9 Tempat Wisata di Kendari Sulawesi Tenggara Paling Populer, Alamnya Indah Memesona

Oleh Husnul Abdi pada 16 Mei 2020, 14:30 WIB
Diperbarui 16 Mei 2020, 14:30 WIB
Labengki, Sulawesi Tenggara
Perbesar
Labengki, Sulawesi Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Kendari terdiri dari destinasi alam yang indah. Lokasinya yang berada di dekat laut menjadikannya memiliki berbagai wisata alam berupa pantai dan kepulauan yang sangat memesona. Kendari cocok dijadikan tujuan liburan menyenangkan dengan pemandangan alam menawan.

Kendari adalah Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara. Berlibur ke Kendari merupakan pilihan yang sangat tepat. Apalagi Kendari juga dekat dengan berbagai destinasi liburan terkenal lainnya, seperti Wakatobi. Tentunya tidak rugi bila kamu memilih Kendari sebagai destinasi liburan yang seru.

Tempat wisata di Kendari didominasi keindahan alam khas tepi laut. Berbagai pulau dan pantai di Kendari memiliki keindahan tersendiri yang unik. Namun, tidak hanya keindahan khas lautan saja yang bisa kamu kunjungi, wisata hutan dan perbukitannya juga tak kalah indah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (16/5/2020) tentang tempat wisata di Kendari

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Pulau

Pulau Bokori
Perbesar
Pulau Bokori (Frans Patadungan)

Pulau Labengki

Tempat wisata di Kendari yang pertama adalah Pulau Labengki. Keindahan Kepulauan Labengki ini bahkan disebut sebagai miniatur Raja Ampat. Kepulauan Labengki ini terdiri dari 5 pulau besar yaitu Labengki Besar, Labengki Kecil, Alnamira, Tukoh Kulay, dan Mauang.

Di berbagai pulau ini, kamu bisa menikmati keindahan pantai dari segala macam sudut. Airnya yang indah dan jernih berwarna hijau toska, membuat kamu betah berlama-lama menikmati keindahan alam ini. Menikmati keindahan alam sembari melakukan aktivitas memancing juga bisa menjadi pilihan mengisi liburan kamu.

Bahkan tidak hanya keindahan di atas air saja, keindahan bawah airnya juga sangat indah untuk dinikmati. Berbagai biota laut yang hidup disini masih terjaga kealamianya. Melakukan aktivitas diving dan snorkeling di Pulau Labengki ini tentu sangatlah menyenangkan.

Pulau Bokori

Masih seputar wisata kepulauan, salah satu tempat wisata di Kendari yang tak kalah indah adalah Pulau Bokori. Sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia, pulau ini memiliki keindahan tersendiri yang tentunya tidak akan mengecewakan. Terletak tidak jauh dari Kendari, kamu bisa menyewa perahu milik penduduk setempat untuk mengunjungi Pulau Bokori ini. Selain memiliki hamparan pasir putih yang cantik, di tempat wisata di Kendari ini kamu bisa melakukan diving, dengan spot pemandangan bawah laut yang sangat menawan.

Selain itu, pantainya yang tenang membuat kamu dan keluarga bisa bermain ombak dan pasir dengan aman. Untuk fasilitas sendiri kamu tidak perlu khawatir, Pulau Bokori bisa dibilang memiliki fasilitas yang cukup memadai dan lengkap, mulai dari tempat penginapan, tempat makan dan fasilitas lainnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Pantai

ilustrasi pantai
Perbesar
ilustrasi pantai (sumber: Nenad Radojčić/Unsplash)

Pantai Nambo

Pantai Nambo mungkin merupakan salah satu tempat wisata di Kendari yang paling digemari. Pantai ini punya hamparan pasir putih yang membentang lebih dari 300 meter, ombaknya tenang, dan airnya pun jernih.

Pantai nambo ini sangat cocok untuk mandi dan berenang di laut. Selain itu, kamu juga bisa bersantai menikmati pantai, bermain pasir, bermain air laut, voli pantai, atau hanya berlari-lari di sekitar pantai. Pada pagi maupun sore hari, pantai ini ideal untuk menikmati suasana sunrise maupun sunset.

Dari kejauhan, pengunjung tempat wisata Kendari ini bisa melihat pemukiman nelayan Suku Bajo. Lokasinya berada di Kelurahan Nambo, Kecamatan Abeli, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pantai Taipa

Selain Pantai nambo, ada juga Pantai Taipa sebagai salah satu tempat wisata di Kendari yang tak kalah indah. Pantai Taipa ini terkenal memiliki beraneka jenis mangga yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung.  

Karena landai, kamu bisa berenang dan sekadar bermain air di pantai ini. Di sini kamu juga bisa melihat kepiting yang berlari-larian di bibir pantai. Selain pasir putih dan pemandangan luas laut yang menawan, di sekitar pantai ini juga sering dijumpai aktivitas Burung Maleo.

Bahkan tempat wisata di Kendari ini juga memiliki tebing dan bukit yang bisa didaki oleh pengunjung yang mempunyai jiwa petualangan. Kamu juga bisa berisitirahat di gazebo dekat pohon kelapa yang berjejer.

Pantai Toronipa

Pantai Toronip yang merupakan tempat wisata di Kendari ini memiliki sekitar 4 km pantai berpasir putih yang membentang di seluruh teluk. Luasnya hamparan pasir lembut ini bisa menampung sejumlah besar pengunjung. Hal ini mungkin adalah alasan mengapa Toronipa menjadi salah satu Pantai favorit di Kendari.

Lokasinya di ujung timur teluk, membuat Toronipa menjadi tempat yang tepat untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Tempat wisata Kendari ini cocok untuk keluarga. Dengan hamparan pasir putih yang melebar luas, membangun istana pasir, bermain bola voli pantai, sepak bola pantai, dan aktivitas menyenangkan lainnya di pasir pasti akan menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Wisata Air Terjun dan Sungai

Air Terjun Moramo
Perbesar
Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara. | via: indonesia-tourism.com

Air Terjun Moramo

Memiliki ketinggian sekitar 100 meter, Air Terjun Moramo merupakan salah satu tempat wisata di Kendari yang tidak kalah menakjubkan. Air terjun yang meluncur deras pada batuan granit ini memiliki lebih dari 7 buah undakan besar dan 60 undakan kecil. Bahkan di sini juga ada beberapa kolam yang bisa dijadikan tempat untuk berendam.

Air terjun Moramo ini juga memilki keunikan lain, yaitu airnya mengandung sulfur dan alkali serta dinding-dinding batunya yang tidak licin karena lumut sulit tumbuh. Air terjun Moramo berhulu dari sungai Biskori yang berasal dari pegunungan Tambolosu.

Tempat wisata Kendari ini berada dalam wilayah Suaka Alam Tanjung Peropa, yang memiliki luas sekitar 38.937. Lokasi tepatnya berada di Desa Sumbersari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sungai Tamborasi

Sungai Tamborasi merupakan sungai yang berukuran sangat pendek. Sungai ini hanya memiliki panjang 20 meter dan lebar 15 meter. Sungai Tamborasi tercatat sebagai sungai yang terpendek di antara sungai-sungai lainnya. Namun, jangan salah dengan keindahannya yang memiliki air berwarna hijau tosca.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mangrove Bungkutoko dan Pemandian Air Panas Wawolesea

Ilustrasi Mangrove
Perbesar
Ilustrasi Mangrove (Foto: Ahmad Ibo/ Liputan6.com.)

Mangrove Bungkutoko

Kamu dapat menikmati keindahan dan kesejukan hutan bakau di Mangrove Bungkutoko ini. Cukup dengan melewati jembatan dengan berjalan kaki, kamu sudah berada di dalam hutan bakau yang hijau tanpa harus kotor. 

Tracking mangrove Bungkutoko memiliki panjang sekitar 500 meter dengan track yang memutar lengkap dengan pintu masuk.

Dalam kawasan ini ada berbagai fasilitas penunjang seperti gazebo, toilet, pos jaga dan menara pantau. Bahkan ada juga menara atau gardu pandang yang tentunya untuk kamu yang hobi foto dapat mengambil gambar dari puncak gardu pandang ini. Lokasinya berada di Bungkutoko, Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pemandian Air Panas Wawolesea

Pemandian Air Panas Wawolosea terletak di antara pegunungan kapur. Di tempat wisata Kendari ini ada ratusan mata air panas tak henti-hentinya mengeluarkan air panas dari perut bumi. Namun berbeda dengan wisata air panas lain, air panas Wawolesea ini rasanya asin.

Dari sumur air panas, air mengalir ke kolam-kolam yang terbentuk alami. Kamu juga bisa naik ke bukit dekat pemandian air panas ini untuk melihat pemandangan laut yang menakjubkan. Kamu dapat berendam air panas menurut kadar air panas yang tersebar di beberapa kolam.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya