Sukses

Viral Transaksi Jual Beli Tokek Seharga Rp 10 Miliar Secara Tunai

Media sosial dihebohkan dengan transaksi tokek Rp 10 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing dengan hewan reptil, tokek. Hewan yang banyak ditemukan di Asia Selatan dan Asia Tenggara ini begitu mudah ditemukan di tengah pemukiman warga. 

Meskipun banyak orang yang takut atau bergidik ngeri saat melihat tokek, nyatanya hewan ini masih diminati masyarakat Tanah Air. Hewan yang punya nama ilmiah Gekko ini dipercaya memiliki khasiat luar biasa besar. Tak heran jika tokek memiliki harga jual yang terkadang tidak masuk akal. 

Alasan utama yang membuat harga tokek melambung karena kepercayaan bahwa tokek bisa menjadi obat kanker dan HIV/AIDS. Harga tokek yang beredar pun bervariasi sesuai ukuran, mulai dari ratusan ribu, jutaan, sampai miliaran. Seperti yang baru-baru ini viral di media sosial.

Dari sebuah akun di Instagram @ndorobeii membagikan video singkat transaksi jual-beli tokek. Bukan hanya transaksi biasa, dalam video dikeatahui jika hewan tokek itu dijual dan dibayar tunai seharga Rp 10 miliar. Tak lama setelah diunggah, video ini pun viral dan banyak dikomentari netizen. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral Tokek Seharga Rp 10 Miliar

Dilansir dari akun Instargam @ndorobeii mengunggah sebuah rekaman video yang berisi transaksi jual-beli seekor tokek. Seekor tokek dihargai hingga Rp10 miliar dan dibayar dengan uang tunai. Daam video terdengar seseorang menyebut dan menjelaskan jika tokek tersebut milik Mamik dari Magelang, Jawa Tengah dan dijual kepada Hartomi.

Adapun tokek yang dimaksud memiliki ciri-ciri berwarna putih dan berukuran lebih besar dari ukuran normal yakni 45 sentimeter. Tokek tersebut terlihat menempel di lengan kiri pemiliknya. Di saat bersamaan, si pemilik berjabat tangan dengan pembeli, menandakan transaksi sudah deal. 

"Pada tanggal 9 Maret 2020, kami melakukan transaksi TR ukuran 45 sentimeter, punya bapak Mamik dari Magelang. Ini otoris sudah dibayar, bapak Hartomi. Dan uangnya udah kami bawa kurang lebih udah Rp10 miliar. Ini contoh yang kita bawa, masih ada lagi di belakang. Jadi bagi pemilik tokek atau kuasa barang dari owner, silakan bawa barangnya yang benar kalau mau ditransaksikan, ini bukti dana keseriusan dari kami," ucap suara si perekam, yang diunggah pada Selasa (12/5/2020).

View this post on Instagram

Tekek 10 M 😱😱😱

A post shared by ndorobeii (@ndorobeii) on

3 dari 3 halaman

Reaksi Netizen yang Tak Percaya

Video transaksi jual beli tokek seharga Rp 10 miliar itu pun sontak menjadi viral di media sosial. Tak hanya memperlihatkan kedua pihak yang setuju dalam transaksi tersebut, tampak pula tumpukan uang yang kabarnya senilai Rp 10 milyar sebagai bukti pembayaran tunai.

Mahalnya harga tokek tersebut menuai komentar dari netizen. Sebagian besar netizen tercengang tidak percaya dan menganggap video tersebut hanyalah settingan. 

"emg gk bisa di transfer ya?" tulis komentar @donirizky99.

"Nyimak, knp tekek bsa semahal itu. Ini d rumah aku ada gede bgt" imbuh @baityofbestari.

"Hari gini percaya settingan ky gt" timpal @edoseptian_

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini