5 Penyebab Suara Hilang Tiba-tiba dan Cara Menanganinya

Oleh Husnul Abdi pada 29 Mei 2020, 01:00 WIB
Diperbarui 29 Mei 2020, 01:00 WIB
Suara Hilang Tiba-tiba

Liputan6.com, Jakarta Penyebab suara hilang biasanya dipengaruhi oleh masalah kesehatan dan kebiasaan hidup. Kebiasaan hidup mulai dari merokok, konsumsi makanan yang membuat asam lambung naik, hingga menggunakan suara yang berlebihan dapat menyebabkan suara hilang. 

Suara yang tiba-tiba hilang atau hanya dapat mengeluarkan bisikan pelan merupakan kondisi kesehatan yang cukup umum terjadi. Kondisi kesehatan ini disebabkan oleh gangguan pada getaran pita suara, seperti adanya peradangan dan pembengkakan. Saat pita suara melemah hingga tidak dapat digunakan sama sekali, suara pun jadi hilang.

Penyebab suara hilang tiba-tiba dan cara mengatasinya perlu dikenali. Meski bukan merupakan kondisi darurat, namun suara hilang tiba-tiba dapat terkait dengan kondisi lain yang lebih serius, terutama jika suara hilang berlangsung lebih dari sepuluh hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/5/2020) tentang penyebab suara hilang tiba-tiba

2 dari 7 halaman

Laringitis

Laringitis
Laringitis (KlikDokter)

Penyebab suara hilang tiba-tiba yang pertama adalah laringitis. Laringitis merupakan sebuah kondis saat pita suara meradang. Hal ini terjadi karena adanya infeksi jamur pada pita suara ataupun karena adanya bahak kimia yang mengiritasi tenggorokan dan pita suara.

Pada umumnya, laringitis terjadi pada orang yang sering menggunakan inhaler atau kortikosteroid untuk mengobati asma. Selain itu, laringitis ini juga bisa terjadi karena adanya masalah pada sistem imun kamu. Inilah yang mengakibatkan tubuh sulit untuk melawan serangan infeksi jamur yang membuat pita suara rusak dan membengkak.  

3 dari 7 halaman

Merokok

Ilustrasi asap rokok (iStock)
Ilustrasi asap rokok (iStock)

Penyebab suara hilang tiba-tiba berikutnya adalah kebiasaan merokok. Semua orang mungkin sudah tahu berbagai dampak buruk merokok bagi kesehatan. Namun, saat sudah kecanduan, kebiasaan merokok sulit sekali untuk dihentikan.

Salah satu masalah kesehatan yang bisa disebabkan karena kebiasaan merokok ini dapat memengaruhi pita suara dalam jangka waktu yang lama. Asap rokok yang kamu hirup akan masuk ke tenggorokan dan mengiritasi pita suara.

Selain itu, pita suara kamu juga berisiko ditumbuhi oleh benjolan bertangkai kecil non-kanker, yaitu polip. Polip yang tumbuh di pita suara inilah yang dapat menjadi salah satu penyebab suara hilang secara bertahap. 

4 dari 7 halaman

Pilek

Pilek
Pilek (KlikDokter)

Pilek mungkin menjadi salah satu penyebab suara hilang tiba-tiba yang paling umum. Jika kamu terkena pilek, pita suara terkadang akan mengalami peradangan. Padahal, pada saat berbicara, udara yang masuk melewati kotak suara di tenggorokan akan menyentuh pita suara sehingga bergetar dan menimbulkan bersuara.

Pita suara yang meradang karena pilek tersebut akan membengkak dan memengaruhi getaran kedua pita tersebut. Akibatnya, suara kamu menjadi serak bahkan bisa tidak ada sama sekali. 

5 dari 7 halaman

Berlebihan Menggunakan Suara

Berteriak
Berteriak (Sumber: Pixabay)

Penyebab suara hilang tiba-tiba berikutnya adalah berlebihan menggunakan suara. Menggunakan suara kamu hingga melampaui batas juga salah satu penyebab suara hilang tiba-tiba yang cukup sering terjadi.

Ketika kamu menggunakan kemampuan pita suara secara berlebihan, seperti berteriak untuk mendukung tim kesayangan yang bertanding, kedua pita suara tersebut akhirnya kelelahan dan terluka.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari kebiasaan-kebiasaan yang sering kamu lakukan seperti berbicara, menyanyi, atau batuk terlalu sering dan terlalu kencang, dan terus-menerus bicara setelah bernyanyi atau teriak-teriak.

6 dari 7 halaman

Penyakit GERD

Penyakit GERD
Penyakit GERD (Foto: www.drjeremybutts.com)

Penyakit GERD juga merupakan salah satu penyebab suara hilang tiba-tiba lainnya. Penyakit GERD sendiri merupakan sebuah kondisi ketika asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Selain menimbulkan rasa terbakar pada dada, GERD juga dapat menyebabkan suara hilang ketika akan berbicara. 

Kondisi ini disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat mengiritasi pangkal tenggorokan (laring). Jika laring terkena iritasi, pita suara kamu akan mengalami pembengkakan yang mengakibatkan suara serak hingga hilang secara tiba-tiba. 

7 dari 7 halaman

Cara Menangani Suara Hilang Tiba-tiba

Ilustrasi Minum Air Putih (iStockphoto)
Ilustrasi Minum Air Putih (iStockphoto)

Setelah mengetahui berbagai penyebab suara hilang tiba-tiba, kamu tentunya juga perlu mengenali cara mengobatinya. Jika suara hilang tiba-tiba masih ringan dan belum berlangsung lama, maka terdapat beberapa penanganan secara mandiri di rumah yang bisa kamu lakukan untuk meredakannya.

Berikut cara menangani suara hilang tiba-tiba:

- Minum banyak air putih, usahakan kira-kira dua liter sehari

- Mandi air hangat

- Tidak merokok

- Mengonsumsi permen pelega tenggorokan

- Mengistirahatkan pita suara selama beberapa hari dengan mengurangi bicara dan tidak berteriak

- Menghindari konsumsi minuman berkafein atau beralkohol

- Menjauhi faktor-faktor pemicu alergi

- Menggunakan alat pelembap udara untuk menjaga jalan napas tetap terbuka, sehingga mempermudah pernapasan

Itulah beberapa cara menangani suara hilang tiba-tiba yang bisa kamu lakukan secara mandiri. Jika upaya penanganan mandiri belum bisa mengatasi suara hilang tiba-tiba, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter terkait masalah ini.

Lanjutkan Membaca ↓