7 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang, Kenali Penyebabnya

Oleh Husnul Abdi pada 29 Mei 2020, 12:00 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 12:00 WIB
Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi rambut kering dan mengembang bisa dilakukan dengan mengenal penyebabnya terlebih dahulu. Perawatan yang tepat diperlukan untuk membuat rambut senantiasa sehat dan mudah diatur. Apalagi hal ini sangat memengaruhi penampilan, terutama untuk wanita. 

Rambut kering biasanya terjadi karena kulit kepala tidak dapat memproduksi minyak yang cukup untuk melembapkan rambut. Hal ini juga bisa terjadi karena rambut kehilangan kelembapannya akibat kerusakan kutikula atau lapisan pelindung rambut.

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang harus memperhatikan perawatan yang tepat. Menemukan sampo dan kondisioner yang tepat serta menggunakan bahan-bahan perawatan rambut yang alami, seperti minyak kelapa dan minyak zaitun bisa membuat rambut menjadi lebih lembap dan mudah diatur.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/5/2020) tentang cara mengatasi rambut kering dan mengembang

2 dari 5 halaman

Penyebab Rambut Kering dan Mengembang

Rambut Kering dan Mengembang
Rambut Kering dan Mengembang. (via: volosyki.ru)

Sebelum mengenali cara mengatasi rambut kering dan mengembang, kamu perlu mengetahui penyebabnya. Biasanya hal ini dapat disebabkan karena kamu terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan sampo berbahan kimia. Selain itu, kebiasaan mengeringkan rambut dengan blow, dan sering menggunakan pelurus rambut atau pengeriting rambut juga menyebabkan rambut kering dan mengembang.

Penyebab rambut kering dan mengembang juga dipengaruhi oleh rambut terpapar sinar matahari, angin, dan udara yang kering tanpa perlindungan yang cukup. Sering melakukan perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia, seperti pewarnaan, pengeritingan, atau pelurusan rambut secara permanen juga tidak baik, karena dapat membuat rambut kering dan mengembang.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Ilustrasi keramas
Ilustrasi keramas

Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Salah satu cara mengatasi rambut kering dan mengembang adalah dengan menghindari mencuci rambut terlalu sering. Kebiasaan mencuci rambut setiap hari pada orang-orang yang memiliki rambut kering dan mengembang malah membuat masalah tersebut semakin parah. Bahkan bisa merusak rambut.

Kamu sebaiknya mencuci rambut 1-2 kali dalam seminggu, atau mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.

Menggunakan Bahan Alami

Kamu juga bisa mengoleskan minyak dari bahan alami sebagai cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Salah satu minyak alami yang bisa mempertahankan kelembapan rambut, serta melembutkan dan memperkuat rambut hingga ke akarnya adalah minyak zaitun.

Selain minyak zaitun, kamu juga dapat memanfaatkan minyak kelapa sebagai cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Minyak kelapa diyakini dapat melembapkan rambut sekaligus melindunginya dari kerusakan.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Rambut Kering dan Mengembang
Rambut Kering dan Mengembang ©Shutterstock

Gunakan Sampo Berbahan Ringan

Cara mengatasi rambut kering dan mengembang memang terkait dengan perawatannya. Oleh karena itu, memilih sampo berbahan ringan wajib dilakukan. Gunakan sampo berbahan ringan yang dibuat khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang.

Hindari menggunakan sampo berbahan sulfat, dan pilihlah sampo yang hanya mengandung sedikit deterjen. Selain itu, hindari pula produk sampo yang mengandung alkohol, karena bisa membuat rambut menjadi semakin kering.

Gunakan Kondisioner

Selain pemilihan sampo, kamu juga perlu melengkapinya dengan menggunakan kondisioner setekah keramas. Menggunakan kondisioner setelah membersihkan rambut dengan sampo dapat membuat kultikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambut. Selain itu, kondisioner juga dapat membuat rambut menjadi lembap dan lebih sehat.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

Penggunaan Alat Styling Rambut
Penggunaan Alat Styling Rambut. (via: cantikalamiah.com)

Batasi Penggunaan Alat Styling Rambut

Cara mencegah rambut kering dan mengembang selanjutnya adalah membatasi penggunaan alat styling rambut. Penggunaan alat-alat seperti pengering rambut, catokan, dan pengeriting yang memberikan panas ke rambut dapat merusak rambut jika terlalu sering dipakai.

Menggunakan Topi saat Keluar Rumah

Menggunakan topi saat keluar rumah juga perlu dilakukan sebagai cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Hal ini untuk melindungi rambut dari panas dan paparan sinar matahari terlalu lama. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan penutup kepala saat mandi atau ketika berenang di kolam renang atau laut. Hal ini untuk melindungi rambut dari klorin dan air garam.

Mengonsumi Makanan Sehat

Perawatan rambut juga harus dilakukan dari dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat seperti ikan salmon sebagai salah satu cara mengatasi rambut kering dan mengembang. Konsumsi ikan salmon dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi sayur bayam untuk mengatasi rambut yang rapuh, dan jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut.

Jika masalah rambut kering dan mengembang tidak kunjung reda setelah melakukan berbagai cara di atas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Lanjutkan Membaca ↓