Protokol Baru Masuk Sekolah Bagi Siswa di China, Curi Perhatian

Oleh Mardella Savitri Murtisari pada 08 Mei 2020, 14:15 WIB
Diperbarui 08 Mei 2020, 14:15 WIB
Protokol baru ketika masuk sekolah di China

Liputan6.com, Jakarta China kini dilaporkan bahwa tingkat resiko wabah virus Corona Covid-19 di berbagai provinsi beralih dari tinggi ke rendah. Selama kurang lebih 3 pekan, bahkan tak ada kasus angka kematian baru akibat virus tersebut.

Badan Kesehatan Nasional China pada Kamis (7/5/2020), melaporkan terdapatnya dua kasus virus Corona Covid-19 baru. Namun, kedua pasien tersebut baru saja datang dari luar negeri. 

Secara total, negara tirai bambu ini telah melaporkan sebanyak 82.885 kasus positif virus corona, kemudian terdapat sebanyak 4.633 kasus kematian. Namun, kasus tersebut paling banyak berasal dari distrik Wuhan yang merupakan episentrum virus Corona Covid-19.

Kini, setelah wabah virus Corona Covid-19 semakin menurun di China, aktivitas pun mulai berangsur-angsur pulih kembali. Namun tentunya dengan protokol khusus guna mengantisipasi kembali merebaknya virus tersebut. Hal ini pun membuat sebuah video yang dibagikan oleh akun Twitter @AMAZINGSCIENCE menjadi viral di twitter.

Dalam video tersebut nampak seorang anak kecil yang harus melalui beberapa tahap protokol khusus sebelum memasuki sekolahnya. Seperti apakah kisah selengkapnya? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (8/5/2020).

2 dari 3 halaman

Gadis kecil harus melewati sejumlah protokol untuk memasuki sekolahnya

Video yang dibagikan pada Kamis (7/5/2020) tersebut menunjukkan seorang gadis kecil yang harus melalui sejumlah protokol sebelum memasuki sekolahnya. Pertama, ada pengecekahan suhu badan. Kemudian dilanjutkan dengan pemakaian hand sanitizer, lalu penyemprotan disinfektan ke baju dan Sepatu.

Selanjutnya, masker yang digunakan oleh gadis kecil tersebut pun diganti dengan masker baru sebelum memasuki sekolah. Gadis kecil tersebut pun mengikuti instruksi dengan baik.

3 dari 3 halaman

Mendapatkan respon yang beragam dari warganet Twitter

Video tersebut pun akhirnya viral di kalangan warganet Twitter. Mendapatkan sekitar seribu Retweet dan disukai sebanyak 2,5 ribu kali, video ini pun mendapatkan respon yang beragam.

Salah satunya yakni dari @jason54297516, ia pun menuliskan, "Sanggat menggemaskan! Aku adalah seorang insinyur, setiap pagi ketika memasuki kantor, aku mendapatkan tes suhu badan dan disemprot menggunakan disinfektan pada bagian tangan dan kaki. Setelah itu baru aku diperbolehkan masuk,"

Selain itu, ada pula warganet asal Indonesia yang merasa bahwa protokol tersebut merupakan ide yang bagus. Ia pun meneruskan tweet ini ke akun Twitter Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. "cc: lembaga pemerintahan indonesia @Kemdikbud_RI," tulis @zicoazi menanggapi postingan tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓