4 Fakta Unik Mata, Mampu Kirim Sinyal Tak Terduga ke Otak

Oleh Selma Intania Hafidha pada 29 Mei 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 13:00 WIB
4 Fakta Unik Mata, Mampu Mengirimkan Sinyal Tidak Terduga ke Otak

Liputan6.com, Jakarta Mata adalah alat indera manusia yang memiliki ragam fungsi unik dan menakjubkan. Setiap organ mata pada manusia memiliki peranan dan fungsinya masing-masing yang saling berkesinambugan. Sebagai alah satu dari lima indera, mata memang mempunyai fungsi yang vital bagi kehidupan seseorang. 

Alat indera manusia satu ini memiliki fakta unik yang jarang diketahui seseorang. Rupanya mata dapat mengirimkan sinyal tidak terduga ke otak. Seperti yang diketahui, mata dan otak bekerjasama untuk membantu manusia menganalisa apa yang dilihatnya.

Mengetahui tentang fakta unik alat indera manusia tentunya menarik. Hal tersebut dapat membuat seseorang lebih peka menjaga kesehatan matanya. Kesehatan mata harus senantiasa dijaga, karena mata melalui mata seseorang mampu melihat keindahan yang tidak bisa dilihat dengan alat indera lainnya. Suatu hal yang indah dapat memberikan ketenangan bagi pikiran manusia.

Selain dapat mengirimkan sinyal tidak terduga ke otak, mata memiliki fakta unik lainnya yang menarik untuk ditelusuri. Melalui mata, seseorang mempelajar tentang karakter seseorang. Tak sedikit seseorang yang mengatakan bahwa melalui mata, seseorang bisa mengetahui lawan bicarannya bohong atau tidak.

2 dari 5 halaman

1. Mata mampu mengirimkan sinyal tidak terduga ke otak.

[Bintang] Ilustrasi Mata
Cari tahu fakta tentang katarak, penyakit yang menyerang anak Asri Welas. (Sumber Foto: allaboutvision)

Penelitian baru, yang dipimpin oleh Northwestern University, telah menemukan bahwa subset neuron retina mengirimkan sinyal penghambatan ke otak. Sebelumnya, para peneliti percaya mata hanya mengirim sinyal rangsang. (Sederhananya: pensinyalan yang menggairahkan membuat neuron untuk menembak lebih banyak; pensinyalan penghambatan membuat neuron untuk menembak lebih sedikit.)

Para peneliti Northwestern juga menemukan bahwa subset neuron retina ini terlibat dalam perilaku bawah sadar, seperti sinkronisasi ritme sirkadian dengan siklus cahaya / gelap dan penyempitan pupil ke cahaya terang yang intens.

3 dari 5 halaman

2. Mata Bisa Menjadi Alat Komunikasi.

4 Fakta Unik Mata, Mampu Mengirimkan Sinyal Tidak Terduga ke Otak
Fakta Unik Mata. (Sumber: sciencedaily)

Fakta unik mata selanjutnya ialah mata bisa menjadi alat komunikasi. Mungkin komunikasi dengan mata tidak selalu dilakukan. Namun terkadang kamu bisa memberikan kode dengan mata untuk mengisyaratkan sebuah tindakan. Salah satu hal yang biasa dikatakan seseorang ialah bahwa melalui mata kita bisa mengetahui seseorang sedang berbohong atau tidak.

4 dari 5 halaman

3. Mata Bisa Mempelajari Berbagai Hal.

Ilustrasi mata (iStock)
Ilustrasi mata (iStock)

Mata adalah indera pertama yang akan merespons dan akan menerima informasi yang diberikan oleh seseorang atau sesuatu. Melalui mata kamu bisa mempelajar sifat orang dan mengetahui karakter seseorang.

5 dari 5 halaman

4. Keindahan

7 Cara Hilangkan Mata Panda dalam 7 Hari
Ilustrasi mata (iStockphoto)

Fakta unik mata selanjutnya adalah keindahan. Bisa dikatakan mata merupakan salah satu alat indera yang memiliki keindahan. Setiap orang tentunya memiliki corak mata yang beragam seperti biru, coklat, hitam, bahkan abu-abu.

Lanjutkan Membaca ↓