4 Fakta Unik Tentang Musik yang Jarang Diketahui, Punya Manfaat untuk Jantung

Oleh Selma Intania Hafidha pada 29 Mei 2020, 03:00 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 03:00 WIB
Ilustrasi musik gitar

Liputan6.com, Jakarta Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada dan keharmonisan. Alat-alat yang mendukung terbentuknya sebuah musik tentunya akan menghasilkan sebuah irama yang menarik dan enak untuk didengar.

Mendengarkan musik tentunya memberikan ketenangan tersendiri bagi seseorang. Tidak sedikit seseorang yang menjadikan musik sebagai pilihan untuk memberikan ketenangan bagi seseorang. Alunan musik dapat membuat seseorang sedikit lebih tenang ketika perasaan dan pemikiran sedang tidak satu frekuensi. 

Selain dapat menenangkan, rupanya musik memiliki fakta unik yang jarang diketahui seseorang. Musik yang dapat memberikan sedikit ketenangan, ternyata juga dapat memberikan manfaat untuk jantung. Rasa tenang yang dirasakan manusia tentunya membuat tubuh menjadi lebih baik.

Musik rupanya memiliki beberapa fakta unik  yang jarang diketahui seseorang. Musik pun dapat mendatangkan rasa bahagia bagi seseorang. Seperti dilansir dari Science Daily pada Jumat (29/5/2020) terdapat beberapa fakta unik musik yang jarang diketahui.

2 dari 5 halaman

1. Memiliki Manfaat Untuk Jantung

Melatih Kemampuan Otak
Ilustrasi Mendengarkan Musik Klasik Credit: pexels.com/Breakingpic

Hampir 700.000 orang selamat dari serangan jantung di AS setiap tahun, dan diperkirakan sekitar 1 dari 9 orang yang selamat dari serangan jantung mengalami episode nyeri dada dan kecemasan berikutnya dalam 48 jam pertama. Penelitian baru menunjukkan musik, dikombinasikan dengan terapi standar seperti obat-obatan, bisa menjadi langkah sederhana, dapat diakses yang dapat dilakukan pasien di rumah untuk berpotensi mengurangi gejala ini dan membantu mencegah kejadian jantung berikutnya.

Mitrovic mengatakan musik dapat bekerja dengan membantu menangkal aktivitas sistem saraf simpatik, bagian dari sistem saraf yang mendorong respons "lawan atau lari" ketika seseorang menghadapi situasi yang penuh tekanan. Karena meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, respons simpatik dapat menambah ketegangan pada sistem kardiovaskular.

3 dari 5 halaman

2. Kanada Negara dengan Festival Musik Jazz Terbanyak

kepribadian
ilustrasi gitar musik country/Photo by Hannah Busing on Unsplash

Fakta unik mata selanjutnya adalah Kanada merupakan negara dengan festival musik jazz terbanyak. Festival musik jazz di Negara ini adalah 40 kali dalam setahun. Ini merupakan jumlah paling banyak di seluruh dunia, meskipun Jazz bukan berasal dari negara Kanada.

4 dari 5 halaman

3. Jenis Alat Musik Tertua

Mendengarkan musik (iStock)
Ilustrasi mendengarkan musik (iStockphoto)

Flute merupakan jenis alat musik tertua di dunia. Hal tersebut merupakan fakta unik musik selanjutnya. Flute ditemukan di sebuah goa di Jerman. Selain itu, flute juga diperkirakan telah berusia lebih dari 35 ribu tahun.

5 dari 5 halaman

4. Memengaruhi Cara Seseorang Menghadapi Masalah

Earphone
Dengarkan musik pakai earphone saat tidur picu kerusakan otak. (Ilustrasi: TrioBest)

Fakta unik musik yang keempat yakni musik dapat memengaruhi cara seseorang menghadapi masalah. ketika seseorang menyukai musik bernuansa romantis, seperti pop, jazz, dan klasik, seseorang akan memandang dunia seperti layaknya pujangga. ketika seseorang menyukai musik rock dan metal, seseorang akan memandang dunia sebagai tempat yang kurang aman, dan banyak memberikan kritik terhadap seseorang.

Lanjutkan Membaca ↓