12 Tempat Wisata di Purwodadi Grobogan Terpopuler, Alamnya Unik

Oleh Husnul Abdi pada 07 Mei 2020, 14:15 WIB
Diperbarui 07 Mei 2020, 14:15 WIB
Mengejar Senja di Bukit Cinta Warisan Belanda
Perbesar
Bukit Cinta Jatipohon Indah. (Liputan6.com/Felek Wahyu)

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Purwodadi terdiri dari berbagai destinasi alam yang indah. Bisa dibilang destinasi wisata di Purwodadi cukup lengkap dengan alam yang menakjubkan. Cocok dijadikan tujuan untuk liburan bersama teman dan keluarga.

Purwodadi yang terletak di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah ini merupakan penghubung beberapa kota saat musim mudik. Dengan berbagai wisata yang menarik perhatian, tidak ada salahnya kamu mengunjungi Purwodadi untuk liburan dan bersantai sejenak.

Tempat wisata di Purwodadi Grobogan ini memang memiliki destinasi alam yang beragam. Mulai dari air terjun yang menyegarkan, perbukitan dengan pemandangan yang memesona, dan berbagai destinasi unik lainnya bisa kamu nikmati di Purwodadi Grobogan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tempat wisata di Purwodadi dari berbagai sumber, Kamis (7/5/2020).

2 dari 7 halaman

Bleduk Kuwu dan Air Terjun Widuri

Bledug Kuwu, Fenomena Alam Menakjubkan dari Grobogan
Perbesar
Bledug Kuwu, Fenomena Alam Menakjubkan dari Grobogan

Bleduk Kuwu

Bleduk Kuwu menjadi fenomena unik sebagai tempat wisata di Purwodadi Grobogan. Identik dengan gunung api lumpur, destinasi ini berada di Desa Kuwu, Kradenan, Grobogan. Kamu bisa menikmati letupan-letupan luar biasa lumpur di sini. Letupannya terjadi secara berkala, yaitu 2-3 menit.

Menurut ilmu geologi, letupan ini berasal dari aktivitas pelepasan gas dari dalam teras bumi. Gas yang keluar dari teras bumi tersebut mengandung metana, sejumlah mineral dan garam. Dengan potensinya, lumpur tersebut dimanfaatkan untuk membuat garam bleng secara tradisional.

Air Terjun Widuri

Dengan bentang alamnya, Grobogan memiliki Air Terjun Widuri. Tempat wisata di Purwodadi Grobogan ini sangat eksotis dengan ketinggian air terjun hingga 50 meter. Suasana semakin segar dengan wana wisata di sekitarnya. Di Air Terjun Widuri, kamu bisa bermain-main air sambil menikmati suasana pegunungan yang indah

 

3 dari 7 halaman

Air Terjun Gulingan dan Wisata Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen
Perbesar
Api Abadi Mrapen (Sumber: jatengprov.go.id)

Air Terjun Gulingan

Air terjun gulingan merupakan salah satu tempat wisata di Purwodadi Grobogan. Air terjun Gulingan terletak di Dusun Sandu, Desa Sedayu, Grobogan. Udara di air terjun Gulingan sangat menyejukkan, dan suasana yang sejuk ini dapat membuat kamu menjadi rileks.

Selain itu kamu bisa mandi dan merasakan pijatan-pijatan air yang jatuh dari ketinggian. Air terjun Gulingan tidak hanya menjadi obyek wisata, namun juga dijadikan sebagai tempat berkemah, outbound, hunting foto, area berolahraga dan lain-lain.

Wisata Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen berada di Desa Manggarmas, Godong, Grobogan. Posisinya terletak pada poros Semarang-Purwodadi. Munculnya Api Abadi Mrapen menjadi fenomena geologi alam. Sebab, di situ muncul gas alam dari dalam tanah yang tersulut oleh api.

Tempat wisata di Purwodadi tersebut kerap digunakan dalam acara olahraga nasional maupun internasional. Ada banyak fenomena menarik di sekitar destinasi Api Abadi Mrapen. Di sekitar api abadi ini terdapat kolam dengan air mendidih. Konon air tersebut bisa digunakan untuk pengobatan penyakit kulit. Lalu, fenomena lainnya adalah Batu Bobot.

4 dari 7 halaman

Obyek Wisata Jatipohon dan Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo
Perbesar
Waduk Kedung Ombo (WKO). (Solopos)

Obyek Wisata Jatipohon

Sebagai tempat wisata di Purwodadi, Jatipohon sudah populer sejak lama. Destinasi tersebut terkenal dengan Bukit Pandang Jatipohon. Lokasinya strategis karena berada di Pegunungan Kendeng Utara. Berada di sana, kamu bisa menikmati eksotisnya alam. Tempat ini juga instagramable dengan banyak spot untuk berswafoto. Lebih menarik, kawasan ini juga terhubung dengan Bukit Lamping.

Bila ingin trekking di alam liar, maka destinasi tersebut menjadi lokasi ideal. Akses jalannya bagus, lalu udaranya sangat bersih. Bebas polusi. Destinasi ini juga memiliki spot Kolam Renang Langen Sari.

Waduk Kedung Ombo

Kedung Ombo merupakan salah satu waduk besar di Indonesia. Posisinya berada di 3 kabupaten, yaitu Grobogan, Boyolali, dan Sragen. Waduk ini memakai Sungai Serang sebagai sumber air utamanya. Luasannya mencapai 6.576 Hektar.

Setelah beroperasi, Waduk Kedung Ombo memiliki banyak fungsi. Ada fungsi irigasi, PLTA, perikanan, dan pariwisata. Ada banyak fasilitas pendukung yang dibangun di sana. Dengan dukungan pemandangan indah alam disekitarnya, Waduk kedung Ombo merupakan tempat wisata di Purwodadi ideal untuk rehat sejenak. Dijamin, usai berkunjung ke destinasi ini, fisik dan pikiran fresh kembali.

 

5 dari 7 halaman

Kalibiru Grobogan dan Sendang Coyo Grobogan

Kalibiru Grobogan

Tempat wisata di Purwodadi berikutnya yaitu Kalibiru Grobogan. Kalibiru Grobogan ini merupakan sebuah telaga atau sendang yang berisi air jernih berwarna Biru. Telaga ini memiliki kedalaman sekitar 2-3 meter.

Di sini kamu bisa berenang, mandi sambil menikmati keindahanya. Selain memiliki air biru yang mempesona di sana juga terdapat bebatuan kuning yang menjulang tinggi. Kalibiru Grobogan terletak di Desa Pandan Harum, Kecamatan Gabung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Sendang Coyo Grobogan

Sendang Coyo menjadi tempat wisata di Purwodadi yang tak kalah populer. Bentuknya berupa kolam. Airnya jernih seperti Coyo. Kata Coyo berarti cahaya. Sendang ini menjadi napak tilas sejarah Sunan Kalijaga saat melakukan syiar Islam di Desa Jatiharjo. Karena haus, Sunan Kalijaga mencari sumber air bersih dan tongkatnya ditancapkan di dekat lokasi peristirahatan.

Secara tidak sengaja, seorang pengikut Sunan Kalijaga yang bernama Kyai Gambi mencabut tongkat ini. Lalu, memancarlah air yang sangat jernih. Karena debitnya besar, maka muncul genangan dan sekarang terkenal sebagai Sendang Coyo. Selain sejarahnya, pengunjung juga bisa menikmati udara segar dari rimbunnya pohon di sekitaranya.

6 dari 7 halaman

Goa Macan dan Goa Lowo, Objek Wisata Cindelaras

Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi gua. (dok. pexels.com/Jeremy Bishop)

Goa Macan dan Goa Lowo

Tempat wisata di Purwodadi Grobogan selanjutnya adalah Goa Macan dan Goa Lowo yang terkenal dengan keeksotisannya. Secara geografis, destinasi ini masuk wilayah desa Sedayu. Kedua goa ini sangat unik. Untuk Goa Lawa, spot ini dilengkapi dengan stalakmit dan stalaktit. Warna warni yang dihasilkannya sangat indah, apalagi bisa terkena pantulan cahaya.

Masih dalam 1 kawasan, Goa Macan menawarkan pengalaman luar biasa. Nusansanya lebih rindang dengan beragam tumbuhan menjalan di mulut goa. Suasana di dalamnya sangat indah. Sebab, batuan penyusun dinding goa juga memiliki warna-warni yang menawan.

Objek Wisata Cindelaras

Grobogan juga memiliki surga tersembunyi. Posisinya di tengah hutan belantara membuat Objek Wisata Cindelaras semakin eksotis. Secara geografis, tempat wisata di Purwoadadi Grobogan ini berada di Desa Bandungharjo, Toroh. Luasan wilayah ini sekitar 3,5 Hektar. Selain menikmati nuansa kesegaran hutan, kamu juga bisa memiliki banyak aktivitas. Sebab, ada banyak destinasi yang dibangun di sini.

 

Objek Wisata Cindelaras memiliki fasilitas permainan Freetop. Ada juga spot selfie yang tersebar di 13 zona. Kamu juga bisa menikmati camping ground dan foodcourt. Menjamin kenyamanan, ada banyak fasilitas toilet yang dibangun di sini.

7 dari 7 halaman

Tugu Lasi dan Lumpur Kesongo Grobogan

Tugu Lasi

Tugu Lasi di wilayah Mrisi, Tanggungharjo, sangatlah unik. Destinasi tersebut juga familiar sebagai Green Canyonnya Gubug. Destinasi ini sejatinya lokasi pertambangan yang masih aktif. Tempat wisata di Purwodadi ini sangat instagramable dengan warna materi tambang di sana. Dengan keunikannya, Tugu Lasi sangat pas untuk memproduksi konten foto dan video untuk media sosial.

Nusanasnya makin klasik pada sore hari. Sebab, ada ribuan kelelawar yang berterbangan keluar. Gerak dan jumlahnya yang banyak membuat Tugu Lasi semakin unik dan menarik. Jadi, pastikan Tugu Lasi menjadi destinasi saat mudik dan menikmati libur Lebaran 2019.

Lumpur Kesongo Grobogan

Tempat wisata di Purwodadi Grobogan banyak menawarkan keajaiban alam. Fenomena lain adalah Sumber Lumpur Kesongo yang berada di wilayah Perhutani KPH Randublatung. Destinasi tersebut unik dengan semburan lumpurnya. Untuk titik sumber semburannya sangat banyak dan menyebar.

Selain alam, kamu akan menemui fenomena lain di sana. Lumpur Kesongo menjadi habitat banyak burung. Sebut saja, Cangak Abu (Ardea cinerea), Cangak Merah (Ardea purpurea), Bambangan Merah (Ixobrychus Cinnamomues), Bangau Tongtong (Leptoptilos Javanicus), dan Belibis Batu (Dendrocygna Javanica).

Lanjutkan Membaca ↓