Cara Menanam Daun Pandan dalam Pot yang Mudah Diterapkan

Oleh Husnul Abdi pada 29 Mei 2020, 04:00 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 04:00 WIB
Cara Menanam Daun Pandan
Perbesar
Cara Menanam Daun Pandan (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Cara menanam daun pandan dalam pot cukup mudah dipraktikkan. Tanaman satu ini tentunya snagat berguna untuk kamu yang hobi memasak. Daun pandan biasa digunakan sebagai bumbu dan bahan tambahan pada masakan karena dapat membuat masakan lebih harum aromanya.  

Walaupun mudah, saat hendak menanam daun pandan tetap diperlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai cara menanamnya, sehingga daun pandan dapat tumbuh dengan subur. Tanaman pandan bisa ditanam di pekarangan dengan menggunakan pot atau di pekarangan rumah. Tanaman ini tidak membutuhkan tempat yang luas untuk tumbuh.

Cara menanam daun pandan di rumah bisa kamu ikuti dengan saksama. Tanaman pandan sebenarnya lebih cocok untuk hidup di dataran tinggi karena suhu yang cukup dingin dan kelembaban yang tinggi. Namun, kamu tetap bisa menanamnya di dataran rendah asalkan dirawat setiap hari, terutama pengairannya harus selalu diperhatikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/5/2020) tentang cara menanam daun pandan

2 dari 6 halaman

Menyiapkan Media Tanam

Tanah (sumber: Pixabay)
Perbesar
Tanah (sumber: Pixabay)

Cara menanam daun pandan yang pertama adalah dengan menyiapkan media tanamnya. Kamu harus mengolah tanah dengan dicangkul dan diberi campuran pupuk kandang dan kompos agar gembur.

Selanjutnya, buat lubang tanam dengan kedalaman 22-27 cm dan jarak antar tanaman sekitar 1 meter pada setiap lubang tanamnya. Beri pupuk kandang sekitar 2 kg. Setelah itu, media tanam sudah siap untuk diolah.

Tanah yang digunakan pada pot atau media lainnya sebaiknya hasil pencampuran dari sekam bakar, campuran kompos, dan tanah dengan perbandingan 1: 2: 1. Kemudian isi sepertiga dari pot dengan pecahan bata atau genting baru, setelah itu masukkan tanah.

3 dari 6 halaman

Menyiapkan Bibit

Daun Pandan
Perbesar
Daun Pandan

Setelah menyiapkan media tanam dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, cara menanam daun pandan berikutnya adalah menyiapkan bibit. Kamu bisa memperoleh bibit pandan dari tunas tunggal pandan lain yang sudah berakar gantung. Bila belum berakar gantung, pandan tidak akan tumbuh dengan baik.

Bibit pandan sebaiknya ditanam tegak lurus. Lalu timbun bibit tersebut dengan tanah atau media tanam yang sudah disiapkan. Kamu harus memadatkan tanah agar tanaman tidak mudah roboh setelah selesai ditanam.

Pada pot, anakan pandan dapat ditanam dan timbun lagi dengan tanah hingga hampir penuh. Lalu siram tanah sampai basah seluruhnya, kamu bisa memastikannya dengan melihat air yang mengalir dari lubang yang ada di bagian bawah atau samping pot.

4 dari 6 halaman

Penyiraman dan Pemupukan

Cara menanam daun pandan harus dilakukan dengan baik, terutama saat penyiraman bibit yang baru ditanam. Daun pandan yang kamu tanam tidak boleh kering dan layu selama masa pertumbuhan.

Jangan sampai terlupa untuk menyiram tanaman secara teratur pada pagi dan sore hari. Selama 1 minggu sebaiknya pandan yang baru ditanam harus terhindar dari matahari langsung, khususnya saat siang hari yang terik. Jadi, setelah selesai proses penanaman, letakkan pot di tempat teduh yang tidak terkena matahari secara langsung.

Cara menanam daun pandan berikutnya adalah proses pemupukan. Setelah penanaman pandan telah berlalu 3 bulan, kamu bisa memberi pupuk buatan dengan dosis sekitar 50 gram urea ZA dan 20 gram KCI. Pemupukan dilakukan setelah menyiangi rumput liar yang menghambat pertumbuhan tanaman.

Setelah berumur 1 tahun, kamu dapat memberi pupuk kandang dan pupuk buatan dengan dosis yang sama banyaknya dengan sebelumnya. Setelah itu, tidak perlu lagi melakukan pemupukan.

5 dari 6 halaman

Perawatan Tanaman

Daun Pandan
Perbesar
Daun Pandan | via: SEHAT Sukses

Cara menanam daun pandan berikutnya adalah perawatannya. Hal ini berkaitan dengan pengairan tanaman. Pada musim hujan, kamu harus mengurangi jumlah penyiraman. Jika pada musim kemarau kamu melakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari, saat musim hujan hanya perlu satu kali sehari, yaitu saat hujan sedang berhenti dalam waktu agak lama

Jika terlalu banyak air maka akar pandan akan mudah membusuk. Pemberian pupuk dalam masa perawatan sebaiknya dilakukan satu kali dalam satu bulan.

Selain itu, untuk mencegah daun pandan diserang oleh hama penggerek pucuk, kamu bisa mengatasinya dengan insektisida. Jika pucuk tanaman ada lubang kereknya sehingga ada kotoran ulat, segeralah obati dengan menyuntikan insektisida pada pucuk tersebut.

6 dari 6 halaman

Masa Panen

daun pandan
Perbesar
daun pandan/photo copyright by Nungning20 Shutterstock

Masa panen tentunya saat yang ditunggu-tunggu dalam cara menanan daun pandan ini. Panen dapat dilakukan pada tahun ketiga setelah penanaman pandan yang pertama kali. Setelahnya kamu sudah bisa melakukaan panen antara 1,5 hingga 2 bulan. Bahkan panen ini bisa dapat terus dilakukan selama 10 sampai 20 tahun.

Cara menanam daun pandan memang cukup mudah dilakukan, namun kamu harus sabar menunggu bertahun-tahun untuk bisa panen. Selain itu, daun pandan yang sudah dipanen harus segera digunakan untuk memasak sebelum daunnya menggulung. Dengan mengikuti cara menanam daun pandan di rumah, kamu bisa mendapatkan salah satu keperluan memasak ini dengan mudah.

Lanjutkan Membaca ↓