Sukses

4 Bukti Didi Kempot Dikenal Sebagai Sosok Dermawan, Patut Dicontoh

Kedermawanan sang maestro ini terungkap setelah kepergiannya.

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya sang maestro campursari, Didi Kempot pada Selasa (5/5/2020) pagi meninggalkan duka mendalam bagi keluarga serta masyarakat. Kepergian dari The Godfather of Broken Heart ini saat namanya kembali bersinar dibelantika musik Indonesia. Bahkan, dalam dua tahun terakhir Didi Kempot cukup sering tampil dilayar kaca serta mengisi berbagai acara konser di Indonesia.

Tak hanya dikenal sebagai seorang musisi berbakat saja, pria yang memiliki sapaan Lord Didi Kempot ini juga dikenal sebagai sosok yang dermawan. Meskipun telah sukses berkarier dan menghasilkan ratusan karya, akan tetapi dirinya pun aktif dalam membantu sesama. Pria kelahiran 31 Desember 1966 ini bahkan dianggap sebagai sosok yang murah senyum serta ramah oleh para penggemarnya.

Bahkan, beberapa waktu lalu Didi Kempot turut serta melakukan penggalangan dana dalam konser amal di rumah saja untuk membantu para korban pandemi corona COVID-19. Aksi tersebut pun mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo saat mengetahui jika Didi Kempot turut mengajak para penggemar 'Sobat Ambyar' untuk tetap berada di rumah selama masa pandemi.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (6/5/2020) berikut ini beberapa bukti jika Didi Kempot dikenal sebagai sosok dermawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ikut galang dana hingga miliaran rupiah

Beberapa waktu lalu Didi Kempot memang melakukan konser amal dari rumah guna untuk menggalang dana bagi masayrakat terdampak virus corona COVID-19. Acara penggalangan dana tersebut juga mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo. Inisiatif Didi Kempot melakukan konser amal bukan hanya menghibur para penggemar yang berada di rumah melalui karya- karyanya. Akan tetapi dirinya juga turut mengajak masyarakat untuk saling membantu dalam memerangi virus corona.

Dana yang terkumpul dari konser amal tersebut disebut-sebut mencapai miliaran rupiah. Hal ini juga diungkap oleh Ernest Prakasa melalui akun Twitter pribadinya.

"Di akhir hidupnya, Mas Didi Kempot di konser amalnya via Kompas TV berhasil menggalang dana amal Covid 7 milyar lebih. Selamat jalan Mas, karyamu abadi,” tulisnya.

3 dari 5 halaman

2. Lakukan galang dana untuk korban banjir

Bukan hanya melakukan penggalangan dana bagi para korban terdampak COVID-19 saja. akan tetapi pria 53 tahun ini juga sempat menggalang dana bagi korban banjir. Melalui akun Instagram @nuonline_id, pada Rabu (6/5/2020) diketahui pula jika Didi Kempot sempat melakukan aksi galang dana bagi korban banjir.

"Beberapa waktu lalu melakukan penggalangan dana untuk korban banjir bersama dengan PP Pagar Nusa NU," tulis akun @nuonline_id.

4 dari 5 halaman

3. Bangun masjid bagi sang istri

Seorang sahabat dekat dari Didi Kempot yang bernama Blontank Poer mengungkapkan jika sang maestro campursari merupakan sosok yang dermawan. Ia mengungkapkan jika Didi Kempot pernah membangun sebuah masjid di Ngawi, Jawa Timur untuk sang istri tercinta.

"Buat yang masih meragukan siapa Mas Didi, beliau seorang muslim yang dermawan. Dia juga membangun masjid di Ngawi, sebagai hadiah kepada istrinya yang selalu dia banggakan sebagai ahli wirid dan seneng pengajian," ujarnya.

5 dari 5 halaman

4. Tak ingin diliput saat penyaluran donasi

Bukan hanya diketahui sebagai sosok yang dermawan, tapi Didi Kempot juga menjadi seorang sang sederhana. Sang sahabat, Blontank Poer juga mengungkapkan jika almarhum cukup gencar menggalang dana serta menyalurkan bantuan untuk para pejuang COVID-19.

"Satu permintaanku kepada Mas Didi agar ke RBI (Rumah Blogger Indonesia) menengok dan bersaksi kerjaan teman-teman mengemas ribuan paket sembako hasil donasi Konser Amal Dari Rumah #SobatAmbyarPeduli, tapi belum kesampaian. Baru kutahu beberapa hari lalu, ternyata Mas Didi ingin datang ke #RBI, kapan-kapan, tanpa ada wartawan. Dia tidak mau diliput media terkait penyaluran donasi. Itu cerita dari Mas Ige, videographer pribadi sekaligus orang yang hampir setiap hari menemani Mas Didi," tulis Blontank pada postingannya di Facebook, Selasa (5/5).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini