Sukses

20 Wisata Gunung Kidul Wonosari Paling Populer, Alamnya Begitu Memesona

Wisata Gunung Kidul Wonosari memang terkenal dengan keindahan pantainya, namun pesona alamnya tidak hanya pantai saja.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Gunung Kidul Wonosari merupakan destinasi yang sangat populer. Menjadi alternatif utama saat liburan ke Yogyakarta, Gunung Kidul sudah sangat terkenal di Indonesia sebagai destinasi wisata yang menawatkan berbagai kekayaan alam. Bahkan keindahannya berhasil menarik perhatian wisatawan mancanegara. 

Gunung Kidul merupakan kabupaten di Yogyakarta yang menawarkan beragam wisata alam memesona. Surga tersembunyi di sisi selatan Yogyakarta ini menawarkan keindahan pantai-pantai, pegunungan, air terjun, gua, hingga taman bunga.

Wisata Gunung Kidul Wonosari memang terkenal dengan keindahan pantainya, namun pesona alamnya tidak hanya pantai saja. Topografi Gunung Kidul memang berada di kawasan pegunungan dengan batas samudera Hindia. Jajaran pantai pasir putihnya yang menawan semakin lengkap dengan pesona pegunungan purba yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/5/2020) tentang wisata Gunung Kidul Wonosari

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Gunung Kidul Wonosari Air Terjun

Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Air terjun ini menjadi surga yang tersembunyi di Gunung Kidul selain pantai. Untuk dapat mencapai air terjun ini pengunjung harus melalui jalan setapak di pematang sawah yang panjangnya kira-kira setengah kilometer, lalu dilanjutkan menuruni sebanyak 96 anak tangga.

Air Terjun Kedung Kandang

Wisata Gunung Kidul berupa air terjun satu ini memiliki keistimewaan karena karakternya yang berundak-undak. Air Terjun Kedung Kandang berada di Desa Wisata Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul. Lokasi wisata Gunung Kidul Wonosari ini berada dipematang sawah yang bertingkat. Air terjun ini bersusun atau bertingkat dengan susunan batuan vulkanik dan terjadi secara alamiah.

Air Terjun Pantai Jogan

Wisata Gunung Kidul Wonosari juga punya air terjun unik. Jika biasanya air terjun berada di pegunungan atau hutan, air terjun satu ini berada di pinggir pantai. Di Gunung Kidul, tepatnya di pantai Jogan kamu bisa menikmati lanskap pantai dan air terjun sekaligus. Di sini kamu dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini.

3 dari 7 halaman

Wisata Gunung Kidul Wonosari Kebun Bunga

Taman Bunga Nawari

Wisata Gunung Kidul Wonosari berupa taman bunga juga tidak kalah populer, salah satunya taman bunga matahari yang dikenal sebagai Taman Bunga Nawari. Taman bunga matahari ini cukup luas.

Kamu bisa bebas berfoto bersama deretan bunga matahari yang berjajar rapi. Datanglah pada pagi hari sebelum pukul 09.00 WIB, maka kamu akan disuguhi oleh pemandangan bunga matahari yang menghadap satu arah ke matahari. Pemandangan instagramable ini tentu sangat cocok untuk kamu yang hobi berfoto.

Kebun Bunga Amarilis

Selain bunga matahari, ada pula wisata Gunung Kidul Wonosari berupa Kebun Bunga Amarilis yang lebih dulu eksis. Dengan warna oranye menyala, Kebun Bunga Amarilis tentunya tidak kalah instagramable. Bunga Amarilis ini tidak selalu mekar.

Waktu yang disarankan untuk datang ke sini adalah antara bulan Juli hingga Oktober. Jika cuaca sedang mendukung, bunga amarilis bisa mekar hingga akhir tahun.

4 dari 7 halaman

Wisata Gunung Kidul Wonosari Gua

Gua Pindul

Wisata gua pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dulunya Gua Pindul dimanfaatkan warga sekitar untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci dan mandi. Kini Gua Pindul menjadi potensi wisata di Gunung Kidul yang makin hits. Di wisata Gunung Kidul Wonosari ini pengunjung bisa menyusuri gua Pindul dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah.

Gua Jomblang

Gua Jomblang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Gua Jomblang merupakan gua yang terkenal dengan sebutan “Cahaya Surgawi”. Di sini pengunjung bisa melakukan caving dan menemukan sebuah lorong alami yang menghubungkan antara Gua Jomblang dan juga Gua Grubug. Di wisata Gunung Kidul Wonosari ini terdapat stalagmit yang berwarna hijau kecoklatan dengan sinar matahari yang menembus kegelapan di dalam gua.

Gua Kalisuci

Gua Kalisuci cocok untuk kegiatan cave tubing. Wisata Gunung Kidul Wonosari ini berada di kawasan Karst Gunungsewu. Wisata alam seperti Kalisuci hanya ada tiga di dunia, yaitu di Meksiko, Selandia Baru, dan Indonesia. Di sini wisatawan bisa berpetualang menyusuri gua dengan keindahan ornamen stalaktit dan stalakmit yang alami.

Gua Gelatik Lorong Sewu

Gua Gelatik berada tak jauh dari Gua Pindul. Gua ini sangat eksotis dengan gugusan stalaktit dan stalakmit. Dulunya, gua ini digunakan sebagai tempat pertapaan. Gua ini merupakan goa yang rendah, sehingga ketika memasukinya pengunjung harus ekstra menundukkan kepala.

5 dari 7 halaman

Wisata Gunung Kidul Wonosari Pegunungan

Watu Giring

Watu Giring merupakan sekumpulan bebatuan alam yang diambil dengan dipotong-potong di suatu tempat oleh para penambang batu alam hingga akhirnya membentuk seperti anak tangga yang memberi kesan mirip sepeeti heritage megalitikum. Tempat wisata ini masih tergolong baru dan diperkenalkan oleh masyarakat Semanu, Gunung Kidul.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Salah satu wisata Gunung Kidul Wonosari yang sangat populer adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Di atas gunung api purba ini dapat melihat pesona matahari terbit dan juga matahari terbenam yang cantik. Apalagi di tempat tersebut juga terdapat danau yang sangat cantik.

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten merupakan telaga buatan yang dibangun di puncak tertinggi Bukit Batur Agung, Gunung Kidul. Tempat wisata ini masih tergolong baru. Wisata Gunung Kidul Wonosari ini juga merupakan sarana pengairan bagi agrowisata manggis dan kelengkeng yang berada di kawasan ini. Di sini pengunjung bisa bersantai, menyakiskan matahari terbenam, hingga berkemah.

6 dari 7 halaman

Wisata Gunung Kidul Wonosari Pantai

Pantai Sedahan

Kalau kamu pernah datang ke pantai Wediombo, nah pantai Sedahan ada di sebelah timur pantai tersebut. Tempat wisata pantai satu ini biasanya juga menjadi langganan untuk camping hingga aktivitas memancing. Namun untuk datang ke pantai ini kamu perlu berjuang dengan berjalan kaki, karena kendaraanmu harus parkir di Wediombo. Tapi nggak perlu khawatir karena rasa lelahmu bakal terbayar lunas dengan pemandangan pantai yang benar-benar memesona.

Pantai Ngetun

Pantai Ngetun berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Pantai Ngetun berbentuk mirip teluk mungil yang eksotis. Pantai ini tergolong pantai kecil yang masih sangat alami. Di dekat pantai ini terdapat tebing yang bisa dijelajahi. Dari tebing ini pengunjung bisa menyaksikan pantai Ngetun dari ketinggian dan pemandangan lepas pantai selatan yang memesona.

Pantai Kayu Arum

Pantai tersembunyi selanjutnya adalah Pantai Kayu Arum. Pantai ini belum terlalu populer di telinga wisatawan. Pantai ini berada tak jauh dari Pantai Baron, tepatnya di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih khas pantai Gunung Kidul. Pantai Kayu Arum cocok digunakan untuk berkemah dan menikmati suasana tenang dan alami.

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok berada di Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul. Ciri khas dari pantai Jungwok adalah adanya batu besar yang disebut Watu Kopi. Pantai ini masih terbilang sepi dibanding wisata Gunung Kidul Wonosari pantai lainnya. Pengunjung bisa bersantai dipantai ini bak memiliki pantai pribadi.

7 dari 7 halaman

Wisata Gunung Kidul Wonosari Pantai

Pantai Butuh

Pantai butuh berada di Krambilsawit, Saptosari, Gunung Kidul. Wisata Gunung Kidul Wonosari ini cukup mungil diapit oleh bukit karst dan pepohonan rumbun. Pantai ini cukup tersembunyi dan cocok jadi alternatif pantai di Gunung Kidul.

Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput terbilang masih sepi dari pengunjung, dan tentu saja cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan untuk melepas kepenatan. Pantai ini cukup eksotis dengan pasir putih berpadu dengan rumput nan hijau. Ada pula lubang yang menjadi daya tarik tempat ini ketika air surut, bahkan kamu bisa masuk ke dalamnya. Lokasinya ada di Ngrumput, Desa Ngestirejo, Tanjungsari.

Pantai Wohkudu

Tempat ini cukup sempurna jika kamu sangat suka camping di tengah bentangan alam Gunungkidul yang indah. Pantai Wohkudu diapit dua bukit yang membuat air cukup tenang. Namun tetap hati-hati jika kamu ingin berenang, karena ombak cukup keras. Lokasi pantai ini ada di Desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul.

Pantai Sanglen

Wisata Gunung Kidul Wonosari pantai satu ini juga masih tergolong cukup sepi. Lokasi pantai ini ada di sebelah barat pantai Watu Kodok, tepatnya di Desa Kemadang, Tanjungsari. Pantai Sanglen memiliki bentangan pasir pantai yang cukup panjang, ini cocok bagi kamu untuk bersantai menikmati keindahan pantai. Ada pula beberapa pohon cemara yang bisa menjadi tempat untuk kamu berteduh. Dan juga area pohon cemara ini biasanya dijadikan sebagai tempat tenda untuk camping. Selain itu, tempat ini juga bisa jadi spot foto kece yang kekinian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini