5 Cara Hilangkan Bekas Lem Super di Kulit, Tak Bikin Iritasi

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 28 Mei 2020, 02:00 WIB
Diperbarui 28 Mei 2020, 02:00 WIB
Ilustrasi lem super

Liputan6.com, Jakarta Cara hilangkan bekas lem super di kulit bukanlah hal yang sulit. Lem super merupakan perekat yang sangat diandalkan untuk menyambungkan benda. Lem ini bisa merekatkan kembali permukan seperti plastik, porselen, atau kayu.

Bahan utama lem super adalah cyanoacrylate, resin akrilik yang bisa menyambungkan permukaan secara instan. Saat menggunakan lem super, ada kalanya lem ini bisa menempel di kulit, khususnya tangan. Lem yang menempel di kulit ini bisa sangat cepat mengering dan membuatnya sulit untuk dihilangkan. Tak jarang saat mencoba menghilangkannya, kulit bisa terkelupas dan iritasi.

Tak perlu bingung dengan cara hilangkan bekas lem super. Kamu masih bisa menggunakan cara hilangkan bekas lem super tanpa mengiritasi kulit. Cara hilangkan bekas lem super bisa menggunakan bantuan seperti sabun, aseton atau bahan lainnya.

Cara hilangkan bekas lem super ini cukup aman tanpa harus mengelupas kulit. Berikut 5 cara hilangkan bekas lem super, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/5/2020).

2 dari 7 halaman

Menggunakan air sabun hangat

Mudah Hancur dengan Menggunakan Sabun dan Air Mengalir
Ilustrasi sabun dan air Credit: pexels.com/burst

Mulailah dengan mencuci kulit yang terkena lem dengan air sabun yang hangat. Jika lem super belum sepenuhnya kering, merendam area yang terkena dalam air hangat dan bersabun dapat membantu.

Isi mangkuk atau baskom dengan air hangat dan sabun. Rendam area yang terkena selama 5 hingga 10 menit. Setelah lem lunak, gosok atau kupas dengan lembut dari kulit. Jika mengelupas kulit terasa sakit, jangan lanjutkan karena dapat merobek lapisan kulit. Tetap rendam sambil menggosok lembut kulit sampai lem bisa luruh.

Jika kulit menempel di benda lain atau jari yang menempel di jari lain, rendam terlebih dahulu dengan air sabun hangat. Kemudian menggunakan benda tumpul atau tangan, dengan lembut coba pisahkan benda dari kulit. Cobalah gerakan memutar atau mengupas, alih-alih mencabut kulit jika terasa sakit. Berhati-hatilah untuk tidak merusak permukaan kulit.

3 dari 7 halaman

Menggunakan aseton

Aseton
Ilustrasi aseton. (iStock)

Selain air sabun hangat, kamu juga bisa menggunakan penghapus cat kuku atau aseton. Sebagian besar penghapus cat kuku mengandung pelarut kuat yang disebut aseton, dapat melarutkan lem super. Untuk menggunakannya, pastikan untuk membilas atau membersihkan permukaan kulit yang terkena lem.

Tuang aseton ke dalam mangkuk dan rendam kulit sebentar. Tunggu sampai lem bisa larut dan dihilangkan dari kulit. Aseton bisa berpotensi toksik dan dapat mengeringkan serta mengiritasi kulit, sehingga sangat penting untuk membilas kulit setelah lem dihilangkan. Bila perlu, terapkan pelembap setelah menggunakan aseton.

Penting untuk diketahui, hindari menggunakan aseton jika kulitmu dalam kedaaan luka atau iritasi. Jangan pernah menggunakan aseton di dalam tubuh, seperti di mata, hidung atau mulut.

4 dari 7 halaman

Menggunakan minyak atau butter

ilustrasi obat memar dengan minyak esensial/shutterstock
ilustrasi minyak/shutterstock

Lem super di kulit juga bisa dihilangkan menggunakan minyak atau butter. Kamu bisa menggunakan minyak apa saja untuk menghilangkan lem super dari kulit. Minyak ini seperti minyak kayu putih, minyak kelapa, minyak sayur, atau minyak alpukat. Mentega atau butter juga bisa jadi alternatif jika tidak bisa menemukan minyak.

Cobalah merendam kulit dalam air hangat terlebih dahulu, kemudian oleskan minyak atau mentega ke lem super untuk melarutkan rekatan lem. Gosok dan pijat dengan lembut hingga lem bisa terangkat dari kulit.

5 dari 7 halaman

Menggunakan batu apung

Khasiat Batu Apung Bisa Bantu Putihkan Kulit?
batu apung

Batu apung bisa membantu menghilangkan bekas lem super di kulit yang sudah mengering. Batu ini biasanya digunakan untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit. Namun, sebaiknya hindari penggunaan kulit ini di daerah sensitif atau wajah, ya.

Untuk menghilangkan lem super dengan batu apung, rendam terlebih dahulu daerah tersebut dengan air sabun hangat, lalu celupkan batu ke dalam air hangat. Gosok batu apung pada area dengan gerakan memutar sampai lem super hilang. Tapi, jika melakukannya menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman, kamu bisa mencoba cara lain.

6 dari 7 halaman

Menggunakan air lemon

air lemon
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Joshua Resnick

Air lemon tak hanya mampu mencerahkan dan menyembuhkan jerawat. Air lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan lem super di kulit. Asam dalam air lemon dapat membantu menghilangkan lem super. Namun, hindari cara ini jika kulitmu sensitif atau sedang iritasi. Hindari pula penggunaan air lemon pada daerah sensitif seperti mata, hidung, atau mulut.

Tuang air lemon ke dalam mangkuk dan rendam kulit selama 5 hingga 10 menit. Kemudian gunakan sikat gigi lembut atau kapas untuk menggosok area yang terkena. Gosok kulit dengan waslap kering untuk melemaskan lem, lalu bilas dengan air bersih. Asam dalam lemon mungkin bisa mengeringkan kulit, jadi kamu bisa menggunakan pelembab untuk mencegahnya.

7 dari 7 halaman

Cara menggunakan lem super dengan aman

Mengira Istri Selingkuh, Suami Tega Lem Vagina Istri
Cara menggunakan lem super dengan aman

Lem super tidak panas, tetapi masih bisa membakar kulit. Cyanoacrylate, bahan kimia perekat dalam lem super, menciptakan reaksi ketika bersentuhan dengan kapas di pakaian. Reaksi ini bisa menyebabkan luka bakar pada kulit.

Saat menggunakan lem super, jauhkan dari pakaian katun, tisu, dan bahan lain yang dapat menyebabkan luka bakar. Untuk mengobati luka bakar, cuci area tersebut dengan air. Oleskan salep antibiotik dan balut dengan kasa steril.

Lem super juga berpotensi berbahaya jika masuk ke mata atau kelopak mata. Lem ini juga dapat merekatkan mulut jika terlalu dekat dengan bibir atau di dalam mulut. Sebaiknya hindari bagian wajah terlalu dekat saat menggunakan lem super.

Jenis lem super tertentu mudah terbakar, jadi jauhkan kulit dari kompor, oven, pengering rambut, dan permukaan panas. Mencoba melepaskan lem super dari kulit dapat menyebabkan kulit mengelupas atau pecah. Jika kulit rusak, jangan gunakan bahan kimia untuk menghilangkan lem super. Sebagai gantinya, kamu bisa menemui dokter.

Lanjutkan Membaca ↓