8 Jenis Sayuran Cepat Panen yang Mudah Ditanam di Rumah

Oleh Husnul Abdi pada 28 Mei 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 28 Mei 2020, 15:00 WIB
Jenis Sayuran Cepat Panen

Liputan6.com, Jakarta Jenis sayuran cepat panen yang mudah ditanam tentu sangat menarik dilakukan di rumah. Apalagi berbagai sayuran tersebut nantinya bisa digunakan untuk konsumsi harian setelah panen. Selain untuk mengisi waktu di rumah saja, menanam sayuran membuatmu tidak perlu repot-repot lagi ke pasar untuk membelinya. 

Sayuran merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan. Namun, mengolah sayuran jadi masakan setiap harinya kadang cukup merepotkan. Pasalnya, kamu harus bolak-balik ke pasar untuk mendapatkan sayuran yang segar.

Jenis sayuran cepat panen yang mudah ditanam di rumah bisa menjadi solusinya. Agar kamu tidak perlu repot-repot lagi mendapatkan sayuran organik ke pasar, kamu bisa menanamnya sendiri di rumah. Apalagi menanamnya pun tidak begitu sulit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/5/2020) tentang jenis sayuran cepat panen yang mudah ditanam

2 dari 5 halaman

Bayam dan Kangkung

sayur kangkung
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/jitthiluk

Bayam

Jenis sayuran cepat panen yang mudah ditanam pertama adalah bayam. Tanaman bayam memiliki waktu yang relatif singkat untuk tumbuh dan dapat dipanen, yaitu sekitar 1-1,5 bulan. Bayam sendiri dapat ditanam sepanjang tahun, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi, juga di areal kebun atau pekarangan rumah. Waktu penanaman yang baik adalah saat awal musim hujan atau awal musim kemarau.

Jenis sayuran ini bisa tumbuh optimal kalau terkena paparan cahaya matahari yang cukup dan tidak boleh lebih dari tujuh jam dalam sehari. Kamu juga harus memperhatikan cara menyiram tanaman bayam, yakni dua kali sehari pada masa kecambah, dan satu kali sehari sampai tumbuh dewasa.

Kangkung

Kangkung merupakan jenis sayuran cepat panen yang mudah ditanam berikutnya. Kangkung juga menjadi salah satu tanaman dengan usia panen yang cukup singkat, yaitu sekitar 30-40 hari. Kangkung sendiri tergolong pada jenis tumbuhan yang mudah tumbuh di berbagai musim.

Kamu hanya perlu menyebar bibit kangkung pada media tanam yang sudah digemburkan. Kemudian ikuti proses pemupukan, penyiraman, dan perawatan memberantas gulma. Selain itu, tanaman ini juga dapat hidup di lahan yang sempit dengan menggunakan sistem hidroponik.

3 dari 5 halaman

Bawang dan Selada

selada
ilustrasi selada/copyright Unsplash/Adolfo Félix

Bawang Merah dan Putih

Bawang merah dan putih ini termasuk jenis sayuran cepat panen yang mudah ditanam di rumah. Bahkan tidak perlu waktu lama, dalam hitungan hari kamu sudah bisa panen bawang putihmu. Caranya cukup sediakan sebuah pot kecil, lalu masukkan beberapa potong bagian bawah bawang putih yang masih berakar, dan siram dengan air secukupnya.

Hal yang perlu diwaspadai hanyalah musim dan juga harga jualnya. Pasalnya, jika kamu salah memilih musim dan juga waktu penanamannya, maka bawang dapat gagal tumbuh.

Selada

Jenis sayuran cepat panen yang mudah ditanam di rumah selanjutnya adalah selada. Masa panen yang umum pada tanaman selada hidroponik dan selada di lahan berkisar antara 2-3 bulan, dihitung setelah persemaian.

Cara menanamnya yakni siapkan bibit selada, media tanam serta pupuk. Usahakan gunakan pot tanaman yang sudah dilubangi bagian bawahnya agar selada tumbuh subur. Selanjutnya, lakukan penyiraman dua kali sehari.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat, terutama saat musim hujan atau cuaca yang dingin. Selada sendiri cocok ditanam bersamaan dengan wortel.

4 dari 5 halaman

Sawi Hijau dan Mentimun

sayur sawi hijau
ilustrasi sawi hijau/copyright By Nutria3000 (Shutterstock)

Sawi Hijau

Sawi hijau juga merupakan jenis sayuran cepat panen yang mudah ditanam. Umur panen sawi paling lama adalah 70 hari dan paling pendek 40 hari. Sebelum memanen, perlu dilihat terlebih dahulu fisik tanaman, seperti warna, bentuk, dan ukuran daun.

Kemampuan tumbuh dari tanaman ini cukup mudah, asalkan ketersediaan air terpenuhi. Sawi hijau juga tetap harus memperoleh sinar matahari yang cukup untuk tumbuh. Cukup siapkan bibit, media tanam dan pupuk, maka kamu bisa segera panen dalam kurun waktu yang telah disebutkan.

Mentimun

Jenis sayuran cepat panen yang mudah ditanam selanjutnya adalah mentimun. Mentimun tergolong tanaman sayuran buah berumur pendek. Sayuran ini mulai dapat dipanen pada umur 35 hari setelah penanaman.

Buah yang siap dipetik berwarna hijau pudar keputih-putihan. Panen ini dapat dilakukan dengan interval 2-3 hari hingga 15 kali panen.

5 dari 5 halaman

Lobak dan Buncis

Sayur Lobak
Sayur Lobak (sumber: iStockphoto)

Lobak

Jenis sayuran cepat panen yang mudah ditanam berikutnya adalah lobak. Usia panen lobak memiliki rentang waktu yang cukup luas, bergantung pada jenis yang ditanam. Namun, usia panen rata-rata dari lobak relatif cepat.

Beberapa jenis lobak dapat dipanen saat usia 3 minggu dan ada pula yang baru dapat dipanen setelah usia 60 hari seperti lobak putih. Penanaman lobak juga tidak memakan banyak tempat. Cukup sediakan polybag untuk pembibitan, setelah itu pindahkan ke tanah dengan sedikit jarak supaya pertumbuhannya subur dan optimal.

Buncis

Buncis juga secara teknis budidaya merupakan salah satu jenis sayuran cepat panen yang mudah ditanam. Bahkan buncis bisa berproduksi dengan baik pada hampir seluruh ketinggian. Buncis sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tipe tegak dan tipe merambat.

Untuk buncis tipe tegak, dapat dipanen saat usia sekitar 45 hari setelah tanam. Sedangkan untuk tipe merambat, dapat dipanen pada usia sekitar 60 hari setelah tanam.

Lanjutkan Membaca ↓