Sukses

8 Cara Menghindari Makan Berlebihan Saat Lebaran, Kontrol Berat Badan

Cara menghindari makan berlebihan saat lebaran harus memperhatikan pola makan sehat

Liputan6.com, Jakarta Cara menghindari makan berlebihan saat lebaran harus dipahami setiap orang. Apalagi Setelah berpuasa selama satu bulan penuh, tentunya hidangan yang disajikan di hari Raya Idul Fitri sangatlah dinanti. Hidangan lebaran yang biasanya sangat lezat tentu menggugah selera setiap orang.

Namun pada saat berpuasa, kalori yang dikonsumsi berkurang sehingga metabolisme tubuh juga melambat. Apabila kemudian asupan makanan berlebih saat lebaran, kalori yang tidak terpakai akan diubah menjadi lemak tubuh. Akibatnya, berat badan akan meningkat.

Cara menghindari makan berlebihan saat lebaran harus memperhatikan pola makan sehat. Walaupun makanan yang disajikan saat lebaran begitu menggoda, kamu harus tetap mengontrol dan menahan diri dalam makan agar perlahan-lahan dan secukupnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/5/2020) tentang cara menghindari makan berlebihan saat lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghindari Makan Berlebihan saat Lebaran

Minum Air Putih Terlebih Dulu

Cara mmenghindari makan berlebihan saat lebaran yang pertama adalah dengan minum air putih terlebih dahulu. Minum air putih 2-3 gelas sebelum makan akan membuat kamu merasa kenyang sehingga porsi makanan yang masuk menjadi lebih sedikit.

Makan Perlahan-lahan

Makan secara perlahan-lahan menjadi salah satu cara menghindari makan berlebihan saat lebaran yang sangat penting. Sebuah penelitian menemukan bahwa untuk mencapai otak, sinyal kenyang (food satisfaction) membutuhkan waktu >12 menit pada orang yang kurus dan >20 menit pada orang yang kegemukan.

Makan dengan perlahan memastikan bahwa sinyal ini benar-benar mencapai otak sehingga kamu merasa kenyang. Jadi, agar berat badan kamu tetap terkontrol saat lebaran, kamu harus membiasakan diri untuk makan secara perlahan.

3 dari 5 halaman

Cara Menghindari Makan Berlebihan saat Lebaran

Kembali Menerapkan Jadwal Makan Tiga Kali Sehari

Saat puasa, kamu makan hanya waktu sahur dan ketika berbuka puasa. Saat lebaran sebaiknya kamu kembali dengan jadwal makan yang rutin tiga kali sehari, seperti makan pagi, siang, dan malam, serta sedikit camilan.

Memiliki jadwal makan yang rutin membantu mengendalikan nafsu makan, sehingga lambung sudah terbiasa dengan waktu-waktu makan tertentu. Hal ini menghindari munculnya lapar palsu yang bisa saja membuat kamu makan berlebihan.

Selain itu, usahakan kamu tidak banyak terdistraksi atau terburu-buru saat makan supaya lebih mudah mendapatkan kepuasan dan rasa cukup terhadap makanan yang dikonsumsi.

Nikmati Beberapa Suapan Pertama

Menikmati beberapa suapan pertama dapat dijadikan cara menghindari makan berlebihan saat lebaran. Setelah beberapa suap atau gigitan, indra pengecap akan mulai berkurang sensitifitasnya terhadap zat-zat kimia di dalam makanan yang membuatnya terasa enak.

Memuaskan lidah dengan menikmati beberapa gigitan atau suapan awal akan membuat kamu berhenti makan ketika kamu sudah merasa nyaman.

4 dari 5 halaman

Cara Menghindari Makan Berlebihan saat Lebaran

Gunakan Piring Kecil

Penggunaan piring juga merupakan salah satu faktor penting sebagai cara menghindari makan berlebihan saat lebaran. Piring yang kecil akan membuat kamu lebih memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi dan membantu kamu berhenti makan ketika sudah merasa nyaman.

Selain itu, porsi yang diambil juga akan menjadi lebih kecil. Hal ini tentunya akan membuat kamu lebih mudah dalam mengontrol berat badan saat lebaran.

Konsumsi Makanan yang Membuat Kenyang dalam Waktu Lama

Mengonsumsi makanan yang memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama juga sangat penting saat lebaran. Hindari makanan berkalori tinggi dengan volume yang kecil, seperti kue-kue serta olahan yang mengandung susu, keju dan cokelat.

Makanan yang tinggi serat, protein dan kandungan air akan membuat kamu kenyang dalam waktu lama dan tanpa kalori yang berlebihan.

5 dari 5 halaman

Cara Menghindari Makan Berlebihan saat Lebaran

Perhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Cara menghindari makan berlebihan saat lebaran selanjutnya adalah memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Untuk makanan yang berkuah seperti ketupat dengan opor, gulai atau rendang, makanlah daging dan ampasnya saja serta sebisa mungkin santap daging tanpa kulit atau lemaknya.

Selain itu, pilih makanan yang tidak digoreng melainkan dikukus, direbus, atau dipepes. Tambahkan juga menu yang mengandung sayur-sayuran, dan pilihlah buah potong daripada es buah yang mengandung banyak gula. 

Tidur yang Cukup

Selain memperhatikan pola makan, kamu juga perlu tidur yang cukup sebagai cara menghindari makan berlebihan saat lebaran. Saat lelah, kamu akan terpacu untuk makan lebih banyak dari biasanya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki hubungan langsung dengan peningkatan stres dan makan emosional pada wanita.

Jika kamu cukup beristirahat setiap harinya, maka kamu lebih bisa mengatur pola makan yang normal. Oleh karena itu, saat puasa pastikan kamu tidur dengan cukup, sehingga ketika lebaran datang kamu tidak kelelahan karena kurang tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.