Sukses

5 Alasan Wanita Suka Makeup Dianggap Lebih Sukses, Tingkatkan Percaya Diri

Ini alasan mengapa wanita bermakeup lebih sukses.

Liputan6.com, Jakarta Wanita memang tak bisa lepas dari makeup. Peralatan makeup dianggap menjadi salah satu barang yang penting dan wajib dimiliki. Menjadi suatu kebutuhan, tak heran jika makeup tak hanya digemari wanita dewasa tetapi para remaja.

Meski ada wanita yang sudah cantik dan segar tanpa makeup, namun sebagai wanita merias wajah adalah hal yang pasti hampir tak pernah terlewatkan. Alasan wanita selalu menyempatkan untuk bermakeup kebanyakan untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. 

Maka beberapa para ahli berpendapat jika wanita yang suka berdandan alias bermakeup dianggap bisa lebih sukses. Meski hanya menggunakan riasan tipis saja, wanita bisa meningkatkan rasa percaya dirinya di hadapan publik dan dianggap "lebih berani" untuk bertindak.

Berikut ini Liptuan6.com, rangkum 5 alasan wanita suka makeup dianggap lebih sukses yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/5/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kecantikan Mendongkrak Rasa Percaya Diri

Tampil cantik dengan proporsi dandanan seusia dengan kepribadian Anda, akan memberikan efek rasa lebih percaya diri. Dandan untuk menyenangkan pasangan itu nomor sekian, namun bila Anda merasa cantik dengan diri Anda sendiri, maka Anda bisa jadi lebih percaya diri dan bahagia.

Mungkin Anda melakukannya bukan untuk menarik perhatian orang lain, namun merias diri akan membuat Anda lebih mood menjalani hari. Akhirnya, Anda menjadi energi positif bagi orang-orang di sekitar Anda.

Dandan tak selalu tentang menor. Natural look itu tetap menggunakan make up. Tak ada salahnya memberikan penampilan cantik di luar dan di dalam. 

3 dari 6 halaman

2. Tampak Lebih Atraktif

Wanita yang tampil dengan makeup yang sesuai dengan konsep dan suasana, dianggap lebih atraktif oleh orang lain. Orang-orang biasanya lebih tertarik dengan wanita yang memiliki keterampilan komunikasi daripada yang tidak. Dan penampilan makeup bisa memberikan kesan tersebut. 

"Daya tarik fisik meningkatkan keterampilan sosial dan komunikasi, yang pada gilirannya meningkatkan estimasi pengusaha tentang produktivitas pekerja," tulis peneliti Mobius dan Rosenblat, dikutip dari Forbes. 

Ini memiliki dampak besar pada karier seseorang. Penelitian juga menunjukkan bahwa meningkatkan keterampilan sosial pada anak-anak adalah prediktor yang lebih baik ketimbang meningkatkan kemampuan intelektual mereka.

4 dari 6 halaman

3. Dianggap Lebih Kompeten dan Dapat Dipercaya

Ketika membandingkan wanita yang memakai riasan wajah dan wanita yang tanpa riasan, para partisipan dalam penelitian Harvard pada 2011 lalu, memandang wanita yang dipersiapkan dengan penampilan lebih menarik dianggap lebih kompeten, disukai dan dapat dipercaya.

"Ketika menyimpulkan kepercayaan, kesukaan, atau kompetensi dari suatu gambar, kita dipengaruhi secara signifikan tidak hanya oleh daya tarik fenotip yang diwariskan tetapi oleh efek dari‘ fenotipe yang diperluas, ’dalam hal ini, makeup," tulis makalah tersebut, dikutip dari Bussiness Insider.

5 dari 6 halaman

4. Dianggap Lebih Mampu Bernegosiasi

Seperti yang sudah dijelaskan, wanita bermakeup dianggap memiliki cara komunikasi yang baik dan rasa percaya diri. Hal itu juga menyambung bahwa wanita tersebut dianggap lebih bisa bernegosiasi dengan orang lain terutama pada pria. 

Para peneliti di School of Management Universitas Zhejiang di China memberi 21 peserta laki-laki 300 foto perempuan dan diminta untuk menjawab jika mereka akan menerima tawaran masing-masing untuk membagi sejumlah uang.

Hasilnya menunjukkan bahwa pria lebih cenderung lebih ingin bernegosiasi dengan wanita yang menarik.

6 dari 6 halaman

5. Dianggap Bisa Menghormati Acara Khusus

Saat menghadiri pesta atau acara resmi, sudah pasti tidak mungkin seorang wanita tampil dengan wajah polos. Sebagai bentuk rasa hormat kepada pemilik acara, wanita yang suka berdandan akan tampil dengan layak meski tidak harus bermake up super tebal.

Menggunakan makeup yang sesuai dengan kepribadian Anda supaya tidak merasa terbebani dengan make up itu sendiri. Tampil dengan riasan wajah yang sesuai, menurut para ahli dapat memberikan kesan hormat dan rasa sopan santun kepada orang banyak saat menghadiri sebuah acara. 

Hal ini penting karena wanita yang tampil dengan makeup kebanyakan akan mendapatkan banyak kesempatan di sebuah acara penting. Bahkan menyangkut soal pekerjaan dan karier. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.