12 Wisata Pacitan Selain Pantai yang Paling Populer, Indah dan Memesona

Oleh Husnul Abdi pada 12 Mei 2020, 15:30 WIB
Diperbarui 12 Mei 2020, 15:30 WIB
Wisata Pacitan
Perbesar
Wisata Pacitan (sumber: pacitankab)

Liputan6.com, Jakarta Wisata Pacitan selain pantai terdiri dari keindahan alam yang beragam. Mulai dari wisata gua, sungai, air terjun, hutan, hingga perbukitan dapat menjadi alternatif destinasi yang tidak kalah indah dengan pantai. Bahkan, kepopuleran berbagai wisata ini ada juga yang melebihi wisata pantai Pacitan.

Pacitan memang daerah yang penuh dengan destinasi wisata menyenangkan. Bahkan nama Pacitan sebagai salah satu tujuan wisata telah harum hingga mancanegara. Hal ini tentu tidak lepas dari keindahan pantai dan alamnya yang unik.

Wisata Pacitan selain pantai memiliki keindahan yang tak kalah memesona. Destinasi wisata di Pacitan ini bisa dibilang sangat lengkap. Kamu tinggal memilih ingin menikmati keindahan alam yang mana. Menghirup udara pegunungan, menjelajahi gua, menyusuri sungai, atau bermain air di pantai dan air terjun bebas kamu pilih.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang wisata Pacitan selain pantai dari berbagai sumber, Selasa (12/5/2020).

2 dari 6 halaman

Wisata Gua

Goa Tabuhan
Perbesar
Goa Tabuhan (Sumber: pacitankab.go.id)

Gua Gong

Salah satu wisata Pacitan selain pantai yang paling terkenal adalah Gua Gong. Objek wisata Pacitan satu ini menawarkan pemandangan indah dari stalaktit dan stalagmit. Bahkan karena keindahan stalaktit dan stalakmit yang dimiliki membuat Gua Gong menjadi gua terindah se-Asia Tenggara.

Panorama stalaktit dan stalagmit yang keren tersebut bisa kamu temukan di dalam gua yang terletak di Desa Bomo, Kecamatan Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan. Kedalaman Gua Gong mencapai 256 meter dan dibutuhkan waktu 2 jam untuk menelesuri keseluruhan area gua.

Dari mulut gua, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah, dimana terdapat sebuah pagar kristal yang sangat indah, dibalut dengan pancaran lampu yang tidak kalah menarik. Di ujung gua, pengujung juga akan menemukan stalaktit yang sangat besar dan ketika dipukul akan mengeluarkan suara ‘gong’, seperti suara gong dalam gamelan.

Gua Tabuhan

Wisata Pacitan selain pantai selanjutnya adalah Gua Tabuhan. Gua Tabuhan adalah salah satu gua yang menjadi kebanggan Pacitan. Di gua ini tersimpan sejumlah stalaktit yang menghasilkan bunyi seperti gamelan lengkap.

Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan grup kesenian setempat memainkan musik dengan batu-batu di sana. Dari fenomena unik itu gua tersebut kemudian diberi nama Gua Tabuhan. Hingga saat ini, keunikan itu yang menjadi daya tarik tersendiri salah satu lokasi wisata favorit masyarakat Pacitan ini. Objek wisata Pacitan satu ini terletak di desa Wareng, kecamatan Punung, Pacitan.

Gua Luweng Ombo

Salah satu wisata Pacitan selain pantai yang tak kalah terpopuler adalah Gua Luweng Ombo. ‘Ombo’ dalam bahasa Jawa artinya adalah lebar. Nama ini disematkan karena gua ini memang cukup luas. Mulut guanya berdiameter 50 meter. Kedalaman gua ini mencapai 130 meter dari permukaan tanah.

Berdasarkan penelitian, Luweng Ombo dulunya merupakan gua horizontal yang atapnya runtuh karena erosi. Dengan menggunakan peralatan SRT (single rope technique), kamu bisa mencapai dasar gua dalam waktu setengah jam.

Di objek wisata Pacitan selain pantai ini kamu tidak hanya akan menemukan bebatuan seperti di gua lain, tetapi juga pepohonan setinggi 1,5 meter. Berdasarkan keunikan geologinya Luweng Ombo tercatat sebagai salah satu geosite dari Geopark Gunung sewu area Pacitan.

3 dari 6 halaman

Wisata Sungai

Sungai Maron
Perbesar
Sungai Maron (Sumber: pacitankab.go.id)

Sungai Maron

Keindahan sungai Maron tak perlu diragukan, di sini pengunjung akan disajikan dengan pemandangan yang menakjuban. Wisata Pacitan selain pantai yang satu ini juga sering disebut dengan Amazonnya Indonesia, karena memiliki panorama yang hampir mirip dengan sungai terpanjang kedua di dunia tersebut.

Sungai ini terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Selain memiliki panorama indah, sungai Maron juga dipenuhi dengan ikan kakap merah. Suasananya pun sangat tenang dan sejuk. Panorama pepohonan hijau di sisi sungai menawarkan sensasi seperti Sungai Amazon.

Untuk menyusuri sungai ini, kamu bisa menyewa perahu yang disediakan di area wisata ini. Saat menyusurinya, kamu akan terbius dengan panorama alamnya yang eksotis.

Sungai Cokel

Sungai Cokel terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, sekitar 25 km dari kota Pacitan. Sungai yang biru ditambah ratusan pohon kelapa di kanan kirinya membuat daya tarik tersendiri di sungai yang terletak persis di dekat Pantai Watukatung ini.

Ada dua cara untuk menikmati Sungai Cokel ini, yang pertama dengan berjalan dan menikmati keindahan sungai dan panorama alam khas Pacitan yang berbukit. Selain itu, kamu juga bisa dengan menikmati salah satu wisata Pacitan selain pantai ini di atas air dengan mendayung sebuah papan Stand-Up Paddle Board.

Kali Barong

Wisata Pacitan selain pantai berikutnya adalah Kali Barong. Di Kali Barong ini kamu bisa menyewaperahu, sepeda air dan banyak lagi lainnya untuk menikmati keindahan sungai. Perahu mancung yang bentuknya unik menjadi nilai tersendiri di Kali Barong ini. Lokasinya berada di Jalan Dadapan Watukarung, Candi, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ketika menyusuri sungai ke arah hulu, kamu akan menemukan sebuah air terjun yang cukup terkenal di Pacitan, yaitu Grojogan Dhuwur.

4 dari 6 halaman

Wisata Air Terjun

Ilustrasi air terjun  (sumber: Pixabay)
Perbesar
Ilustrasi air terjun (sumber: Pixabay)

Air Terjun Gringsing

Air Terjun Gringsing merupakan wisata alam yang terletak di Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Suasana di sini sangatlah asri, deburan air dipadu dengan indahnya alam yang hijau.

Lokasinya berada di kawasan pegunungan, membuat siapa saja yang datang pasti ingin berlama-lama karena masih sangat alami. Pada saat musim penghujan tiba, air yang mengalir di salah satu wisata Pacitan selain pantai ini akan semakin deras. Bebatuan besar dan kokoh yang berbentuk tidak beraturan, membuat air terjun ini seperti berundak dan terlihat makin menakjubkan.

Grojogan Dhuwur

Grojogan Dguwur berada di Dusun Barong Kiulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Kamu akan mendapatkan keindahan alam yang sangat memukau. Pemandangan berupa pepohonan hijau diantara gemercik air terjun yang berjatuhan serta terlihat kolam raksasa dengan warna natural biru yang jernih bisa menjadi obat kepenatan.

Kamu bisa berenang di grojogan yang memiliki tiga aliran yang menyegarkan ini. Wisata Pacitan selain pantai satu ini sangat bagus untuk menjadi destinasi liburan pelepas penat.

5 dari 6 halaman

Wisata Dataran Tinggi

Ilustrasi Dataran Tinggi
Perbesar
Ilustrasi Dataran Tinggi (iStockphoto)

Gunung Lanang

Jika kamu ingin menikmati pemandangan alam yang indah berupa panorama dari ketinggian, kamu bisa ke Gunung Lanang. Dari puncak gunung tertinggi kedua di Pacitan ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan mengesankan Pacitan dari sudut pandang yang sedikit berbeda.

Sensasi terbaik berada di Gunung Lanang adalah ketika bisa menyaksikan terbitnya fajar di pagi hari dan tenggelamnya matahari dari kejauhan. Kamu bisa menyaksikan kedua fenomena tersebut dari Gunung Lanang ini.

Lokasinya berada di Mantren, Kebonagung, Mantren, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kamu juga bisa menikmati alam Gunung Lanang dengan kegiatan berkemah. 

Bukit Semar

Bukit Semar di Pacitan menawarkan pemandangan alam yang tidak kalah memesona. Di sini, kamu bisa menyaksikan perbukitan nan hijau dan Laut Selatan di kejauhan sebagai latar belakang.

Pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk mengunjungi wisata Pacitan satu ini, karena kamu dapat menyaksikan indahnya sunrise sekaligus perbukitan yang diselimuti oleh kabut dan awan yang bergerak naik dengan lambat.

Berlokasi di Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, di Bukit Semar kamu juga bisa menyaksikan sunset yang sangat menawan.

6 dari 6 halaman

Wisata Pacitan Selain Pantai

Beiji Park
Perbesar
Beiji Park (Sumber: pacitankab.go.id)

Hutan Pinus Kita Gemaharjo

Hutan Pinus Gemaharjo memiliki panorama elok yang menarik untuk diabadikan. Hutan Pinus ini berada di daratan yang cukup tinggi, sehingga membuat kamu ingin berlama-lama disini.

Wisata Pacitan selain pantai ini berlokasi di Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Hawa sejuk, bebas polusi sangat terasa di wisata alam ini. Selain itu, terdapat banyak spot foto yang keren dan kekinian seperti hammock, gardu pandang yang berada diatas pohon dan masih banyak lagi.

Beiji Park

Wisata Pacitan selain pantai berikutnya adalah Beiji Park. Wisata alam yang dilengkapi spot foto instagramable ini menjadi favorit anak muda. Lokasinya beradi di jalur utama Pacitan-Solo, tepatnya di Jl. Raya Tompak Rinjing, Beji, Dadapan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Di sini, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas seperti panggung terbuka yang terletak di bagian bawah tebing, ada pula ayunan, sepeda gantung, hingga flying fox. Bahkan dari perbukitan Beiji Park ini, kamu juga bisa melihat pemandangan teluk Pacitan di sisi selatan. Pemandangan ini bisa kamu saksikan dari Gardu Pandang.

Lanjutkan Membaca ↓