8 Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil, Penuh Kandungan Nutrisi

Oleh Husnul Abdi pada 19 Mei 2020, 12:20 WIB
Diperbarui 19 Mei 2020, 12:20 WIB
jagung
Perbesar
ilustrasi jagung rebus/Photo by it's me neosiam from Pexels

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Berbagai kandungan nutrisi yang terkandung dalam jagung tersebut memberikan manfaat kesehatan bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Sebagai salah satu makanan sehat yang dapat dikonsumsi ibu hamil, jagung rebus juga memiliki rasa yang cukup enak. Jagung mengandung kalori, air, protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, omega-3, omega-6, folat, vitamin, dan mineral seperti zinc dan magnesium.

Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil memang sangat baik, namun tetap harus diperhatikan jumlah konsumsinya agar tidak berlebihan. Dalam mengonsumsi jagung rebus, pilihlah jagung yang masih segar, hindari jagung yang sudah disimpan di kulkas dan usahakan hindari penambahan pemanis buatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/5/2020) tentang manfaat jagung rebus untuk ibu hamil

2 dari 5 halaman

Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

Mencegah Gangguan Pencernaan

Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat mencegah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan merupakan salah satu masalah yang kerap kali dialami oleh kebanyakan ibu hamil, apalagi pada saat awal kehamilan.

Jagung mengandung cukup banyak serat yang penting untuk ibu hamil. Serat membuat makanan bisa bergerak dengan mulus di dalam saluran pencernaan. Hal ini membuat ibu hamil terhindar dari sembelit atau susah buang air besar.

Dengan mengonsumsi jagung rebus, usus ibu hamil akan bekerja lebih baik lagi dan mencegah gangguan pencernaan. Selain itu, makanan kaya serat biasanya juga kaya akan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin.

Sebagai Sumber Energi

Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil berikutnya dipengaruhi oleh kandungan karbohidrat di dalamnya. Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting untuk ibu hamil. Bahkan sekitar 50 persen kalori yang dibutuhkan oleh tubuh harus didapat dari makanan berkarbohidrat.

Jagung sering dijadikan makanan pengganti nasi karena kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Oleh karena itu, ibu hamil bisa mengonsumsi jagung rebus sebagai camilan sehari-hari agar tubuh tetap bertenaga.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Membantu Mencukupi Asupan Asam Folat

Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil berikutnya dipengaruhi oleh kandungan asam folat atau vitamin B9 yang melimpah. Hal ini karena saat hamil, asam folat merupakan salah satu jenis kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang janin.

Asam folat dibutuhkan oleh janin sebagai pembentukan sistem sel dan sistem saraf serta tulang belakang. Bayi yang dilahirkan karena kekurangan asam folat biasanya akan mengalami gangguan. Jadi, mengonsumsi jagung rebus sangat baik untuk ibu hamil untuk mencegah terjadinya gangguan ini.

Vitamin B9 atau asam folat juga berguna untuk mencegah anemia pada ibu hamil dan cacat tabung saraf janin.

Kaya Vitamin B

Selain asam folat atau vitamin B9, manfaat jagung rebus untuk ibu hamil juga menyediakan vitamin B kompleks lainnya. Jagung mengandung vitamin B3, B5, B6, dan B9.

Vitamin B3 berfungsi menjaga sistem saraf dan kulit sehat, vitamin B5 membantu memperoleh energi dari makanan, dan vitamin B6 dapat membantu mengatasi morning sickness dan menghasilkan sel darah merah.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil

ibu hamil
Perbesar
ibu hamil (iStock)

Menjaga Kesehatan Jantung Ibu dan Janin

Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung ibu dan janin. Jagung rebus mengandung vitamin C, karotenoid serta bioflavonoid yang berfungsi untuk mengontrol jumlah kolesterol di dalam darah ibu hamil.

Oleh karena itu, mengonsumsi jagung rebus secara teratur dan tepat akan mengurangi risiko penyakit jantung, sehingga jantung ibu hamil dan janin bisa tetap sehat.

Antioksidan

Kandungan antioksidan yang memengaruhi manfaat jagung rebus untuk ibu hamil tidak hanya dari vitamin C saja. Jumlah antioksidan dalam jagung memang dikenal cenderung lebih tinggi daripada biji-bijian lainnya.

Berikut beberapa macam antioksidan dalam jagung lainnya, salah satunya adalah lutein untuk melindungi mata dari kerusakan sel. Ada juga Zeaxanthin yang merupakan salah satu karotenoid paling umum ditemukan pada tumbuhan dan diduga dapat meningkatan kesehatan mata.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jagung Rebus untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil
Perbesar
Ibu Hamil / Sumber: iStockphoto

Kaya Protein

Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil juga dipengaruhi oleh kandungan proteinnya. Selama masa kehamilan, terutama trimester kedua dan ketiga, protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan.

Protein berfungsi sebagai batu bata yang menyusun sel-sel tubuh janin dan berperan penting dalam pertumbuhannya. Selain itu, protein juga dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil yang semakin membesar, untuk mengakomodasi kebutuhan janin yang sedang tumbuh dan berkembang.

Kandungan Kalium

Kalium merupakan salah satu kandungan yang berperan dalam manfaat jagung rebus untuk ibu hamil. Kalium berperan penting dalam membantu otot berkontraksi, menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam sel-sel tubuh yang membuat plasenta terjaga keamanannya, serta penghantaran sinyal saraf. Kalium juga berperan dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil memang sangat baik dikonsumsi. Namun, kamu tetap harus memperhatikan jumlah konsumsinya agar tidak terlalu banyak. Selain memperhatikan asupan nutrisi dari makanan, khususnya jagung, ibu hamil juga harus rajin memeriksakan diri ke dokter pada masa kehamilan agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

Lanjutkan Membaca ↓