8 Manfaat Jamur Kuping Hitam yang Jarang Diketahui

Oleh Laudia Tysara pada 30 Apr 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 30 Apr 2020, 15:00 WIB
jamur kuping
Perbesar
jamur kuping hitam (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Jamur merupakan tumbuhan yang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Ada dua jenis jamur yang paling populer, yakni jamur kuping merah (Auricularia Auricula) dan jamur kuping hitam (Auricularia Polytricha). Namun manfaat jamur kuping hitam ini belum banyak yang mengetahuinya.

Manfaat jamur kuping hitam ini memang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini disebabkan karena jamur kuping hitam pada umumnya memiliki beberapa kandungan vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin B9 atau asam folat, dan vitamin C. Kemudian mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc.

Selain manfaat jamur kuping hitam yang baik untuk kesehatan, ternyata jamur ini juga bisa diolah menjadi makanan lezat. Bahkan jamur kuping hitam ini sudah banyak dikonsumsi di China. Termasuk dijadikan sebagai pengobatan alternatif sejak ratusan tahun lamanya.

Berikut penjelasan mengenai manfaat jamur kuping hitam untuk kesehatan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/4/2020).

2 dari 5 halaman

Manfaat Jamur Kuping Hitam

Ilustrasi Hati
Perbesar
Ilustrasi Hati

1. Melindungi Hati

Jamur kuping hitam ternyata sangat dipercaya dapat membantu melindungi hati dari beberapa zat bahaya tertentu. Misalnya saja bisa dengan mencampurkan bubuk jamur hitam dengan air. Hal ini sangat bisa digunakan untuk mengembalikan dan melindungi hati dari terjadinya kerusakan akibat overdosis acetaminophen. Zat kimia ini umumnya terkandung dalam obat penurun demam dan rasa sakit.

2. Menjaga Kesehatan Usus

Jamur kuping hitam ini dapat menjaga kesehatan usus manusia. Hal ini disebabkan karena jamur kuping hitam adalah sumber prebiotik sangat baik. Jamur ini kaya akan serat yang mampu memberi makan bakteri baik dalam usus. Dengan demikian, usus akan terbantu menghasilkan nutrisi guna meningkatkan kesehatan sistem pencernaan serta menjaga usus agar selalu dalam kondisi yang sehat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jamur Kuping Hitam

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

3. Seimbangkan Kadar Kolesterol

Kandungan anti-oksidan kuat dengan jumlah yang sangat tinggi dan dapat berperan sebagai anti-coagulansia, ternyata sangat ampuh membantu menurunkan kadar kolestrol serta trigliserida. Anti-oksidan ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh dengan jumlah yang signifikan. Hal ini telah diterbitkan oleh sebuah penelitian di International Journal of Medical Mushrooms. Sehingga membantu mencegah terjangkitnya penyakit jantung.

4. Hambat Pertumbuhan Bakteri

Sifat anti-mikroba dalam jamur kuping hitam ternyata dapat membantu menangkal peregangan bakteri tertentu, hal ini telah disampaikan dalam sebuah studi di tahun 2015 lalu. Studi yang dilakukan menunjukkan bahwa jamur kuping hitam ini memiliki kemampuan melakukan blokir pada pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan juga bakteri E.coli yang dapat membuat tubuh mengalami infeksi.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jamur Kuping Hitam

Penyakit Peredaran Darah
Perbesar
Peredaran Darah / Sumber: iStockphoto

5. Menurunkan Berat Badan

Jamur kuping hitam ternyata juga mampu diandalkan untuk menurunkan berat badan. Tidak perlu khawatir dengan olahan jamur kuping hitam yang lezat, karena menu makan ini bisa dijadikan sebagai menu diet andalan. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang tinggi dalam jamur kuping hitam. Serta kandungan kalori dalam jamur yang sangat rendah, sehingga jamur ini cocok dijadikan referensi menu diet andalan.

Tentu usaha untuk menurunkan berat badan tidak hanya dengan mengandalkan jamur kuping hitam. Tetapi juga harus dibarengi dengan pola makan yang benar serta olahraga secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Cegah Pembekuan Darah

Jamur kuping hitam ternyata juga bisa bekerja sebagai anti-koagulan atau pengencer darah dan penghambat pembekuan darah. Jika pembekuan darah bisa teratasi maka sirkulasi darah akan semakin terjaga dengan baik. Berbagai macam komplikasi dan penyakit seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit terkait pembuluh darah bisa dicegah lebih dini.

Jamur kuping hitam juga dikenal memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, sehingga mampu mencegah penyakit anemia. Jamur kuping ini kaya akan zat besi, protein, vitamin, dan polisakarida. Terpenoid dalam jamur juga dianggap dapat membantu penderita alergi dengan mencegah aktivitas antigen.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jamur Kuping Hitam

Apakah Wasir Selalu Ditandai dengan Benjolan?
Perbesar
Ilustrasi Wasir

7. Menurunkan Risiko Kardiovaskuler

Jamur kuping memiliki manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini pula yang menyebabkan jamur kuping hitam dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, jamur kuping juga kaya anti-oksidan untuk menangkal berbagai jenis radikal bebas yang merupakan sumber berbagai macam penyakit.

8. Meringankan Wasir

Jamur kuping hitam juga dapat membantu meringankan gejala wasir. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang tinggi dalam jamur kuping hitam ini. Sehingga masalah sembelit atau susah buang air besar akan lebih mudah diatasi. Penderita wasir memang harus mengonsumsi serat lebih banyak, tetapi juga tidak boleh berlebihan.

Selain itu, manfaatnya melancarkan sirkulasi darah juga sangat berguna untuk penderita wasit. Hal ini disebabkan karena penyakit wasir menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada vena di anus dan rektum.

 

Lanjutkan Membaca ↓