7 Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan Kulit, Rambut dan Bibir

Oleh Laudia Tysara pada 08 Mei 2020, 12:10 WIB
Diperbarui 08 Mei 2020, 12:10 WIB
Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag
Perbesar
Cabe Rawit (Sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Cabe rawit ternyata memiliki manfaat banyak sekali. Utamanya manfaat cabe rawit untuk kesehatan kulit, rambut, dan bibir. Kecil-kecil cabe rawit julukannya. Memang tidak disangka, tetapi memang demikian adanya bahwa nutrisi yang terkandung dalam cabe rawit ini tinggi dan beragam sekali.

Tidak heran jika manfaat cabe rawit untuk kesehatan kulit, rambut, dan bibir bisa dirasakan setelah mengonsumsinya. Senyawa pedas capsaicin dalam cabe rawit yang menjadi salah satunya. Selain mampu membuat makanan menjadi lebih sedap dan nikmat, ternyata cabe rawit bisa memberikan kecantikan alami khususnya untuk para wanita.

Namun, meski manfaat cabe rawit untuk kesehatan ada banyak sekali, tetap penting untuk memerhatikan porsi konsumsinya. Tentu saja agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut penjelasan mengenai manfaat cabe rawit untuk kesehatan kulit, rambut, dan bibir yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/5/2020).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kandungan Cabe Rawit

Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag
Perbesar
Cabe Rawit (Sumber: iStockphoto)

Cabe rawit memiliki berbagai macam kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang membuat manfaat cabe rawit untuk kesehatan bisa diandalkan, yakni:

- Kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menguatkan imun tubuh.

- Vitamin B6 yang terdapat pada cabe memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh.

- Vitamin K6 berpengaruh pada pembekuan darah dan kesehatan tulang dan ginjal.

- Potassium dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

- Copper merupakan elemen sisa antioksidan yang memiliki fungsi untuk kesehatan neuron dan tulang yang kuat.

- Beta karoten ditemukan pada cabe merah, dan ketika masuk ke dalam tubuh, beta karoten diubah menjadi vitamin A

- Cabe sangat tinggi akan caratenoids antioksidan, sehingga sangat berguna untuk berbagai macam kesehatan tubuh.

- Capsanthin adalah jenis caratenoids paling utama di cabe merah bahkan ditemukan kebih dari 50 persen total caratenoids yang bermanfaat untuk melawan kanker.

- Violaxanthin adalah caratenoids antioksidan paling umum yang terdapat pada cabe kuning (di Indonesia jarang ditemui cabe kuning.

- Capsaicin befungsi untuk memberikan rasa panas, dan dipercaya mampu memberikan berbagai efek kesehatan untuk tubuh. Bahkan juga dipercaya dapat menangani berbagai penyakit seperti gangguan serabut saraf, rasa sakit akibat radang sendi, psoriasis, dan neuropati diabetes.

- Synaptic aid adalah antioksidan, selain itu juga berfungsi sebagai antikanker.

- Ferulic acid merupakan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah penyakit kronis.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan Kulit

ilustrasi kulit jerawat/pexels
Perbesar
ilustrasi kulit jerawat/pexels

Penangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat terbaik cabe bagi kulit yakni sebagai buah yang kaya akan antioksidan. Fungsi antioksidan untuk kulit sendiri dapat menangkal serangan radikal bebas, yang secara nyata berbahaya bagi kulit. Bisa menyebabkan munculnya kerutan, penuaan, bahkan iritasi yang berkepanjangan. Selain itu kandungan vitamin C pada cabe akan membantu meningkatkan pembentukan kolagen pada kulit. Sehingga manfaat untuk menjaga kesehatan kulit tersebut dapat dirasakan.

Melawan Jerawat

Penggemar cabe rawit harus turut berbahagia. Pasalnya cabe rawit sangat ampuh melawan munculnya jerawat pada wajah bahkan tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C dan E pada cabai rawit yang cukup banyak sehingga akan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan Kulit

ilustrasi penuaan dini/pexels
Perbesar
ilustrasi penuaan dini/pexels

Memperlambat Penuaan

Cabe rawit bisa mengambil peran sebagai ageless alami bagi kulit, hal ini disebabkan karena kekayaan kandungan vitamin E dari cabai akan membantu regenerasi sel-sel kulit yang sudah mati. Jika dibandingkan dengan produk kecantikan kimiawi, menjadikan cabai sebagai anti-penuaan justru akan membuatmu nampak cantik secara alami.

Mencegah dan Menghilangkan Noda Kulit

Manfaat alami yang akan didapatkan jika rajin mengonsumsi cabe yakni secara alami dapat membantu mencegah dan menghilangkan noda bekas jerawat ataupun ruam pada kulit. Hal ini disebabkan karenakan cabai mengandung zat yang dikenal dengan fitonutrien, yang memiliki peran aktif bagi perlindungan bagi tubuh.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan Kulit

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Anti Bakteri dan Anti Jamur

Cabe rawit ternyata memiliki manfaat sebagai anti bakteri dan anti jamur alami, sehingga ketika mengonsumsi cabe rawit sehari-hari dapat membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan jerawat dan juga masalah kulit lain yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan Rambut

5 Artis Ini Miliki Rambut Hitam Berkilau
Perbesar
Ilustrasi rambut hitam berkilau. (Boldsky.com)

Rambut Lebih Bercahaya

Cabe rawit ternyata juga mampu membuat rambut terlihat lebih bercahaya. Hanya perlu mencampurkan dua sendok cabe rawit yang sudah dihaluskan dengan dua cangkir minyak zaitun. Kemudian diamkan campuran tersebut selama dua minggu, setelah itu aplikasikan pada rambut. Diamkan selama 10 menit, lalu cuci rambut dengan shampo hingga bersih.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan Bibir

bibir tebal
Perbesar
Ilustrasi Bibir Berisi

Bibir Berisi

Membuat bibir nampak berisi secara alami ternyata bisa dengan mengandalkan cabe rawit ini. Caranya mengaplikasikannya juga cukup mudah. Bisa dengan mulai mencampur satu sendok teh kayu manis, satu sendok teh cabe rawit yang sudah dihaluskan, dan potongan beeswax atau lilin lebah murni menjadi pasta.

Kemudian barulah bisa dioleskan campuran ini secara langsung pada bibir dan biarkan sekitar lima menit. Akan ada sensasi sedikit kesemutan, yang justru akan membuat bibir menjadi lebih besar dan berisi.

Lanjutkan Membaca ↓