Sukses

7 Negara yang Diklaim Paling Aman dari Bencana Alam

Negara ini diklaim merupakan lokasi paling aman dari bencana alam.

Liputan6.com, Jakarta Bencana alam merupakan bencana yang tak bisa dihindari oleh manusia. Sejak zaman dulu manusia telah menghadapi bencana alam yang berulang kali sangat berdampak bagi kehidupan. Bahkan sejak zaman kuno, manusia percaya jika bencana alam merupakan hukuman dan simbol kemarahan dewa-dewa. 

Bencana alam bisa berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, hurikan, badai tropis, taifun, tornado, kebakaran liar dan wabah penyakit. Secara umum, hampir semua lokasi di bumi ini bisa terjadi bencana alam. Namun nyatanya ada negara-negara yang diklaim aman dari bencana alam. 

Bukan karena memiliki letak geografi yang memungkinkan terhindar dari bencana, melainkan negara ini memiliki fasilitas keamanan dan infrastruktur yang canggih sehingga siap menghadapi bencana alam. 

Penasaran di mana saja negara di dunia yang dikalim paling aman dari bencana alam? Berikut ini Liputan6.com rangkum 6 negara tersebut dari berbagai sumber, Rabu (6/5/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Qatar

Negara pertama yang diklaim paling aman di dunia dari bencana alam adalah Qatar. Negara yang berada di Timur Tengah ini diklaim aman dari bahaya bencana alam karena posisi geografis yang terlindung dan memiliki perlindungan dari siklon tropis. 

Bahkan Qatar sering disebut sebagai negara teraman oleh The World Risk Report. Letak geografis Qatar yang jauh dari garis patahan bumi, membuat negara itu bebas dari gempa bumi atau pun aktivitas gunung berapi yang berisiko.

3 dari 8 halaman

2. Arab Saudi

Masih dikawasan Timur Tengah, negara yang diklaim paling aman dari bencana alama dalah Arab Saudi. Berdekatan dengan Qatar, tak heran jika letak gegrafis negara terkaya ini juga hampir mirip dengan Qatar. 

Selain itu, Arab Saudi juga jarang mengalami gempa atau kondisi cuaca berbahaya seperti banjir bandang atau badai debu. Menjadi negara terkaya, tak heran jika pemerintah Arab Saudi memiliki sistem keamanan dari bencana yang tinggi. Pemerintah Arab Saudi mampu melindungi wargaanya dengan aman dari bencana. 

4 dari 8 halaman

3. Malta

Bergeser ke bagian benua Eropa, salah satu negara yang dianggap aman dari bencana alam yakni Malta. Negara yang berada di selatan Sisilia di Laut Mediterania ini tak hanya indah tetapi juga dianggap aman. Banyak yang menyebutkan jika Malta merupakan negara peringkat kedua yang paling tidak mungkin mengalami bencana alam setelah Qatar. 

Berbeda dengan Qatar, pulau Malta justru berada cukup dekat dengan garis patahan lempeng Eropa. Namun perlu diketahui jika lempeng Eropa sangat jarang memicu gempa bumi. Ada sedikitnya tujuh gempa bumi dalam 500 tahun terakhir.

Malta juga tidak tercatat mengalami bencana angin topan. Infrastruktur di negara terkecil di dunia ini dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi bencana alam.

5 dari 8 halaman

4. Barbados

Barbados yang merupakan negara kelahiran penyanyi terkenal Rihanna ini menjadi negara selanjutnya yang diklaim aman dari bencana alam. Negara ini bagian dari rantai kepulauan Windward yang terletak di Karibia Timur. Meskipun badai merupakan bahaya paling umum yang dihadapi di pulau Karibia, negara Barbados berhasil menghindari bahaya yang akan terjadi di wilayah itu dengan sukses. 

Selain memiliki pemandangan yang indah, bagi yang ingin mengunjungi tempat tanpa bahaya gempa bumi, gunung berapi dan menikmati iklim tropis yang hangat, Barbados adalah tempat yang tepat.

6 dari 8 halaman

5. Grenada

Berdekatan dengan Barbados, Grenada juga menjadi bagian dari negara teraman dari bencana alam di dunia. Di negara ini terdapat bukit-bukit hijau dan pantai berpasir. Pulau berlokasi condong lebih dekat dengan Amerika Selatan ini memiliki Coriolis force atau magnet bumi yang mampu mengalihkan sebagian besar arus udara sehingga terhindar dari bencana angin dan badai.

Maka dari itu banyak yang menyebutkan jika Grenada merupakan kawasan Karibia yang bebas dari badai.

7 dari 8 halaman

6. Singapura

Salah satu negara paling aman dari bencana alam selanjutnya berada di Asia tenggara. Yakni Singapura. Letak geografis Singapura yang seolah "dilindungi" oleh Malaysia dan Kalimantan membuatnya aman. 

Jika terjadi bencana tsunami, maka gelombang tsunami harus melalui salah satu dari negara itu terlebih dahulu. Sehingga Singapura dimungkinkan hanya berpengaruh dari arah timur laut. Selain itu, negara maju ini juga jauh dari garis patahan utama, sehingga membuatnya aman dari gempa bumi. 

Meskipun kadang-kadang di Singapura mengalami hujan es dan banjir, namun negara ini memiliki sistem keamanan yang bisa dengan cepat mengatasinya dan tak jadi bahaya bagi warganya.

8 dari 8 halaman

7. Bahrain

Sedikit bergeser ke Asia Selatan, Bahrain juga termasuk dalam negara yang diklaim aman dari bencana alam. Bahrain sering digolongkan sebagai salah satu tempat teraman karena frekuensi bencana alam, meski keamanan pemerintah yang rendah.

Bencana alam yang sering terjadi di Bahrain hanya musim panas. Selebihnya, peneliti mengkalim jika Bahrain tak memiliki bencana alam yang ektsrem. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini