7 Jenis Makanan yang Membuat Rambut Sehat Secara Alami

Oleh Laudia Tysara pada 21 Mei 2020, 01:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2020, 01:00 WIB
Manfaat Strawberry

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut yang sehat memang idaman semua orang. Termasuk tidak mudah rontok, tidak bercabang, dan tidak beruban. Nah, impian ini akan didapatkan dengan mengonsumsi jenis makanan yang membuat rambut sehat.

Hal ini disebabkan karena menggunakan produk perawatan rambut saja tidak cukup. Termasuk masih banyak sekali yang mengeluhkan, bahwa penggunaan shampo tidak membuat masalah rambut dapat teratasi dengan baik. Tetapi agar lebih optimal, perawatan rambut harus dibarengi dengan konsumsi jenis makanan yang membuat rambut sehat.

Masalah rambut seperti rontok, tipis, bercabang, dan beruban memang erat kaitannya dengan nutrisi dan gizi yang belum tercukupi dengan baik. Jadi, solusi yang bisa dilakukan yakni dengan mengonsumsi jenis makanan yang membuat rambut sehat.

Berikut Liputan6.com ulasan jenis makanan yang membuat rambut sehat secara alami, Kamis (21/5/2020).

2 dari 7 halaman

Telur

Mana Lebih Sehat, Kuning Telur Berwarna Pucat atau Oranye (PIMPAN/Shutterstock)
Telur. (PIMPAN/Shutterstock)

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang membuat rambut sehat dan tebal secara alami. Hal ini disebabkan karena kandungan protein, biotin, zinc, selenium, dan nutrisi rambut lain yang penting untuk kesehatan rambut. Perlu diketahui bahwa sebagian besar folikel rambut mengandung protein. Hal ini pula yang menyebabkan rambut akan rapuh dan rontok jika kekurangan protein.

Sementara itu, biotin juga termasuk salah satu zat esensial yang berfungsi memproduksi keratin. Salah satu jenis protein rambut yang akan membuat rambut tumbuh lebih lebat dan sehat. Menurut sebuah penelitian, dengan mengonsumsi lebih banyak biotin ternyata dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut lebih optimal.

3 dari 7 halaman

Strawberry

Strawberry
Strawberry/unsplash

Buah strawberry termasuk jenis makanan yang membuat rambut sehat dan tidak mudah rontok. Hal ini disebabkan karena buah ini kaya akan antioksidan dan vitamin. Antioksidan ini sangat berguna untuk membantu menjaga folikel rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain itu, kandungan vitamin C pada buah strawberry juga dapat membantu tubuh memproduksi kolagen. Dan kolagen inilah yang nantinya dapat membantu menguatkan rambut hingga terhindar dari kerontokan.

Porsi konsumsinya yakni siapkan satu cangkir strawberry yang setara dengan 144 gram strawberry. Jumlah ini dapat membantu memenuhi 141 persen kebutuhan vitamin C harian, hingga rambut tipis dan mudah rontok dapat terhindarkan.

4 dari 7 halaman

Bayam

Ilustrasi Bayam (iStock)
Bayam. (iStock)

Sayur bayam juga termasuk salah satu jenis makanan yang membuat rambut sehat dan tebal. Hal ini disebabkan karena kandungan folat, zat besi, vitamin A, dan vitamin C di dalam bayam. Kandungan vitamin A pada bayam dapat membantu kelenjar kulit memproduksi sebum atau minyak alami kulit lebih optimal.

Zat berminyak inilah yang nantinya akan membantu melumasi folikel rambut dan kulit kepala. Sehingga selain dapat membuat rambut menjadi lebih tebal, kuat, sehat juga akan membuat rambut nampak berkilau. Selain itu terdapat kandungan zat besi yang dapat membantu mengirimkan oksigen menuju sel-sel rambut. Satu cangkir bayam yang setara dengan 30 gram bayam, ternyata juga dapat memenuhi 54 persen kebutuhan vitamin A harian tubuh manusia.

5 dari 7 halaman

Ikan Berlemak

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan organ dalam manusia.
Ikan Salmon (Sumber manusmenu.com via Brilio.net)

Ikan berlemak juga termasuk jenis makanan yang membuat rambut sehat. Ikan berlemak ini terdiri dari ikan salmon dan ikan tuna. Hal ini disebabkan karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya, yang dapat membantu memperbaiki pertumbuhan rambut. Menurut sebuah penelitian, dari 120 wanita yang mengonsumsi suplemen omega-3 dan omega-6, mayoritas masalah rambut rontok mereka menjadi berkurang secara signifikan.

 

Ubi Jalar

Ubi jalar termasuk dalam jenis makanan yang membuat rambut sehat. Rasanya manis dan terdapat sejumlah kandungan beta-karoten yang baik untuk kesehatan rambut. Tubuh manusia sangat membutuhkan beta-karoten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A. Vitamin A inilah yang nantinya akan membantu menjaga kesehatan rambut, seperti melembabkan dan membuatnya tumbuh lebih cepat.

6 dari 7 halaman

Alpukat

alpukat
Alpukat/Photo by Alina Karpenko on Unsplash

Buah alpukat sangat dipercaya bisa membuat rambut tumbuh tebal dan lebih kuat. Hal inilah yang membuat alpukat termasuk dalam jenis makanan yang membuat rambut sehat. Buah yang padat nutrisi, rendah lemak, dan lezat dikonsumsi. Kandungan vitamin E dalam alpukat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Dalam satu buah alpukat berukuran sedang yang setara dengan 200 gram, sudah dapat memenuhi 21 persen kebutuhan vitamin E harian tubuh manusia. Selain dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, vitamin E juga ampuh melindungi area kulit kepala dari oksidan penyebab kerusakan. Hal inilah yang membuat folikel rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rapuh.

7 dari 7 halaman

Kacang

Almond
Kacang Almond

Selain dapat dijadikan sebagai camilan sehat, kacang juga termasuk dalam jenis makanan yang membuat rambut sehat. Bahkan ampuh memicu pertumbuhan rambut, hingga membuatnya lebih tebal dan kuat. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin E dalam kacang. Mengonsumsi 28 gram kacang almond, sangat efektif memenuhi 37 persen kebutuhan vitamin E harian tubuh manusia.

Nah, semakin banyak asupan vitamin E harian, maka akan semakin kuat dan tebal pula rambut kita. Selain vitamin E, kacang juga mengandung vitamin B, zinc, dan asam lemak esensial. Jika kekurangan vitamin dan mineral ini, maka tidak heran akan rambut menjadi mudah rontok dan rapuh.

Lanjutkan Membaca ↓