6 Pemanis Alami Pengganti Gula untuk Membuat Kue Lebaran, Lebih Sehat

Oleh Husnul Abdi pada 19 Mei 2020, 11:50 WIB
Diperbarui 19 Mei 2020, 11:50 WIB
kue lebaran

Liputan6.com, Jakarta Pemanis alami pengganti gula untuk membuat kue lebaran tentunya baik untuk kesehatan. Apalagi asupan gula yang berlebih telah dikaitkan dengan banyak kasus penyakit serius, mulai dari obesitas, penyakit jantung, diabetes hingga kanker.

Bahkan kebanyakan orang bisa saja mengonsumsi gula secara berlebihan, namun tak menyadarinya. Jika dikonversikan, konsumsi gula yang dianjurkan hanya 6-10 sendok teh dalam sehari. Namun, rata-rata orang bisa mengonsumsi gula hingga 15-20 sendok teh.

Pemanis alami untuk membuat kue lebaran bisa menjaga tubuh lebih sehat. Segera ganti penggunaan gula karena dari segi nutrisi tidak mengandung protein, lemak esensial, vitamin atau mineral. Bahkan, konsumsi gula dapat menyebabkan peningkatan kalori, sehingga menambah berat badan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/5/2020) tentang pemanis alami pengganti gula untuk membuat kue lebaran.

2 dari 7 halaman

Madu

madu
ilustrasi madu/pexels

Pemanis alami pengganti gula untuk membuat kue lebaran yang pertama adalah madu. Mungkin hal ini sudah diketahui banyak orang, namun penggunaan madu untuk kue lebaran masih belum begitu banyak diterapkan.

Padahal madu mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah. Sebuah studi menyatakan bahwa makan madu selama delapan minggu secara signifikan dapat menurunkan kolesterol jahat, bahkan pada orang yang memiliki diabetes sekalipun.

Selain itu, madu juga baik untuk kesehata pencernaan. Pemanis alami pengganti gula ini memiliki sifat antibakteri alami terhadap beberapa kuman yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan. Beberapa kuman tersebut antara lain kuman penyebab sakit mag, ulkus lambung, diare, disentri, tifoid, radang usus serta kolera.

3 dari 7 halaman

Stevia

Stevia
Daun Stevia (dok. Pixabay/13082/Fairuz Fildzah)

Pemanis alami pengganti gula untuk membuat kue lebaran berikutnya adalah stevia. Merupakan pemanis alami yang diekstrak dari daun semak yang banyak tumbuh di Amerika Selatan, stevia mengandung nol kalori yang tentunya tidak menyebabkan penambahan berat badan.

Bahkan beberapa penelitian menyatakan bahwa stevia memberikan manfaat kesehatan. Kandungan stevioside di dalamnya bekerja menurunkan tekanan darah tinggi hingga 6-14 persen, bahkan menurunkan kadar gula dan insulin yang dapat membantu mencegah diabetes.

Stevia telah banyak dijual dalam bentuk bubuk maupun cairan. Kamu dapat menemukannya dijual di berbagai toko dan supermarket.

4 dari 7 halaman

Gula Kelapa

Gula Kelapa
Gula Kelapa (Sumber: Helathline)

Gula kelapa juga bisa dijadikan pemanis alami pengganti gula untuk membuat kue lebaran. Sebagai pemanis alami, gula kelapa cukup kaya akan nutrisi karena mengandung zat besi, seng, kalsium, kalium, serta antioksidan.

Meski memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari gula biasa, gula kelapa hanya memiliki sedikit serat dan kadar fruktosa di dalamnya cenderung masih tinggi. Jadi, penggunaan gula kelapa tetap harus dibatasi walaupun lebih sehat daripada gula biasa.

5 dari 7 halaman

Sirop Maple

Sirop maple
Sirop maple

Pemanis alami pengganti gula untuk membuat kue lebaran berikutnya adalah sirop maple. Cairan kental yang berasal dari pohon maple ini mengandung sejumlah antioksidan serta mineral yang baik, seperti kalsium, zat besi, seng dan mangan. Sama seperti gula kelapa, sirop ini mungkin masih lebih sehat dari gula biasa, tetapi harus dikonsumsi dalam jumlah sedang saja.

6 dari 7 halaman

Sirop Yacon

Dilansir dari Healthline, sirop yacon mengandung hingga 50 persen frukto oligosakarida yang merupakan jenis molekul gula khusus yang mengandung sepertiga kalori gula biasa, serta dapat mengurangi nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan.

Pemanis alami pengganti gula untuk membuat kue lebaran ini diekstrak dari tanaman yacon yang berasal dari Amerika Selatan, memiliki rasanya manis, warnanya gelap dan cukup kental.

Kandungan dalam sirop yacon juga bekerja memberi makan bakteri baik di usus, sehingga menurunkan risiko diabetes dan obesitas, serta meningkatkan fungsi otak.

Walaupun dianggap aman, konsumsi pemanis alami ini juga tidak boleh berlebihan. Mengonsumsi sirop yacon secara berlebihan dapat menyebabkan kelebihan gas, diare, atau masalah pencernaan lainnya.

7 dari 7 halaman

Molases

Molases
Molases (Sumber: Wikimedia Commons)

Molases merupakan cairan cokelat manis yang terbuat dari rebusan gula tebu dan memiliki konsistensi seperti sirop kental. Pemanis alami pengganti gula untuk membuat kue lebaran ini juga bisa menjadi solusi untukmu.

Dari segi kandungannya, molases memiliki kadar antioksidan lebih tinggi dibanding sirop maple dan madu. Kandungan kalium dan kalsium yang tinggi juga bermanfaat mendukung kesehatan tulang dan jantung.

Itulah beberapa pemanis alami pengganti gula untuk membuat kue lebaran yang bisa kamu gunakan. Penggunaan pemanis alami ini memang lebih sehat dan lebih bernutrisi daripada gula, namun kamu tetap harus berhati-hati dalam pemanfaatannya. Setidaknya, kamu sudah mengurangi dampak buruk dari penggunaan gula yang menyebabkan berbagai macam penyakit.

 

Lanjutkan Membaca ↓