8 Manfaat Kismis untuk Ibu Hamil, Perhatikan Jumlah Konsumsinya

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 11 Mei 2020, 12:15 WIB
Diperbarui 11 Mei 2020, 12:15 WIB
Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kismis untuk ibu hamil tidak hanya sebatas untuk memberi asupan kalori untuk tubuh saja. Namun, ada manfaat kismis untuk ibu hamil lainnya yang sangat menguntungkan jika dikonsumsi dengan rutin.

Kebutuhan ibu hamil akan asupan nutrisi sangatlah harus diperhatikan. Selain itu, asupan nutrisi tersebut juga tidak boleh sembarangan. Jika tidak memperhatikan asupan tersebut, justru akan berbahaya bagi ibu hamil.

Kismis sendiri merupakan jenis makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang sehat. Mungkin makanan ini terlihat sangat kecil. Namun, jangan nilai kandungan kismis hanya dari bentuknya. Karena dari bentuk yang kecil tersebut justru kismis memiliki sangat banyak kandungan nutrisi.

Lalu, apa saja manfaat kismis untuk ibu hamil yang bisa didapatkan? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai jenis manfaat kismis untuk ibu hamil yang tentunya sayang jika dilewatkan, Senin (11/5/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Kismis untuk Ibu Hamil

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

1. Melancarkan peredaran darah

Manfaat kismis untuk ibu hamil yang pertama yaitu untuk memperlancar aliran darah. Kismis memiliki kandungan zat besi yang cukup banyak. Kandungan zat besinya cukup melimpah. Selain itu kismis juga mengandung vitamin C yang akan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Kandungan zat besi pada kismis tersebut akan dapat membantu untuk memperlancar aliran darah di tubuh. Manfaat apabila peredaran darah lancar tentunya dapat membuat suplai darah dan oksigen ke tubuh serta janin semakin baik dan akan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

2. Mencegah anemia

Manfaat kismis untuk ibu hamil selanjutnya yaitu mampu untuk mencegah anemia. Anemia sangat berisiko dialami oleh ibu hamil dan dapat berdampak pada kandungan. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan zat besi sehingga sel darah merah tidak dapat mengikat oksigen dengan baik.

Sehingga sangat disarankan apabila ibu hamil mengonsumsi kismis. Namun, yang perlu diperhatikan adalah dari jumlah konsumsinya yang jangan terlalu berlebihan, karena kismis memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kismis untuk Ibu Hamil

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

3. Mencegah osteoporosis

Kismis memiliki kandungan kalsium yang ternyata sangat banyak. Kandungan kalsium ini sangat baik dalam membantu tubuh untuk mencegah osteoporosis. Kismis juga memiliki sangat banyak kandungan boron. Kandungan boron ini bekerjasama dengan vitamin D dan kalsium untuk membantu tubuh dalam menjaga tulang dan sendi pada ibu hamil agar tetap sehat dan terhindar dari osteoporosis.

4. Menyehatkan gigi

Salah satu gangguan kesehatan yang rentan dialami oleh ibu hamil yaitu jenis gangguan kesehatan berupa sakit gigi, gusi bengkak, serta peradangan pada gusi. Kismis memiliki kandungan oleanolat dan kalsium yang mampu mengatasi risiko gangguan kesehatan tersebut.

Selain itu, seperti yang telah di singgung sebelumnya, kismis memiliki kandungan kalsium yang sangat diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang dan ini juga berlaku dalam menjaga kesehatan gigi. Apabila gigi diberi asupan kalsium cukup maka akan membantu dalam memperkuat kondisi gigi tersebut dan menghindarkan dari kerusakan.

Sedangkan kandungan asam oleanolat pada kismis dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri pada gigi dan gusi. Bakteri ini ini dikenal dengan jenis s. mutan dan p. gingivalis yang tentu saja menjadi penyebab dari gigi berlubang. 

4 dari 5 halaman

Manfaat Kismis untuk Ibu Hamil

Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

5. Mencegah kerusakan DNA

Kismis memiliki kandungan zat antioksidan alami seperti phenol dan polyphenol yang dapat membantu tubuh dalam membuang radikal bebas dari tubuh yang menjadi penyebab kerusakan sel serta DNA. Selain itu, kandungan dari kismis ini sangat baik dalam menjaga agar terhindar dari risiko terkena penyakit jantung serta stroke.

6. Menyehatkan mata janin

Manfaat kismis untuk ibu hamil selanjutnya yaitu dapat menyehatkan mata janin. Dengan rutin mengonsumsi kismis, maka janin yang sedang dikandung oleh ibu hamil juga akan mendapat keuntungan dari segi kesehatan. Hal ini karena kismis memiliki sangat banyak kandungan vitamin A. Kandungan dari vitamin ini sangat penting untuk membantu dalam perkembangan dari mata janin.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kismis untuk Ibu Hamil

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

7. Memberi tambahan energi

Kismis memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Kandungan gula pada kismis berguna untuk memberikan tambahan energi bagi tubuh. Namun, tentu saja dalam mengonsumsinya jangan berlebihan. Karena apabila terlalu berlebihan justru akan membuat tubuh Anda menjadi berisiko obesitas selama kehamilan.

8. Mencegah sembelit

Salah satu manfaat kismis untuk ibu hamil yaitu mampu untuk mengatasi gangguan sembelit. Gangguan kesehatan ini biasanya memang sering terjadi pada ibu hamil. Gangguan kesehatan ini membuat ibu hamil sulit untuk buang air besar.

Seiring dengan membesarnya rahim, organ serta saluran pencernaan di dalam rongga perut akan semakin terimpit, dan hal inilah yang menyebabkan ibu hamil sulit untuk buang air besar. Kandungan serat pada kismis akan membantu ibu hamil untuk melunakkan feses sehingga lebih cepat keluar dari dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat kismis untuk ibu hamil yang bisa didapatkan dari mengonsumsi kismis. Namun, tetap konsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan ya.

Lanjutkan Membaca ↓