17 Manfaat Minum Teh Hijau, Perhatikan Takaran Konsumsinya

Oleh Fakhriyan Ardyanto pada 28 Apr 2020, 09:05 WIB
Diperbarui 04 Nov 2020, 16:51 WIB
Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum teh hijau memang semakin diakui oleh banyak kalangan. Selain terkenal akan kandungan antioksidannya, ternyata ada manfaat minum teh hijau lainnya yang bisa didapatkan. Manfaat minum teh hijau ini bisa didapatkan apabila kita mengonsumsi teh hijau secara rutin, namun tentunya tidak dengan dosis yang berlebihan.

Manfaat minum teh hijau ini akan semakin baik jika diminum tanpa menggunakan gula. Seperti yang kita tahu, gula dapat menyebabkan penyakit diabetes. Dalam mengonsumsi teh hijau memang sebisa mungkin harus teratur dan tidak berlebih karena kandungan kafein di dalamnya bisa mengganggu kesehatan terutama masalah tidur, jika dikonsumsi berlebihan.

Teh hijau juga saat ini semakin digemari. Hal tersebut memang tidak terlpeas dari banyaknya manfaat minum teh hijau yang bisa di dapatkan. Dan saat ini manfaat minum teh hijau bisa didapatkan melalui ekstrak teh hijau yang dikemas dalam bentuk kapsul.

Bagi Anda yang mungkin belum pernah mengonsumsi teh hijau, atau bagi Anda yang penasaran manfaat minum teh hijau, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai apa saja manfaat minum teh hijau yang bisa didapatkan, Selasa (28/4/2020).

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat minum teh hijau untuk menurunkan berat badan

Liputan 6 default 3
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

1. Pembakar Lemak

Mungkin manfaat minum teh hijau satu ini sudah sangat tersohor, khususnya bagi orang-orang yang sedang dalam program penurunan berat badan. Manfaat minum teh hijau yang satu ini memang telah banyak dibuktikan oleh berbagai penelitian. Dan memang, orang-orang yang mengonsumsi teh hijau, terutama 15-30 menit sebelum berolahraga, akan terbantu dalam membakar lemak 15-17 persen lebih banyak, jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi teh hijau sebelum berolahraga.

 

2. Memperlancar Metabolisme

Syarat sebuah pembakaran lemak yang sempurna adalah adanya metabolisme tubuh yang baik. Mengonsumsi teh hijau merupakan salah satu cara untuk meningkatkan dan meperlancar metabolisme tubuh secara alami. Dengan adanya metabolisme tubuh yang cukup tinggi, maka lemak tubuh dapat terbakar dengan lebih cepat.

 

3. Mengurangi Kandungan Lemak Abdominal

Manfaat minum teh hijau lainnya, yaitu efektif untuk membakar lemak abdominal. Lemak abdominal merupakan lemak yang sangat berbahaya. Karena lemak ini dapat memicu timbulnya peradangan atau yang disebut dengan inflamasi, resistensi insulin, dan yang paling parah dapat mengganggu kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi teh hijau, maka tubuh akan terhindar dari risiko kesehatan tersebut.

 

4. Membantu Perpindahan Sel Lemak

Sebelum proses pembakaran lemak, tubuh akan terlebih dahulu mengeluarkan lemak dari sel lemak dan dipindahkan ke dalam darah. Dengan mengonsumsi teh hijau, maka dipercaya efektif dalam membantu kelancaran proses pemindahan lemak tersebut. Hal ini karena kandungan zat epigallocathecin gallate serta kafein dalam teh hijau.

 

5. Menekan Nafsu Makan

Manfaat minum teh hijau yang akan membantu dalam proses penurunan berat badan selanjutnya yaitu membantu menekan nafsu makan. Karena dengan mengonsumsi teh hijau, maka dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, dan hal tersebut sangat berguna bagi Anda untuk mengontrol nafsu makan agar tubuh tidak terlalu banyak kemasukan kalori. Karena seperti yang kita ketahui bersama, kalori tersebut berperan dalam meningkatkan berat badan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat minum teh hijau untuk kesehatan tubuh

Ilustrasi Teh Hijau
Perbesar
Ilustrasi Teh Hijau (iStock)

6. Pencegah Diabetes

Dengan mengonsumsi teh hijau dipercaya dapat meminimalisir risiko terjadinya penyakit gula darah atau yang lebih dikenal dengan penyakit diabetes. Karena teh hijau dapat membantu meningkatkan kinerja insulin. Selain itu, orang yang rutin mengonsumsi teh hijau memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit diabetes.

 

7. Mengurangi Risiko Stroke

Teh hijau memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi. Zat ini berfungsi sangat baik dalam melawan kolesterol jahat yang menjadi penyebab penyakit stroke. Dan bagi orang-orang yang gemar mengonsumsi teh hijau, maka mereka lebih rendah berisiko terkena penyakit stroke tersebut.

 

8. Mencegah Penyakit Jantung

Mungkin manfaat minum teh hijau ini yang cukup banyak dicari oleh orang-orang, mengingat penyakit jantung merupakan penyakit paling mematikan. Teh hijau dapat membantu untuk mencegah dari risiko terkena penyakit jantung. Hal tersebut karena kandungan zat antioksidan yang berfungsi dalam menekan jumlah lemak LDL atau kolesterol jahat yang dapat menjadi penyebab awal timbulnya penyakit jantung.

 

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan kafein yang terdapat pada teh hijau sesungguhnya sangat baik dalam meningkatkan kinerja fungsi otak. Namun, perlu diperhatikan untuk mengonsumsinya jangan berlebihan. Kafein yang terkandung pada teh hijau tersebut dapat mencegah adanya adenosine, yang merupakan penghambat kinerja di dalam otak.

Dengan mengonsumsi kafein yang ada pada teh hijau, mampu meningkatkan neurotransmitter seperti norepinefrin dan dopamine, dimana kedua jenis zat tersebut dapat memicu peningkatan fungsi otak.

 

10. Mencegah Kanker

Dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada teh hijau, dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas memang berisiko menimbulkan kanker yang berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas dapat merusak sel-sel penting dalam tubuh dan akhirnya menimbulkan penyakit kanker.

 

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan banyaknya kandungan berbagai macam zat seperti vitamin B, potasium, magnesium, mangan, kafein, folat, zat antioksidan, dan lain sebagainya, maka teh hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, maka dapat efektif untuk menjaga tubuh agar tahan terhadap infeksi berbagai penyakit.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Manfaat minum teh hijau bagi kesehatan bagian tubuh lainnya

Kulit Berenergi
Perbesar
Jadikan kulit lebih sehat berenergi dengan deretan produk rekomendasi dari Mamonde. (Foto: Instagram/ @Mamonde)

12. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Teh hijau memiliki kandungan zat yang memiliki nama katekin. Zat katekin ini dipercaya memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Zat katekin juga sangat efektif untuk membasmi bakteri streptococcus, yang merupakan bakteri penyebab munculnya plak dan gigi berlubang.

 

13. Merawat Kecantikan Kulit Wajah

Dengan mengonsumsi teh hijau, dipercaya dapat efektif untuk meningkatkan elastisitas pada kulit wajah. Selain itu, teh hijau dapat menjadi detoks alami, mengatasi inflamasi, hingga menghilangkan noda luka yang membekas pada kulit wajah.

 

14. Mengurangi Jerawat

Teh hijau yang mengandung katekin ini, menghasilkan manfaat untuk mengatasi jerawat pada wajah. Katekin juga merupakan jenis zat yang memiliki sifat anti-bakteri. Katekin juga berfungsi untuk mengendalikan ketidakseimbangan hormon dan dapat meredakan peradangan atau inflamasi yang menjadi pemicu timbulnya jerawat pada wajah.

 

15. Mengurangi Penuaan Dini

Sempat disinggung dibeberapa poin sebelumnya, teh hijau memiliki kandungan zat antioksidan bernama polifenol. Polifenol tersebut berperan penting dalam mencegah radikal bebas yang dapat berbahaya bagi tubuh. Bukan tanpa alasan mengapa radikal bebas ini berbahaya, kaerena radikal bebas ini dapat berpotensi untuk menciptakan kerusakan pada sel kulit, dan akhirnya membuat kulit menjadi lebih cepat mengalami penuaan.

 

16. Menghilangkan Kantung Mata

Biasanya dalam menghilangkan kantung mata digunakan kantung bekas teh celup. Namun, sebenarnya memanfaatkan khasiat teh tersebut dapat dengan diminum saja. Karena, kandungan dari zat yatu tannin dan antioksidan pada teh baik dalam mengatasi masalah kantung mata tersebut.

 

17. Menjaga Kesehatan Kulit

Teh hijau dapat berfungsi sebagai toner kulit alami yang mampu mengangkat kotoran kulit. Selain itu, teh hijau tersebut dapat mengecilkan pori-pori kulit serta menjaga kulit selalu lembab.

Semoga artikel mengenai informasi manfaat minum teh hijau diatas dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan Anda ya.

Lanjutkan Membaca ↓