7 Tips Sebelum Membangun Rumah agar Lebih Hemat

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 21 Mei 2020, 05:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2020, 05:00 WIB
Inspirasi Renovasi Rumah Lawas Jadi Bergaya Modern Kece Badai dengan Biaya Minimalis

Liputan6.com, Jakarta Membangun rumah milik sendiri tentu menjadi hal yang diinginkan oleh semua orang. Namun, sebelum membangun rumah tersebut ada baiknya untuk menyimak mengenai tips sebelum membangun rumah ini.

Karena, dalam membangun rumah ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu mempersiapkannya matang-matang, mulai dari desain hingga pemilihan bahannya.

Tips sebelum membangun rumah ini tentu bermanfaat untuk menghindari Anda mengeluarkan biaya yang terlalu berlebihan. Selain itu, agar Anda tidak kecewa dengan hasil bangunan yang sudah jadi.

Dibawah ini ada beberapa tips sebelum membangun rumah yang bisa Anda ikuti seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/5/2020).

2 dari 8 halaman

1. Buat Perencanaan

Minat Beli Rumah Baru, Inilah Tips untuk Melihat Kualitas Bangunan
© Shutterstock

Tips sebelum membangun rumah yang pertama adalah dengan merencanakan pembangunan itu sendiri. Perencanaan ini meliputi hal-hal seperti masalah keuangan yang berhubungan dengan dana pembangunan. Lalu, target mengenai waktu dari pembangunan tersebut, ukuran dari bangunan juga salah satu yang harus direncanakan.

Banyak yang tidak merencanakan dengan matang, sehingga tidak memiliki panduan dalam proses pembangunannya. Tidak adanya panduan inilah yang akan membuat banyak hal menjadi tidak terkendali. Banyaknya hal yang tidak terkendali dapat menyebabkan penyimpangan-penyimpangan terutama dari segi dana.

Salah satu contohnya adalah mengenai mundurnya target waktu dari tiap proses pembangunan. Kemunduran waktu dari target tersebut akan berdampak pada bertambahnya biaya operasional dari tukang bangunan yang Anda gunakan. Oleh sebab itu rencanakan pembangunan rumah Anda dengan sebaik mungkin.

3 dari 8 halaman

2. Gunakan Jasa Arsitek

Syarat dan Ketentuan Dapat Jasa Arsitek Gratis
Mau bangun rumah tapi tak punya biaya untuk bayar arsitek? Simak ulasan berikut ini

Hingga sekarang, jasa arsitek mungkin masih menjadi hal yang kurang dianggap penting bagi pembangunan rumah tinggal terutama di daerah-daerah yang bukan merupakan kota besar. Padahal, memanfaatkan jasa arsitek ini justru akan membantu Anda untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam pembangunan rumah.

Setiap adanya kesalahan dalam proses pembangunan rumah akan menyebabkan kerugian mulai dari waktu hingga biaya. Tentu Anda tidak ingin itu semua terjadi, maka lebih baik mengeluarkan dana lebih namun dapat menjamin hasil yang lebih baik. Dibandingkan harus menelan kerugian karena kesalahan prosesnya.

4 dari 8 halaman

3. Desain Rumah yang Simpel

Arsitek: Rumah Tiga Lantai Tetap Tren di Perkotaan
Kondisi luas tanah yang terbatas di perkotaan tentu bukan menjadi soal untuk memiliki lahan hijau di rumah.

Tips sebelum membangun rumah ini sangat penting untuk diperhatikan, karena masih sering terlihat banyak rumah-rumah di Indonesia yang terlalu heboh dengan ornamen-ornamen yang sebenarnya tidak perlu dan kurang fungsional.

Maka dari itu, gaya bangunan seperti apa yang Anda inginkan baik itu memiliki desain arsitektur modern, kontemporer, kolonial, art deco, atau tradisional, tetap usahakan jika rumah tersebut berfungsi secara optimal di tiap sisinya agar tidak sia-sia pada akhirnya. Dan, rumah dengan gaya simpel sangat mudah dalam perawatannya.

Selain itu, dalam membangun rumah yang memiliki desain yang simpel, akan sangat menurunkanbiaya pembangunan. Karena pengerjaannya sudah pasti lebih mudah dan tukang bangunan Anda tidak perlu mengalami kesulitan yang berarti saat membangun rumah tersebut.

5 dari 8 halaman

4. Gunakan Bahan Bangunan yang Mudah Dirawat

arsitek
Sumber : instagram.com/alwisyahabb

Untuk menunjang bangunan yang memiliki desain simpel, maka Anda perlu untuk juga menggunakan bahan bangunan yang mudah dalam perawatannya.

Sebagai contoh dalam memilih genteng, saat ini sudah banyak genteng yang memiliki bahan dasar metal yang akan lebih baik digunakan jika dibandingkan dengan bahan tanah liat. Karena, dalam segi perawatannya genteng dengan bahan metal tidak perlu dilakukan terlalu sering, tentu tidak seperti genteng berbahan tanah liat yang harus diganti secara berkala.

6 dari 8 halaman

5. Riset Harga Bahan Bangunan

Melihat Teknologi Bahan Bangunan di Indobuildtech Expo 2019
Dekorasi kayu TEKA dipajang pada pameran Indobuildtech 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Banten (20/3). Pameran yang berlangsung hingga 24 Maret menghadirkan produk terobosan baru dalam pemasaran lantai kayu. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tips sebelum membangun rumah selanjutnya adalah dengan melakukan riset mengenai harga dari bahan bangunan yang akan digunakan. Hal ini agar Anda bisa mendapatkan harga bahan bangunan dengan harga yang paling murah. Mengingat setiap toko bangunan memiliki harga yang berbeda-beda.

Selain itu, dengan melakukan riset bahan bangunan ini akan membantu Anda dalam membuat rencana keuangan yang berkaitan dengan pembangunan rumah, salah satunya dalam rencana pendanaan pembangunan rumah.

7 dari 8 halaman

6. Pilih Material yang Bagus

Melihat Teknologi Bahan Bangunan di Indobuildtech Expo 2019
Operations Director Roca Indonesia Emilio Ferrer dan Managing Director Roca Indonesia Kelvin Tjiandra menunjukkan produk Roca pada acara Indo Build Tech Expo, di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (20/03). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Rumah mungkin dapat dikatakan merupakan bangunan yang memiliki berbagai kenangan. Rumah akan menjadi sebuah tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Karena itu, agar rumah tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya Anda memilih jenis bahan bangunan yang memang memiliki kualitas bagus.

Memang biasanya bahan berkualitas bagus akan memiliki harga yang lebih tinggi, namun membeli dan membangun rumah adalah investasi, jangan sampai gara-gara Anda menggunakan bahan yang murah justru bangunan cepat rusak. Dan inilah mengapa Anda membutuhkan riset untuk membeli bahan bangunan seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya.

8 dari 8 halaman

7. Bangun Rumah Secara Bertahap

Kolaborasi Apik Arsitek dan Desain Grafis
©shitaro.design

Hal ini merupakan cara yang bisa Anda gunakan apabila memang dari segi dana masih sangat terbatas. Akan lebih bijak jika Anda membangun rumah dengan cara bertahap. Karena kualitas dari bangunan tersebut justru akan lebih baik dibanding memaksakan untuk membangun rumah dengan biaya minim tapi langsung jadi seluruhnya.

Jika Anda memiliki tanah yang cukup luas, maka Anda bisa membangun setengah dari luas tanah yang Anda miliki. Lalu, jika telah memiliki dana tambahan, Anda bisa menyambung bangunan tersebut dan melanjutkan bangunan sebelumya. Tapi Anda sudah harus merencanakan ini bersama desainer bangunan Anda, agar tidak terjadi kesalahan tentunya.

Nah, itu tadi beberapa tips sebelum membangun rumah yang bisa Anda ikuti, tentu untuk menghindari keluarnya biaya yang tidak diperlukan.

Lanjutkan Membaca ↓