Wajib Dicoba, Ini Cara Bikin Lebaran Virtual Seru dan Meriah

Oleh Gilar Ramdhani pada 20 Mei 2020, 00:00 WIB
Diperbarui 20 Mei 2020, 00:00 WIB
Wajib Dicoba, Ini Cara Bikin Lebaran Virtual Seru dan Meriah

Liputan6.com, Jakarta Momen lebaran dan Hari Raya Idul Fitri tak bisa dipisahkan dengan kegiatan silaturahmi, kumpul bersama keluarga, kerabat maupun sahabat. Namun, karena diberlakukannya PSBB dan larangan untuk pulang kampung atau mudik, memaksa lebaran tahun ini harus dilakukan di kota tempat tinggal dan dengan cara yang berbeda.

Disiplin physical distancing dan menghindari kerumunan sudah menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi di tengah pandemi yang masih belum berakhir. Oleh karena itu, salah satu cara merayakan lebaran tahun ini adalah menggelar silaturahmi online atau virtual melalui video conference.

Supaya video conference menarik dan tidak boring, berikut ini ada beberapa tips dan panduan lebaran virtual yang perlu kamu lakukan.

1. Tentukan Jadwal

Pertama-tama sepakati dahulu waktu video conference dimulai. Hari dan jamnya harus jelas, agar tidak ada kerabat maupun keluarga yang melewatkannya. Sebaiknya informasikan jauh-jauh hari dan kirim pesan pengingat sehari sebelum hari H.

2. Tentukan Host/Admin

Setelah itu tentukan siapa yang menjadi host atau adminnya. Nantinya si host/admin yang memandu jalannya video conference dan lalu lintas percakapan secara online. Termasuk mengatur siapa yang giliran berbicara baik itu memberikan sambutan atau ucapan, dan mengatur siapa saja yang wajahnya muncul di layar.

3. Berbagi ucapan lebaran

Untuk mengisi susunan acara pada video conference pada hari H. Bersamaan dengan mengirim undangan, kamu bisa ajak kerabat dan keluarga lain untuk membuat ucapan lebaran yang nantinya akan dibacakan host/admin saat video conference. Hal ini untuk memberikan kesempatan setiap anggota keluarga menyampaikan sepatah dua kata terlebih dahulu. Meskipun ketika conference pada hari H mereka juga punya kesempatan berbicara langsung.

Untuk mempermudah komunikasi saat conference, setiap anggota keluarga perlu melengkapi gadgetnya dengan headset, mic maupun speaker.

4. Bikin kontes kostum atau makeup

Supaya suasana video conference lebaran seru, kamu bisa membuat kontes kostum atau make up yang paling meriah. Ini juga menjadi kesempatan untuk eksis dan narsis sambil menampilkan gaya lebaran yang paling oke. Namanya saja kontes jadi kamu juga harus menyiapkan hadiah menarik. Sedari awal kamu bisa sounding kepada kerabat dan keluarga yang bersedia menjadi sponsor hadiah. Percaya aja, pasti ada kok yang menyumbang untuk memberi hadiah.

5. Bikin kontes foto dan video

Selain kontes kostum, kamu juga bisa ajak keluarga untuk membuat foto dan video seputar perayaan lebaran yang nantinya akan diputar sewaktu video conference. Supaya semakin antusias, siapkan juga hadiah untuk mereka yang memiliki foto dan video yang paling menarik.

6. Bikin Giveaway

Giveaway ini bisa bermacam-macam jenisnya. Kamu bisa membuat kuis atau tebak-tebakan, yang paling cepat menjawab dan benar dia yang menjadi menang. Bisa juga kamu sebar THR dengan cara yang seru seperti menggunakan DANA Kaget di aplikasi DANA. Semudah kamu buka aplikasi DANA, pilih menu DANA Kaget, lalu tentukan nominal THR & jumlah pemenang dan share linknya ke group chat keluarga atau temanmu. Serunya lagi, DANA Kaget bisa atur berapa jumlah pemenang & uang yang bisa diapatkan, baik secara sama rata ataupun acak.

Dengan hadirnya sesi giveaway ini akan membuat anggota keluarga dan kerabat semakin aktif ketika lebaran virtual berlangsung.

Nah, itulah beberapa tips dan trik agar lebaran virtual melalui video conference bisa semakin seru dan meriah. Silaturahmi bisa tetap jalan, berbagi kebahagiaan dan keceriaan pun tetap bisa dilakukan. Supaya perayaan lebaran dan Hari Raya Idul Fitri semakin lengkap, kamu juga bisa mengajak keluarga, kerabat maupun teman-teman berbagi kebaikan dengan sesama. Bisa dimulai dari hal yang paling sederhana lho, salah satunya dengan berdonasi di Kitabisa lewat aplikasi DANA.

Saat ini, DANA memiliki program bertajuk "Ramadan di DANA, Nikmatnya Berbagi di Bulan Suci". Buat kamu yang sudah berdonasi di Kitabisa melalui aplikasi DANA, bisa mendapatkan kesempatan untuk beli voucher diskon seharga Rp50 saja, dengan syarat minimal donasi Rp10 ribu.

DANA nggak cuma mengajakmu untuk peduli dengan sesama, tapi juga memotivasi kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik melalui online activity bikin Janji #RamadanBarengDANA. Ada Samsung Galaxy S10+ lho yang bisa kamu menangkan jika ikutan bikin janji.  

Selengkapnya buka aplikasi DANA dan klik menu Ramadan di DANA. Informasi menarik lainnya seputar DANA kamu bisa kunjungi instagram @dana.id