Potret 5 Masjid Terunik di Dunia, Ada yang Berbentuk Jamur

Oleh Dyah Mulyaningtyas pada 29 Mei 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 14:00 WIB
Potret 5 Masjid Terunik di Dunia, Ada yang Berbentuk Jamur

Liputan6.com, Jakarta Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam yang ada di berbagai negara di dunia. Bangunan masjid sangat mudah ditemui khususnya di negara dengan penduduk mayoritas muslim. Seperti halnya di Indonesia, sangat banyak bangunan masjid yang tersebar di seluruh penjuru negeri. 

Masjid dibangun dengan berbagai arsitektur yang pada umumnya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Terdapat beberapa bentuk arsitektur masjid yang sangat mengagumkan. Salah satunya adalah Masjidil Haram yang ada di Makkah, Arab Saudi. Masjid ini merupakan lokasi berdirinya Ka'bah yang menjadi kiblat salat seluruh umat Muslim di dunia.

Tak hanya Masjidil Haram, ternyata ada begitu banyak masjid dengan arsitektur unik yang membuat banyak orang terkagum-kagum. Salah satunya ada yang bentuknya terlihat seperti jamur. Gaya arsitekturnya yang unik membuatnya tampak berbeda dari masjid yang lainnya.

Beberapa di antaranya bahkan terlihat sangat megah dan memiliki ciri khas yang memanjakan mata. Tak heran bangunan-bangunan masjid tersebut mengundang decak kagum siapa saja yang melihatnya. Penasaran seperti apa uniknya bangunan-bangunan masjid tersebut? Berikut potret 5 masjid terunik di dunia, dirangkum Liputan.6.com dari berbagai sumber, JUmat (29/5/2020).

2 dari 6 halaman

1. Masjid Jami Ul Alfar 'Red Mosque', Sri Lanka

Potret 5 Masjid Terunik di Dunia, Ada yang Berbentuk Jamur
Masjid Jami Ul Alfar (Sumber: Pixabay)

Masjid yang memiliki corak warna didominasi merah dan putih ini menjadi salah satu ikon di Sri Lanka. Warna merah adalah sebagai perlambang keberanian. Bentuk kubah masjid yang menyerupai buah delima tersebut menambah keunikan masjid Indi-Saracenic ini.

Memasuki bagian dalam masjid, arsitektur dan ornamen yang ditampilkan tidak terlalu mencolok seperti bagian luarnya. Hanya terlihat deretan lampu gantung dan kipas angin. Masjid Jami Ul Alfar mampu menampung hingga sekitar 5 ribu jamaah. Pada bulan Ramadan biasanya masjid ini didatangi lebih dari 3 ribu jamaah.

3 dari 6 halaman

2. Masjid Nasir Al Mulk, Iran

Potret 5 Masjid Terunik di Dunia, Ada yang Berbentuk Jamur
Masjid Nasir Al Mulk (Sumber: Bored Panda)

Masjid Nasir Al Mulk merupakan masjid terbesar kedua di Iran. Keindahan ornamen dan arsitektur bangunannya sering disebut sebagai spot foto yang super Instagramable. Masjid yang terletak di kota Ahiraz ini dibangun selama 12 tahun oleh Mohammad Hasan-eMemar dan Mohammad Reza Kashi-Saz-e-Siraz.

Masjid ini dilapisi ubin dengan berbagai macam motif bernuansa merah muda. Kehadiran kaca patri warna-warni yang ada di jendela menambah kesan elegan saat terkena pantulan sinar matahari. Saat berada di dalam masjid pengunjung atau jemaah akan terasa seperti berada di negeri dongeng.

4 dari 6 halaman

3. Masjid Raya Xi'an, Tiongkok

Potret 5 Masjid Terunik di Dunia, Ada yang Berbentuk Jamur
Masjid Raya Xi'an, Tiongkok (Sumber: Wikipedia)

Bangunan Masjid warisan Dinasti Tang ini masih terpelihara dengan sangat baik hingga saat ini. Sekilas bangunannya tidak tampak seperti Masjid pada umumnya. Arsitektur Masjid Raya Xi'an ini kental akan nuansa tradisional Tiongkok yakni kelenteng yang dilengkapi pagoda pada bagian menara masjid.

Ketika memasuki bagian dalam Masjid, terlihat ornamennya juga masih mempertahankan furnitur asli dinasti Tang seperti kursi, keramik dan berbagai barang lainnya. Meskipun kaya akan nilai sejarah dan terletak di dekat kawasan wisata, masjid ini hanya boleh dimasuki oleh muslim, bagi turis non-muslim dilarang untuk masuk ke dalam masjid Raya Xi'an.

5 dari 6 halaman

4. Masjid Nusrat Djahan, Denmark

Potret 5 Masjid Terunik di Dunia, Ada yang Berbentuk Jamur
Masjid Nusrat Djahan, Denmark (Sumber: Wikipedia)

Masjid pertama di Copenhagen, Denmark ini memiliki bentuk yang sangat unik, yakni sekilas menyerupai jamur. Pada dasarnya masjid ini memiliki bangunan berbentuk bulat, namun pada bagian atapnya dibuat melengkung menyerupai jamur. Pada bagian dinding diberi sentuhan etnik dengan batu bata yang diarsir sedemikian rupa.

Meski berbentuknya terlihat seperti jamur, namun sebenarnya bagian badan masjid memiliki bentuk kotak seperti masjid pada umumnya. Masjid yang kini sudah berusia lebih dari 50 tahun ini mampu menampung hingga 100 orang jemaah.

6 dari 6 halaman

5. Masjid Mashkhur Jusup Central, Kazakhstan

Potret 5 Masjid Terunik di Dunia, Ada yang Berbentuk Jamur
Masjid Mashkhur Jusup Central (Sumber: Wikipedia)

Masjid yang satu ini memang sangat berbeda dari masjid pada umumnya karena bangunan serta kubahnya hampir seperti kerucut, meski ujungnya berbentuk tumpul. Warna jingga yang indah menghiasi masjid tersebut dan membuat rumah ibadah umat Islam ini tampak eksotis.

Banyak umat muslim yang datang untuk salat di masjid Mashkhur Jusup Central. Para pengunjung juga tak menyia-nyiakan kesempatan untuk menjadikannya sebagai latar belakang berpose dalam sebuah foto.

Lanjutkan Membaca ↓