12 Wisata Alam Dieng Jawa Tengah yang Paling Indah dan Memesona

Oleh Husnul Abdi pada 06 Mei 2020, 12:20 WIB
Diperbarui 06 Mei 2020, 12:20 WIB
Wisata Alam Dieng
Perbesar
Pemandangan dari Gunung Prau. (liputan6.com/Novi Thedora)

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Dieng Jawa Tengah mungkin sudah sangat terkenal sebagai destinasi liburan menyenangkan. Dengan alam yang begitu menakjubkan, Dieng menawarkan kesegaran dan keasrian alami khas perbukitan.

Udara yang masih alami dan pemandangan alam yang sangat menawan akan membuatmu betah menghabiskan waktu liburan di sini. Wisata Dieng memiliki berbagai keindahan alam seperti telaga, kawah, hingga pemandangan kebun teh dan alam perbukitan yang mengagumkan. 

Wisata alam Dieng Jawa Tengah terdiri dari perbukitan dan telaga yang indah. Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan beberapa destinasi seperti, Gunung Prau, Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, ataupun telaga warna.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/5/2020) tentang wisata alam dieng jawa tengah

2 dari 7 halaman

Bukit Sikunir

Destinasi wisata Dieng
Perbesar
Bukit Sikunir. (Foto: Fajar Ardianto AS/ Pixabay )

Kalau kamu ingin menikmati keindahan wisata alam Dieng Jawa Tengah dari ketinggin yang dilengkapi dengan matahari terbitnya yang menakjubkan, pilihan tepatnya jatuh pada Bukit Sikunir. Di sini kamu bisa menikmati semburat kemerahan matahari terbit menjelang pagi hari.

Buat kamu yang ingin ke sini, disarankan untuk berangkat menuju Sikunir ketika subuh agar tidak melewatkan momen yang indah ini. Untuk mencapai puncak bukit, kamu memerlukan usaha ekstra. Kamu perlu sedikit berjuang untuk menaiki tangga bukit yang cukup tinggi.

Kondisi udara yang dingin dan tanah yang berundak-undak akan sedikit melelahkan, akan tetapi pemandangan yang indah saat tiba di puncak akan menghilangkan semua kelelahanmu. Di Bukit Sikunir ini banyak spot yang bisa kamu jadikan untuk berswafoto dengan latar belakang matahari terbitnya yang indah.

Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan yang dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Akses untuk menuju Bukit Sikunir ini terbilang cukup mudah, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kaki bukit sebelum akhirnya mendaki Bukit Sikunir.

3 dari 7 halaman

Gunung Prau

Gunung Prau
Perbesar
Sunrise di gunung Prau 2.565 mdpl, Wonosobo, Jawa Tengah / Liputan6 / Nadiyah Fitriyah

Wisata alam Dieng Jawa Tengah yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta gunung adalah Gunung Prau. Gunung Prau merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menikmati indahnya Dieng dari ketinggian.

Layaknya mendaki gunung, saat ke Gunung Prau kamu memerlukan banyak tenaga dan waktu. Hingga akhirnya bisa sampai ke puncak untuk menikmati indahnya pemandangan Dieng yang berada di ketinggian 2.565 mdpl. Hal ini tentunya berbeda jika kamu ke Bukit Sikunir yang bisa ditempuh dalam waktu yang sebentar saja.

Namun, pemandangan yang ditawarkan di Gunung Prau ini tentu sangatlah indah. Saat kamu berada di puncak Gunung Prau, kamu bakal disuguhkan dengan pamandangan alam yang sangat mengagumkan. Dari sana kamu dapat melihat awan-awan putih yang menggelantung di sekitar gunung hingga hijaunya pedesaan yang berada di sekitar lereng Gunung Prau.

Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan ketika mengunjungi Gunung Prau ini adalah menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam. Ya, dari puncak gunung ini, kamu bisa menyaksikan langit jingga atau kuning keemasan ketika matahari sedang berada di ufuk. Keindahan ini bisa kamu dapatkan bila beruntung mendapatkan cuaca yang cerah.

4 dari 7 halaman

Wisata Alam Dieng Jawa Tengah Perbukitan

Wisata Alam Dieng
Perbesar
Batu Ratapan Angin. (liputan6.com/Novi Thedora)

Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng merupakan alternatif wisata alam Dieng Jawa Tengah bagi kamu yang ingin menikmati golden sunrise namun tidak ingin naik ke Bukit Sikunir. Gardu pandang ini berada pada ketinggian 1789 Mdpl tepat di atas Desa Tieng, Wonosobo. Gardu Pandang Tieng menawarkan lanskap pegunungan Pakuwojo dengan hijaunya perkebunan sekitar.

Batu Ratapan Angin atau Batu Pandang Dieng

Hampir seluruh wisata alam Dieng Jawa Tengah bernuansa perbukitan yang indah. Salah satu wisata Dieng Wonosobo yang bisa kamu nikmati dari ketinggian adalah Batu Ratapan Angin. Tempat wisata ini merupakan sebuah tebing yang dekat dengan Telaga Warna. Di sini kamu bisa menyaksikan pemandangan Telaga Pengilon dan Telaga Warna dari ketinggian.

Hampir seluruh tempat wisata yang ada di Dieng Wonosobo ini cocok untuk kamu yang menyukai petualangan alam. Salah satunya Batu Ratapan Angin ini. Pasalnya, untuk sampai di tempat ini kamu perlu mendaki bukit yang cukup membuat lelah. Walaupun memerlukan sedikit perjuangan untuk sampai ke atas bukit, kamu bakal menyaksikan panorama alam indah yang tersaji di depan mata.

5 dari 7 halaman

Wisata Alam Dieng Jawa Tengah Telaga

Jawa Tengah
Perbesar
Telaga Warna, Dieng, Jawa Tengah. (Sumber Foto: pakettripdieng.com)

Telaga Warna

Salah satu objek wisata andalan yang dapat kamu temui saat mengunjungi Dieng adalah Telaga Warna yang berada di Kejajar, Wonosobo. Wisata alam Dieng Jawa Tengah satu ini akan memanjakan mata pengunjung dengan danau kecil yang memiliki berbagai warna karena banyaknya belerang yang terdapat tempat ini.

Bagi kamu yang sedang mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk berfoto-foto karena pemandangan yang ditawarkan sangat berkesan dan memesona. Di pinggiran danau juga ada jembatan kecil dari kayu yang dapat digunakan sebagai spot foto yang menarik. Selain itu, kamu juga dapat melihat beberapa goa yang memiliki akar sejarah yang kental bagi masyarakat setempat dan berada di satu kompleks dengan Telaga Warna tersebut.

Telaga Pengilon

Tak jauh dari Telaga Warna, kamu bisa menemukan Telaga Pengilon. Jarak antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon sangat dekat bahkan pada beberapa sudut pandang akan terlihat menyatu. Baik Telaga Warna dan Telaga Pengilon merupakan hasil bentukan letusan Gunung Prau Tua.

Perbedaan Telaga Warna dan Telaga Pengilon adalah air di Telaga Pengilon berwarna cokelat dan tidak mengandung sulfur seperti pada Telaga Warna.

6 dari 7 halaman

Wisata Alam Dieng Jawa Tengah Telaga

wisata dieng
Perbesar
Telaga Merdada (sumber: adventuretravel)

Telaga Merdada

Wisata alam Dieng Jawa Tengah selanjutnya adalah telaga Merdada. Telaga ini merupakan telaga yang paling luas di Dieng. Telaga Merdada yang terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini memiliki luas mencapai 21 hektar. Wisata Dieng Wonosobo ini tampak seperti sebuah kaldera bekas letusan dari gunung api yang kemudian berisikan air. Ini bisa kelihatan bila kamu melihatnya dari ketinggian.

Selain itu, pemandangan yang ditawarkan oleh telaga ini sangat indah, karena berada di antara dua buah bukit terjal yaitu Pangonan dan Sumurup. Menariknya, di sekitar danau banyak ditemukan lahan-lahan berundak tempat pertanian kentang sehingga menambah eksotisme Telaga Merdada ini.

Telaga Menjer

Telaga Menjer berjarak sekitar 11 kilometer atau 30 menit dari Alun-Alun Wonosobo. Telaga ini terbentuk akibat letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Telaga dengan luas sekitar 70 Ha ini berada pada ketinggian sekitar 1300 Mdpl. Pengunjung bisa menikmati kesejukan telaga ini. Penduduk setempat juga menyediakan perahu bambu untuk mengelilingi telaga.

Telaga Cebong

Telaga Cebong berada di kawasan dataran tinggi Dieng atau satu jam perjalanan dari alun-alun Wonosobo. Telaga ini cukup kecil dengan luas sekitar 12 Ha. Dulunya telaga ini merupakan kawah gunung purba. Telaga Cebong berada tak jauh dari Bukit Sikunir membuat panorama kawasan ini begitu sejuk dan indah.

7 dari 7 halaman

Wisata Alam Dieng Jawa Tengah Lainnya

Wisata Alam Dieng
Perbesar
Kawah Sikidang Dieng. (liputan6.com/Novi Thedora)

Kawah Sikidang

Sedikit berada di bukit, Kawah sikidang merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi sebagai wisata alam Dieng Jawa Tengah. Letak kawah belerang ini tidak terlalu jauh dari Bukit Sikunir, sehingga setelah melihat golden matahari terbit yang memesona, tidak ada salahnya kamu melihat kawah panas dengan bau belerang yang menyengat.

Kawah Sikidang ini terletak di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Meskipun begitu, akses yang lebih cepat dan mudah untuk menuju kawah ini adalah dari Wonosobo. Selain menyaksikan keindahan kawah dengan legenda Pangeran Kidang Garungan ini, kamu juga dapat melihat berbagai kerajinan tradisional yang dibuat di tempat tersebut.

Candi Arjuna

Mengunjungi Dieng rasanya tidak lengkap kalau tidak menyambangi Candi Arjuna yang berada di Dieng Kulon, Banjarnegara. Hal ini dikarenakan tiket masuk Candi Arjuna satu paket dengan kawah Sikidang sehingga dengan tarif Rp 10.000 kamu bisa memasuki dua kawasan wisata sekaligus.

Dalam sejarahnya, Candi Arjuna merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno dan dibuat untuk menyembah Dewa Syiwa. Ketinggiannya yang berada lebih dari 2.000 mdpl membuat candi ini begitu memesona dengan suasana pegunungan Dieng yang sejuk.

Dalam kawasan Candi Arjuna, terdapat lima buah candi yang saling berjajar lurus. Selain itu taman yang berada di sekitar candi pun terlihat bersih sehingga kamu bisa bersantai sambil bercengkarama di atas rerumputan..

Kebun Teh Tambi

Wisata alam Dieng Jawa Tengah selanjutnya adalah sebuah Agrowosata Tambi. Di sini kamu akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh, yang membuat suasana hati menjadi tenang. Lokasi agrowisata ini terletak di Kecamatan Garung, tepatnya di jalan arah menuju Dieng.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan perkebunan teh, di sana kamu juga bisa berwisata industri dengan mengunjungi pabrik teh. Kamu bisa melihat secara langsung proses pengolahan teh Tambi. Selain itu, di sini juga memiliki berbagai macam fasilitas seperti pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tenis, taman bermain, dan kebun.

Lanjutkan Membaca ↓