Sukses

10 Manfaat Tinju bagi Wanita, Baik Bagi Jantung

Tidak hanya bagi kaum pria, ternyata ada banyak manfaat tinju bagi wanita yang juga bisa didapatkan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tinju bagi wanita ternyata cukup banyak, mengingat olahraga ini umumnya digemari oleh para pria. Bahkan, beberapa manfaat tinju bagi wanita tidak hanya berguna bagi kesehatan fisik saja namun juga bagi kesehatan secara mental.

Lalu, manfaat tinju bagi wanita yang lainnya yaitu dapat menjadi salah satu bekal untuk membela diri. Karena, memang tinju mengajarkan berbagai gerakan yang perlu mengandalkan kelincahan dan kekuatan otot di berbagai bagian tubuh.

Selain terdapat manfaat tinju bagi wanita, olahraga ini bisa dilakukan dimana saja bahkan tanpa perlu menggunakan alat khusus. Dengan melakukan tinju secara rutin maka akan semakin cepat terasa tentunya manfaat tinju bagi wanita tersebut.

Jika dilihat sekilas, mungkin gerakan tinju terlihat sangat mudah bukan? Namun, ternyata gerakan tinju memiliki aturan dan teknik dasar yang harus dipatuhi. Tentu agar menghindari terjadinya cedera atau hal tidak diinginkan lainnya.

Apabila Anda cukup penasaran dengan manfaat tinju bagi wanita yang bisa didapatkan, maka Liputan6.com telah merangkum apa saja manfaat tinju bagi wanita tersebut, Rabu (27/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat tinju bagi wanita untuk kesehatan tubuh

1. Meningkatkan massa otot tubuh

Manfaat tinju bagi wanita yang pertama tentunya akan membuat badan Anda semakin sehat. Karena tinju merupakan jenis dari olahraga yang memiliki berbagai gerakan olahraga aerobik dan anaerobik. Manfaat dari olahraga aerobik biasanya seperti, dapat membakar lemak serta meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Serta manfaat olahraga anaerobik, yaitu dapat meningkatkan massa otot tubuh, kekuatan otot, metabolisme, serta dapat memperbaiki stamina Anda.

 

2. Baik bagi jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Angka kematian akibat penyakit jantung juga cukup tinggi. Itulah mengapa, pastikan Anda selalu berolahraga agar jantung selalu sehat dan kuat. Dengan melakukan olahraga tinju, maka Anda dipaksa untuk bernafas dengan usaha lebih. Hal tersebut dapat meningkatkan detak jantung Anda. Lalu, jantung akan memompa darah ke seluruh penjuru tubuh.

Dengan kondisi detak jantung yang meningkat, maka dapat memperkuat otot-otot pada jantung Anda dan dapat memperkecil kemungkinan Anda mengalami penyakit kardiovaskular hingga stroke.

3 dari 6 halaman

Manfaat tinju bagi wanita untuk menurunkan berat badan

3. Membakar banyak kalori

Olahraga tinju merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki intensitas tinggi. Sehingga tidak heran apabila dibutuhkan banyak kalori dalam melakukan olahraga ini. Dan dengan berlatih tinju selama satu jam, maka kalori yang dapat terbakar sebanyak 300-500 kalori, namun jumlah tersebut tergantung dengan berat badan serta seberapa intens latihan Anda.

 

4. Membakar lemak

Dengan banyaknya kalori yang terbakar karena melakukan olahraga tinju, maka manfaat tersebut akan berlanjut pada pembakaran lemak di tubuh Anda. Olahraga tinju yang rutin dilakukan, akan mampu mengurangi lemak visceral. Lemak tersebut biasanya terdapat pada area sekitar perut.

4 dari 6 halaman

Manfaat tinju bagi wanita untuk kesehatan mental

5. melepaskan stres

Biasanya, banyak yang berpikir jika dengan terus-menurus meninju samsak justru akan menjadikan seseorang menjadi lebih agresif. Padahal, tinju merupakan jenis olahraga yang memiliki sifat terapetic alias dapat menenangkan. Dengan melakukan olahraga tinju, tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, namun juga dapat membantu melepaskan stres yang dapat memengaruhi mental seseorang.

Olahraga tinju dapat membantu tubuh dalam menurunkan hormone yang dapat mengakibatkan stres seperti kortisol. Selain itu, tinju juga dapat meningkatkan zat endorfin yang merupakan zat yang dapat menimbulkan rasa senang.

 

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Pada saat melakukan olahraga tinju, ada pelepasan zat endorfin yang cukup besar pada tubuh Anda. Pelepasan zat tersebut terjadi saat Anda dengan rasa gembira meninju sebuah samsak atau saat berlatih bersama lawan sparing. Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya, zat tersebut akan memberi perasaan senang. Dan saat Anda merasa senang, biasanya tingkat kepercayaan diri Anda akan meningkat pula.

5 dari 6 halaman

Manfaat tinju bagi wanita terhadap otot tubuh

7. Mengencangkan otot tubuh

Olahraga tinju merupakan jenis olahraga yang melatih seluruh anggota tubuh dengan pengulangan yang memiliki intensitas tinggi. Hasil dari pengulangan tersebut dapat menghasilkan pengencangan pada otot tubuh. Dan apabila otot tubuh menjadi kencang, maka Anda secara tidak langsung mendapatkan bonus berupa bentuk badan yang indah dan terlihat atletis.

 

8. Membuat otot tubuh menjadi lebih kuat

Beberapa susunan dalam olahraga tinju perlu untuk melibatkan berbagai jenis gerakan dan teknik yang harus dilakukan berulang dan dengan intensitas tinggi. Gerakan-gerakan tersebut akan membutuhkan bantuan dari seluruh otot pada tubuh. Dengan melakukan gerakan yang diulang terus menerus, maka dapat menjadikan otot semakin terbiasa menerima tekanan dari beban sebuah gerakan. Dampaknya adalah meningkatnya kekuatan  otot untuk menahan sebuah tekanan atau beban yang lebih berat.

6 dari 6 halaman

Manfaat tinju bagi wanita untuk kehidupan sehari-hari

8. Meningkatkan kemampuan dalam membela diri

Tentu saja manfaat ini akan bisa didapatkan, mengingat tinju merupakan jenis bela diri yang sangat dasar. Selain itu, tinju juga memiliki gerakan dan teknik khusus yang dapat dijadikan bekal dalam ilmu bela diri. Dengan kata lain, dengan berbekal peningkatan kekuatan pada fisik serta mental, dan jika ditambah dengan bekal ilmu dari teknik yang ada pada tinju, maka dapat menjaga Anda dari kemungkinan bahaya saat sedang di tempat asing.

 

10. Bisa dilakukan dimana saja

Manfaat terakhir yaitu manfaat berupa kemudahan dalam melakukan olahraga ini. Tinju tidak membutuhkan alat berat atau alat olahraga khusus. Anda bisa melakukan shadow boxing atau tinju dengan objek imajinasi seakan-akan didepan Anda merupakan lawan bertarung. Anda tentu saja bisa melakukannya di dalam kamar, atau di tempat yang terbatas.

Nah, namun agar manfaat tinju bagi wanita dapat lebih maksimal dirasakan, jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan agar terhindar dari cedera otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.