8 Cara Penuhi Cairan Tubuh Saat Buka Puasa Tanpa Kembung

Oleh Laudia Tysara pada 02 Mei 2020, 15:03 WIB
Diperbarui 02 Mei 2020, 16:37 WIB
Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kekurangan cairan tubuh ketika menjalankan ibadah puasa bukanlah pertanda yang baik. Maka penting untuk selalu memprioritaskan konsumsi air putih banyak, baik saat buka puasa maupun saat sahur. Tetapi masih banyak juga yang mengeluhkan jika terlalu banyak mengonsumsi air putih akan membuat perut kembung. Di sini pentingnya mengetahui cara penuhi cairan tubuh saat buka puasa tanpa kembung. 

Cara penuhi cairan tubuh saat buka puasa tanpa kembung ini dapat dijadikan solusi terutama bagi yang tidak suka terlalu banyak mengonsumsi air putih. Cara ini juga digunakan untuk mengantisipasi kurangnya cairan eletrolit tubuh setelah menjalankan ibadah puasa selama 14 jam.

Jika cara penuhi cairan tubuh tanpa kembung saat buka puasa sudah bisa diterapkan dengan benar. Maka kadar elektrolit tubuh juga dapat terpenuhi dengan seimbang. Hal ini yang akan membuat berbagai jenis risiko gangguan penyakit seperti fungsi sistem saraf, otak, jantung, dan otot akan bisa terhindarkan dengan mudah.

Berikut penjelasan mengenai cara penuhi cairan tubuh saat buka puasa tanpa kembung yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (2/5/2020).

2 dari 5 halaman

Cara Penuhi Cairan Tubuh Tanpa Kembung

Liputan 6 default 2
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan6

1. Mengonsumsi Sayuran yang Mengandung Banyak Air

Agar cairan tubuh dapat terpenuhi saat buka puasa, bisa dengan mulai mengonsumsi sayuran yang mengandung banyak air. Dengan mengonsumsi sayuran ini maka perut tidak akan menjadi kembung, bahkan buka puasa menjadi lebih nikmat. Jenis sayuran dengan kandungan air tinggi yang bisa dijadikan alternatif dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah timun, tomat, kembang kol, selada, seledri, hingga paprika.

2. Makan Buah-Buahan dengan Kandungan Air Tinggi

Selanjutnya selain sayuran, bisa juga dengan mengonsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi. Selain dapat membantu menghindrasi tubuh tanpa membuat kembung, buah juga banyak mengandung gula alami.

Gula alami ini juga dapat membantu energi dan stamina tubuh kembali dengan lebih optimal setelah menahan haus dan lapar selama 14 jam. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah dulu menjadi jus. Misalnya saja seperti buah semangka, jeruk, stroberi, hingga melon.

3 dari 5 halaman

Cara Penuhi Cairan Tubuh Tanpa Kembung

Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

3. Minum Susu Skim

Berdasarkan sebuah studi oleh McMaster University, Kanada, susu skim memang terbukti lebih efektif mengembalikan cairan tubuh jika dibanding dengan air. Hal ini disebabkan karena susu skim mengandung protein dan elektrolit, yang dapat membantu tubuh kembali terhidrasi dengan sempurna tanpa membuat perut kembung. Selain itu, susu skim juga kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh setelah puasa.

4. Makan Sayur Berkuah

Mengonsumsi hidangan utama berupa sayur berkuah juga dapat membantu mengembalikan cairan tubuh. Tanpa membuat kembung karena hidangan ini disantap bersama dengan nasi. Dan porsi kuahnya pun bisa lebih seimbang karena sudah pasti disesuaikan dengan nasi dan lauknya.

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, mengonsumsi sayur berkuah juga dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya yang rendah. Bahkan sifat hangat dari sayur berkuah ini juga dapat membantu menstabilkan kondisi lambung yang kosong selama menjalankan ibadah puasa. Kehangatan dari hidangan ini pun dapat membantu mencegah perasaan eneg dan perasaan mual.

4 dari 5 halaman

Cara Penuhi Cairan Tubuh Tanpa Kembung

ilustrasi air kelapa muda/pexels
Perbesar
ilustrasi air kelapa muda/pexels

5. Minum Air Kelapa

Air kelapa juga salah satu jenis cairan yang dapat menghidrasi tubuh yang tidak membuat perut merasa kembung. Hal ini disebabkan kandungan elektrolit tinggi dalam air kelapa. Bahkan air kelapa ini juga kaya nutrisi, rendah karbohidrat, dan mengandung potasium dengan kadar yang cukup tinggi. Rasanya yang segar juga efektif dalam melegakan perasaan haus setelah puasa selama 14 jam.

6. Campurkan Air Putih dengan Potongan Buah

Jika kesulitan minum air putih karena rasanya yang tawar, menambahkan potongan buah-buahan pada air putih bisa dijadikan solusinya. Dapat membantu memberikan rasa segar dan lebih menghidrasi secara optimal, karena perpaduan keduanya yang seimbang. Misalnya saja bisa dengan menambahkan irisan jeruk lemon, jeruk limau, atau stroberi. Lebih seru lagi untuk mencampurkan semua jenis buah-buahan agar mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

5 dari 5 halaman

Cara Penuhi Cairan Tubuh Tanpa Kembung

Oatmeal untuk sarapan
Perbesar
Oatmeal (Unsplash.com)

7. Oatmeal

Selama ini, oatmeal memang dikenal sebagai menu sarapan yang sehat dan kaya manfaat. Ternyata seperti air, oatmeal dapat membantu menghidrasi tubuh dengan baik tanpa membuat perut kembung. Sifatnya yang mudah menyerap cairan, termasuk susu atau air yang digunakan sebagai tambahannya. Agar manfaatnya bisa lebih maksimal, bisa juga dengan mencampur oatmeal dengan buah-buahan segar seperti melon, beri-berian, atau jeruk.

8. Dessert Beku 

Es krim, popsicle, hingga sorbet merupakan jenis-jenis dessert yang terbuat dari cairan yang dibekukan. Tidak hanya segar karena sifatnya yang dingin, tetapi dessert beku ini juga ampuh untuk membantu menghidrasi tubuh. Bisa juga dengan memadukan dessert beku dengan olahan yang terbuat dari buah-buahan segar. Hal ini dilakukan agar proses menghidrasi tubuh lebih optimal dilakukan.

Lanjutkan Membaca ↓