Sukses

Selain Opor, 6 Menu Olahan Ayam Ini Bisa Jadi Alternatif Saat Lebaran

Kamu bisa mengolah daging ayam menjadi berbagai menu alternatif lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Menyambut hari raya Idul Fitri 2020 hanya tinggal hitungan hari saja. Meski pada tahun ini momen lebaran terasa cukup berbeda, tak ada salahnya untuk tetap menyiapkan segala keperluan saat lebaran nanti. Mulai dari membuat aneka kue kering hingga menjajal resep baru untuk dinikmati bersama keluarga saat Idul Fitri tiba. 

Manu makanan yang cukup menjadi ikonik saat lebaran tiba ialah opor ayam. Namun, kamu juga bisa menyajikan berbagai variasi menu lainnya sebagai alternatif. Ayam memang sering disajikan saat hari raya tiba dan diolah menjadi opor. Tapi kamu juga bisa mengolah daging ayam menjadi menu alternatif pilihan lainnya agar tidak bosan.

Berbagai resep menu olahan ayam pun tersedia di berbagai paltform. Bahkan, jika kamu baru belajar memasak tentu saja menyajikan menu olahan ayam sederhana bisa menjadi pilihan.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (17/5/2020) berikut ini beberapa menu olahan ayam yang bisa jadi alternatif selain opor saat lebaran tiba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sate Ayam

Sate menjadi salah satu menu favorit banyak orang di Indonesia. Jika bosan dengan opor, kamu bisa menyantap sate sebagai menu alternatif saat lebaran tiba. Tentu saja, sate yang disajikan akan cocok menemani ketupat khas lebaran yang kamu miliki. Menu ini pun tergolong cukup praktis dan bisa dinikmati oleh seluruh keluarga.

3 dari 7 halaman

2. Rendang Ayam

Ingin membuat rendang tapi tak memiliki daging sapi? Tenang saja, kamu bisa menggantinya menjadi rendang ayam. Tentu saja, rasa rendang ayam yang disajikan sama seprti rendang sapi pada umumnya. Hanya saja, tekstur yang dimiliki tentu cukup berbeda. Menyantap rendang ayam saat Idul Fitri tiba juga nikmat karena memiliki cita rasa kaya akan rempah.

4 dari 7 halaman

3. Ayam Rica

Bagi pecinta pedas, kamu bisa mengolah persediaan yang dimiliki menjadi rica-rica. Bumbu rica-rica yang pedas dan kaya akan rasa ini cocok disajikan sebagai menu lebaran nanti. Pasalnya saat membuat rica-rica rasa pedas yang ada juga bisa disesuaikan dengan lidah keluarga.

5 dari 7 halaman

4. Ayam Kecap

Anak-anak tak suka makanan pedas serta bersantan? Maka kamu bisa membuat ayam kecap sebagai menu lebaran. Cara memasak yang sederhana namun dapat menggugah selera makan membuat ayam kecap cocok disajikan bersama ketupat ataupun nasi hangat serta sambal dan kerupuk.

6 dari 7 halaman

5. Soto Ayam

Soto merupakan salah satu hidangan yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Kamu juga bisa menyajikan soto ayam sebagai alternatif penggani opor saat lebaran tiba. Cita rasa akan rempat serta kuah hangat dari soto ayam pun mempu menggugah selera keluarga. Menu satu ini juga menjadi salah satu menu favorit yang sering dihidangkan pada acara- acara besar.

7 dari 7 halaman

6. Ayam Goreng

Tak memiliki waktu banyak untuk mengolah daging ayam yang ada? Kamu bisa membuatnya menjadi ayam goreng sederhana yang tetap nikmat disantap. Menu ayam goreng sendiri menjadi salah satu menu favorit bagi anak-anak hingga orang dewasa. Maka, menyajikan menu ini sebagai alternatif pengganti opor ayam pun tak ada salahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini