. Gula pasir secukupnya

 

Cara Membuat:

1. Langkah pertama dalam tahap memasak yaitu, anda harus menyiapkan wajan. Lalu panaskan wajan dan masukan minyak goreng secukupnya. Tunggu sampai minyak goreng panas.

2. Apabila minyak goreng telah panas, masukan bawang putih dan bawang merah. Tumis sampai layu dan mengeluarkan aroma harum.

3. Selanjutnya, masukan cabai kering, cabai rawit, dan tomat. Aduk-aduk sampai semuanya layu.

4. Tambahkan oyong, ebi, dan jamur. Aduk merata.

5. Kemudian, masukan kecap manis, garam, kecap asin, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk merata sampai bumbu larut.

6. Tambahkan air yang telah anda siapkan. Masak sampai matang dan meresap.

7. Sebelum diangkat, tambahkan daun bawang. Aduk sampai merata. Lalu setelah itu angkat dan sajikan pada mangkuk atau piring saji yang telah disiapkan.

4 dari 4 halaman

3. Sup Oyong Bakso

Memadukan oyong dengan bakso tentunya dapat menggugah selera ketika waktu buka puasa telah tiba. Resep menu buka puasa satu ini bisa dipraktikkan untuk dihidangkan bersama keluarga. Selain cara membuatnya yang cukup mudah, resep menu buka puasa satu ini juga menyimpan ragam manfaat tubuh setelah seharian berpuasa.

Bahan:

1. 4 buah oyong ukuran sedang dipotong-potong

2. 50 gr soun rendam air panas hingga mekar, lalu tiriskan

3. 1 batang daun bawang potong 1 cm

4. 1 sdm bawang merah goreng untuk taburan

5. 700 ml air

6. 1 sendok makan minyak goreng

7. 2 butir bawang putih ukuran besar

8. ½ sdt merica bubuk

9. ½ sdm garam

 

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu hingga harum, masukkan air, masak hingga mendidih.

2. Setelah itu masukkan oyong, lalu masak hingga oyong matang, baru masukkan soun dan daun bawang, angkat, sajikan dengan ditaburi bawang goreng.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini